Pengertian Promosi: Definisi, Tujuan, Jenis dan Contoh Promosi.

Pengertian Promosi Secara Umum.




Jelaskan pengertian promosi adalah sebuah aktivitas komunikasi  yang dilaksanakan oleh seseorang kepada orang lain atau perusahaan kepada perusahaan lain yang mempunyai tujuan memperkenalkan sebuah produk baik itu barang/jasa/merek/perusahaan kepada masyarakat dengan harapan dapat mempengaruhi masyarakat untuk membeli barang tersebut.

Ilustrasi promosi
Ilustrasi promosi

Promosi adalah aktivitas pemasaran yang umum dilakukan oleh para tenaga pasar agar memberikan informasi berkenaan dengan produk dan mendorong agar konsumen melakukan pembelian produk tersebut. Media dan metode promosi ada banyak sekali bahkan metode promosi berkembang dari waktu ke waktu.

Masyarakat sering mendengar dan membaca istilah promosi, baik melalui media cetak, baliho, Billboard, radio, televisi bahkan internet.  Mereka yang mempunyai ketertarikan atas informasi promosi / iklan tersebut pada umumnya akan membaca informasi yang ada di iklan tersebut lebih lama.
Baca juga Pengertian Zakat.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli.

Berdasarkan pengertian promosi, maka beberapa ahli memberikan pendapatnya mengenai arti promosi yang sebenarnya. Berikut ini adalah pengertian promosi menurut para ahli.

  • Swastha.
Menueur swastha, arti promosi adalah persuasi satu arah yang dibuat agar mempengaruhi orang lain untuk melakukan tindakan pertukaran di pasar atau pemasaran.
  • Harper Boyd.
Menurut Boyd, pengertian promosi adalah sebuah upaya untuk membujuk orang menerima produk, konsep dan atau gagasan.
  • Boone & Kurtz.
Menurut Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses untuk memberikan informasi, membujuk serta mempengaruhi suatu keputusan dalam pembelian.
  • Tjiptono.
Menueur Tjibtono, pengertian promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, membujuk, serta mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produk yang bersedia  menerima, membeli, dan loyal terhadap produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut.
  • Kotler
Menurut kotler, definisi promosi adalah proses dan bagian dalam strategi pemasaran sebagai metode untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi atau marketing mix.
  • Gitusudarmo.
Menueur Gitusudarmo, arti promosi adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka yang menjadikan mereka senang dan ingin membeli produk tersebut.

Pengertian Media Promosi.

Pengertian Media Promosi adalah sebuah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk memberitahukan produk yang dijual oleh perusahan dalam rangka memperkenalkan produk tersebut kepada konsumen dengan tujuan agar terjadi pembelian yang dilakukan oleh konsumen.

Definisi Promosi.

Definisi promosi adalah proses untuk memberikan informasi, membujuk serta mempengaruhi suatu keputusan dalam pembelian.

Tujuan Promosi.

Semur orang akan selalu melakukan promosi karena mereka mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Berdasarkan pengertian promosi diatas, adapun tujuan promosi adalah sebagai berikut.
  • Untuk menyebarluaskan informasi tentang suatu produk kepada masyarakat atau calon pembeli potensial.
  • Untuk mendapatkan konsumen baru serta menjangkau wilayah pemasaran yang lebih luas.
  • Untuk menjaga loyalitas konsumen.
  • Untuk membantu dalam meningkatkan angka penjualan yang berakhir dengan mengingkatnya keuntungan.
  • Untuk menciptakan sebuah brand atas produk yang dihasilkan.
  • Untuk menciptakan citra yang baik dimata konsumen sesuai dengan keinginan perusahaan.
  • Untuk mempengaruhi keputusan akhir berkenaan dengan pembelian produk.
Bava juga: Pengertian Attitude.
Jadi tujuan utama promosi adalah meningkatkan penjualan serta keuntungan yang ingin diperoleh.

Jenis Promosi.

Cara pemasaran dapat dilakukan dalam berbagai bentuk dan metode promosi juga ada banyak sekali. Secara umum, ada beberapa jenis promosi yang biasanya ditemukan saat ini.
  • Promosi Fisik.
Promosi fisik adalah promosi yang dilakukan dengan cara langsung seperti bazar, konser, pameran atau yang lainnya. Dalam promosi ini penjual membuka booth yang berfungsi untuk menawarkan produknya kepada konsumen.

Promosi secara fisik mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan promosi fisik adalah pengusaha dapat berinteraksi dengan calon konsumen serta menjangkau wilayah pemasaran secara langsung.

Sedangkan kekurangan promosi fisik adalah konsumen yang diinginkan jumlahnya sedikit karena hanya meliputi wilayah promosi itu. Contohnya adalah sekolah, kantor, mall sehingga hanya pengunjung di tempat itu yang dapat digunakan untuk promosi.
  • Promosi dengan media tradisional.
Promosi media tradisional adalah promosi dengan menggunakan beberapa media cetak, seperti tv, radio, majalah atau yang lain-lain.

Adapun kelebihan promosi tradisional adalah dapat menjangkau konsumen yang lebih banyak dalam waktu yang lama. Sedangkan kekurangan promosi ini adalah mahalnya biaya promosi yang dilakukan.
  • Promosi menggunakan media digital.
Promosi menggunakan media digital adalah dengan menggunakan website atau sering disebut dengan perusahaan startup. Bagi pengusaha yang sudah melek dengan teknologi tentunya akan memilih untuk mempromosikan bisnis melalui internet. Selain karena lebih mudah dan dapat menjangkau banyak orang serta proses penyebarnya sangat cepat.

Kelebihan promosi dengan menggunakan media digital adalah biayanya lebih murah, serta penyebaran informasi juga lebih cepat dan mudah dan dapat menjangkau semua konsumen di seluruh dunia.

Kekurangan promosi dengan menggunakan media digital adalah anda diharuskan mengetahui perkembangan teknologi serta membutuhkan beberapa tenaga ahli dalam bidang teknologi.


Contoh Promosi.

Sebenarnya kita setiap hari sudah melihat dan mendengar istilah promosi, baik melalui media cetak ataupun media online. Contoh promosi yaitu

Contoh promosi di restoran adalah dengan membeli makanan A mendapatkan bonus minuman A.

Contoh promosi di penjualan retail salah dengan membeli 10 bungkus mendapatkan bonus 1 bungkus.

0 Response to "Pengertian Promosi: Definisi, Tujuan, Jenis dan Contoh Promosi."

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel