Jurnal Mencatat Biaya Gaji dan Upah Karyawan di Perusahaan Jasa dan Dagang

Konten [Tampil]

Jurnal mencatat biaya gaji dan upah karyawan di perusahaan jasa dan dagang merupakan bentuk dari upaya perusahaan mentaati kebijakan dari pemerintah. Entitas menginginkan membayar tenaga kerja profesional dengan gaji umr untuk meningkatkan laba atau keuntungan yang didasarkan pada kinerja keuangannya.

Contoh soal akuntansi biaya tenaga kerja langsung dan biaya tenaga kerja tidak langsung berdampak pada arus kas operasional perusahaan. Pengeluaran perusahaan untuk membayarkan tagihan jatuh tempo harus diimbangi dengan arus kas dari pelanggan agar tidak mengalami kondisi kesulitan keuangan selama masa pengerjaan.

Jurnal yang berkaitan dengan biaya gaji dan upah seharusnya diselenggarakan setiap periodenya untuk memudahkan proses pembelajaraannya. Orang yang mau bekerja di perusahaan tanpa harus dibayar adalah karyawan magang. Karyawan magang adalah tenaga kerja yang melaksanakan tugas akhir dari sekolah.

Jurnal Mencatat Biaya Gaji dan Upah Karyawan di Perusahaan Jasa dan Dagang

Apa itu Karyawan

Karyawan adalah tenaga kerja manusia yang dikontrak untuk meluangkan waktu mengerjakan barang sesuai keinginan dari perusahaan. Pemberi kerja berhak memilih salah satu dari upaya perusahaan merekrut karyawan guna memaksimalkan potensi keuntungan dan kerugian saat bisnis diselenggarakannya.

Jurnal mencatat biaya gaji dan upah karyawan di perusahaan jasa dan dagang sebaiknya dihindari guna mengalokasikan waktu sesuai dengan batasan wajarnya. Akuntansi biaya adalah cabang akuntansi yang mempelajari bagaimana perusahaan dapat menentukan harga pokok produksi yang menguntungkan bagi entitas.

Karyawan adalah sumber daya manusia yang berperan memberikan dasar bagi entitas untuk segera melunasi tagihannya. Program komputer akuntansi diharapkan mampu menghitung harga pokok penjualan secara otomatis setelah jurnal penjualan dibuat dengan menerapkan sistem perpetualnya.

Baca Juga: Contoh Soal PPh Pasal 23 atas Jasa Katering

Imbal Balik Tenaga Kerja

Apa imbal balik yang diterima tenaga kerja adalah upah yang disesuaikan kontribusi kepada perusahaan. Departemen yang memperoleh gaji dan tunjangan paling banyak adalah departemen marketing, keuangan dan legalitas. Keberadaan berbagai macam departemen sangat dianjurkan untuk penerapan bisnis.

Jurnal mencatat biaya gaji dan upah karyawan di perusahaan jasa dan dagang sebaiknya dapat menghindari berkurangnya keefektifan informasi keuangan. Dasar akrual dan dasar kas digunakan menyesuaikan asersi manajemen di perusahaan. Auditor berperan membantu memberikan laporan hasil pemeriksaannya.

Apa imbal balik atas pengorbanan tenaga kerja adalah gaji, upah dan bonus yang disesuaikan kesepakatan bisnis. Kontrak kerjasama adalah perjanjian tertulis yang diselenggarakan perusahaan dengan karyawan guna melengkapi legalitas dan produktivitas sesuai dasar pengenaan pajak informasinya.

Baca Juga: Cara Membuat Neraca Lajur dari Jurnal Umum dan Jurnal Penyesuaian

Apa itu Pajak Penghasilan Pasal 21

Pajak penghasilan pasal 21 adalah pajak yang harus dipungut oleh perusahaan atas penghasilan yang diterima karyawannya. Setiap karyawan merupakan subjek pajak yang berperan membantu negara dalam upaya meningkatkan infrastruktur perjalanan dinas dan penerangan jalan sesuai keberagamannya.

PPh pasal 21 adalah pungutan wajib yang diberlakukan oleh negara atas warga negara yang telah memiliki pendapatan diatas penghasilan kena pajak. Wajib pajak orang pribadi dan badan usaha dapat dibentuk guna mengoptimalkan potensi keuntungan dari keterlambatan penyetoran pajak oleh perusahaan.

Jurnal mencatat biaya gaji dan upah karyawan di perusahaan jasa dan dagang ditujukan untuk mengoptimalkan potensi keuntungan dari penyerderhaan transaksi. Accurate online akan membantu karyawan guna menciptakan peluang bisnis sesuai dengan laba dan rugi kegiatan pembukuannya.

Baca Juga: Contoh Hutang Jangka Panjang

Contoh Soal Jurnal Biaya Gaji dan Upah Karyawan

Contoh soal jurnal biaya gaji dan upah karyawan di perusahaan dibedakan menjadi 2 jenis karyawan. Tenaga kerja pemasaran dan tenaga kerja administrasi akan membantu entitas dalam rangka mencari keuntungan. Departemen pemasaran akan memperoleh tunjangan dan gaji yang disesuaikan targetnya.

PT Rafinternet akan membayarkan gaji tenaga kerja pemasarannya dengan gaji pokok sebesar Rp 8.700.000 dan bonus sebesar Rp 1.100.000. Perusahaan memungut iuran pensiun sebesar Rp 125.000 dari gaji karyawan setiap bulannya. Berapakah jumlah pph pasal 21 yang harus dipotong dari gaji karyawan tersebut?

Gaji per bulan Rp 9.800.000
- Biaya Jabatan Rp 490.000
- Iuran pensiun Rp 125.000
Pendapatan neto sebulan Rp 9.185.000
Pendapatan neto setahun Rp 110.220.000
PTKP Rp 54.000.000
PKP Rp 56.220.000
PPh Pasal 21 Rp 2.811.000
PPh dipotong per bulan Rp 234.250

Bukti potong pph pasal 21 akan diserahkan setelah perusahaan melaporkan spt tahunan badan usaha. Kekayaan perusahaan menjadi tanggungjawab dari staff pajak dan staff keuangan. Kemudahan dalam proses pembayaran melalui bank diberikan bantuan agar proses pencairan dapat segera dilakukan.

Adapun jurnal mencatat biaya gaji dan upah karyawan tetap di perusahaan jasa dan dagang adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Beban Gaji Rp 9.800.000
Hutang PPh Pasal 21 Rp 234.250
Bank Mandiri Rp 9.440.750
Hutang BPJS Rp 125.000

Baca Juga: Macam-Macam Hutang Jangka Pendek

Demikian contoh soal jurnal mencatat biaya gaji dan upah karyawan di perusahaan jasa dan dagang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Laporan harga pokok produksi seharusnya menjadi faktor penentu bagi perusahaan atas dasar pengerjaan proyek surat perintah kerja dari purchase order pelanggan.

0 Response to "Jurnal Mencatat Biaya Gaji dan Upah Karyawan di Perusahaan Jasa dan Dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel