Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Tentang Penjualan Obligasi

Konten [Tampil]

Contoh soal essay dan pilihan ganda tentang penjualan obligasi merupakan kegiatan perusahaan dalam rangka memperoleh tambahan kekayaan dari pinjaman jangka pendek. Kesesuaian informasi bisnis harus dianggarkan berdasarkan pertimbangan kemudahan prosedur pembayaran tagihan sesuai batasan periodenya.

Penerbitan obligasi dan penjualan obligasi menjadi contoh soal kewajiban jangka panjang dalam materi akuntansi pengantar. Mengapa perusahaan dapat menebus kembali obligasi sebelum jatuh tempo bertujuan menghindari pembayaran bunga akibat pemakaian dana milik pihak ketiga sesuai batasan periode pelaporannya.

Contoh soal penerbitan dan penjualan obligasi menjadi dasar untuk mencatat segala macam transaksi bisnis. Bursa efek indonesia akan mengatur segala macam surat berharga yang dipublikasikan. Wali amanat adalah lembaga keuangan yang berhak mengantisipasi pembelian dari berbagai macam pihak.

Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Tentang Penjualan Obligasi

Apa itu Penjualan Obligasi

Pengertian penjualan obligasi adalah kegiatan perusahaan mencari pihak ketiga yang mau menyetorkan dana untuk mendapatkan penghasilan berupa bunga. Mengapa perusahaan dapat menebus kembali obligasi sebelum jatuh tempo sebab entitas diharapkan mampu mengalokasikan waktu sesuai batasannya.

Contoh soal essay dan pilihan ganda tentang penjualan obligasi dapat menambah peran bagi para pekerjanya. Apa saja yang mempengaruhi peringkat obligasi yang diperdagangkan di bursa efek indonesia diantaranya ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, umur obligasi dan tingkat bunga yang ditawarkannya.

Apa itu obligasi? obligasi adalah surat berharga yang berfungsi sebagai alat jamin bahwa perusahaan telah meminta sejumlah dana kepada investor agar dipergunakan untuk kepentingan pribadinya. Jika tingkat bunga naik apa yang biasanya terjadi pada harga obligasi maka entitas dapat menambah kekayaannya.

Baca Juga: Cara Mencatat Giro Mundur di Accurate

Apa itu Penerbitan Obligasi

Penerbitan obligasi adalah jangka waktu dibebaskannya pekerjaan perusahaan untuk mengalokasikan pembayaran jatuh tempo. Invetasi dalam surat berharga diperlukan untuk menjamin bahwa wajib pajak mendapatkan pendapatan pasif. Passive income ditujukan untuk memudahkan hidup seseorang dimasa depannya.

Contoh soal essay dan pilihan ganda tentang penjualan obligasi harus dapat mengalokasikan sebagian waktu untuk mempelajari perihal kekayaan perusahaan. Rasio keuangan akan digunakan sebagai informasi awal perihal laporan posisi keuangan yang telah dipublikasi sesuai syarat pendaftaran bursa efek indonesia.

Jangka waktu penerbitan obligasi adalah 30 hari. Orang pribadi dan badan usaha diperkenankan membeli surat hutang sesuai dengan arus kas yang dimilikinya. Mengapa harga obligasi turun ketika suku bunga pasar naik sebab investor ingin mendapatkan imbal balik maksimal dari pemberian setoran modal.

Baca Juga: Rumus Barang Tersedia untuk Dijual

Ciri-Ciri Obligasi

Ciri-ciri obligasi adalah karakteristik surat berharga yang dapat membantu perusahaan memperoleh pendanaan. Obligasi dapat diterbitkan dengan bunga dan tanpa bunga sesuai nilai nominalnya. Nilai instrinsik adalah nilai yang terkandung dalam surat berharga setelah melewati beberapa periode mendatang.

Nilai Pokok Hutang

Contoh soal essay tentang obligasi diawali dengan adanya nilai pokok hutang. Nilai nominal obligasi adalah nilai yang tercantum dan tertulis dalam surat berharga. Penerbitan surat hutang harus disetujui oleh wali amanat sebagai lembaga penjamin simpanan dan pembayaran nasabah sesuai periodenya.

Periode Pelunasan

Obligasi akan menyebutkan batasan waktu yang diperoleh perusahaan untuk mempersiapkan dana dan pelunasan bunganya. Obligasi dapat diterbitkan diatas atau dibawah nilai nominal menyesuaikan suku bunga pasar. Suku bunga pasar adalah nilai yang mau diterima oleh pembeli dan disetujui oleh penjual barang.

Tingkat Bunga Pasar

Tingkat bunga pasar adalah persentase pendapatan yang diberikan oleh penerbit surat hutang kepada pemilik dana. Obligasi diterbitkan dalam waktu 2-4 tahun. Penyesuaian periode pelunasan surat hutang berdampak pada kesenjangan sosial diantaran wajib pajak orang pribai dan badan usaha selama mencari penghasilan.

Baca Juga: Contoh Penurunan Nilai Persediaan Barang dan Jawabannya

Contoh Soal Penerbitan dan Penjualan Obligasi

Contoh soal penerbitan dan penjualan obligasi terjadi ketika PT Rafinternet mengeluarkan obligasi berbunga 9% dan berjangka waktu 10 tahun dengan nilai nominal Rp 450.000.000 pada awal tahun 2010. Bunga obligasi dibayarkan setiap tanggal 28 februari dan 31 agustus. 

Buatlah jurnal pencatatan berkaitan dengan transaksi kewajiban jangka panjang tersebut?

Jurnal Penjualan Obligasi Pada Nilai Nominal

Jurnal penjualan obligasi padan nilai nominal adalah harga yang tercantum pada surat hutang sesuai dengan rencana pengambilan pendanaan dimasa depan. Reksa dana dan surat hutang menjadi investasi penting agar entitas terhindar dari bertambahnya harga beli bahan baku dimasa mendatang akibat inflasi.

Adapun jurnal penjualan obligasi pada nilai nominal adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/03/2023KasRp45.000.000
Utang ObligasiRp45.000.000

Jurnal Pembayaran Bunga Obligasi Secara Semi Annualy

Contoh soal essay dan pilihan ganda tentang penjualan obligasi dapat memunculkan periode pembayarannya. Misalnya pembayaran bunga obligasi dilakukan secara bulanan, triwulan, semester bahkan tahunan sesuai dengan kesepakatan dengan para peminjam dana atas dasar suka sama sukanya.

Adapun jurnal pembayaran bunga obligasi secara semi annualy pada tanggal 31 agustus adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/08/2023Biaya Bunga ObligasiRp2.025.000
KasRp2.025.000

Jurnal Bunga Obligasi Terutang Diakhir Periode

Akuntansi merupakan sistem dimana perusahaan akan mencatat pendapatan dan biaya selama periode tertentu. Periode harus dapat dibandingkan dengan menyetorkan data sesuai dengan keinginan dari berbagai pihak.

Jurnal bunga obligasi terutang pada akhir tahun 31 desember adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2023Biaya Bunga ObligasiRp1.350.000
KasRp1.350.000

Baca Juga: 5 Prinsip Dasar Akuntansi

Demikian contoh soal essay dan pilihan ganda tentang penjualan dan penerbitan obligasi sesuai materi akuntansi pengantar. Kerugian dari investasi obligasi adalah pemilik dana hanya diperkenankan memperoleh kembali arus kas yang telah dipinjamkan pada akhir periode obligasi disetujui untuk dibayarkan penuh.

0 Response to "Contoh Soal Essay dan Pilihan Ganda Tentang Penjualan Obligasi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel