Contoh Soal dan Jawaban Penurunan Nilai Persediaan Barang Jadi

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban penurunan nilai persediaan barang jadi dan bahan baku dalam akuntansi keuangan menengah merupakan metode awal bagi entitas untuk segera mempersembahkan karyanya. Staff finance bertugas membagi arus kas yang dimiliki untuk kegiatan pembayaran tagihan jatuh temponya.

Nilai realisasi neto dan penurunan nilai persediaan merupakan pedoman awal agar laporan posisi keuangan mampu menunjukkan keadaan yang sebenarnya. Akuntansi adalah bahasa bisnis artinya keseluruhan ekosistem perusahaan akan mudah terbaca saat laporan dibuat oleh departemen keuangan.

Penerapan lcm lower of cost or market dalam akuntansi persediaan bahan baku dan barang jadi dipengaruhi oleh kemampuan perpajakan perusahaan. Saat entitas memperoleh keuntungan maka diperkenankan untuk melakukan cicilan pajak agar dapat menghemat waktu pelaporan informasi bisnisnya.

Contoh Soal dan Jawaban Penurunan Nilai Persediaan Barang Jadi

Apa itu Metode Lower of Cost or Market

Metode lower of cost or market merupakan metode penilaian persediaan yang didasarkan pada peluang entitas mendapatkan kesempatan dalam bekerjasama. Departemen gudang dan toko diperkenankan melaksanakan kegiatan pelaporan informasi bisnis yang disesuaikan dengan kapasitas publikasi laporan keuangan.

Contoh soal dan jawaban penurunan nilai persediaan barang jadi ditujukan agar entitas mendapatkan kesempatan dalam bekerjasama. Sistem perpetual dan sistem periodik akan membantu menilai ulang kembali atas peluang mendapatkan keuntungan dari penurunan harga pokok produksi sesuai bisnisnya.

Mengapa persediaan tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar sebab entitas harus mendapatkan kepastian perihal izin edarnya. Bagaimana dampak yang ditimbulkan jika informasi keuangan yang dikeluarkan perusahaan salah adalah debitur akan kehilangan uang yang diinvestasikan dalam bentuk obligasi atau surat hutang.

Baca Juga: Contoh Kasus Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang

Mengapa Persediaan Tidak Boleh Terlalu Kecil atau Terlalu Besar

Contoh soal dan jawaban penurunan nilai persediaan barang jadi merupakan dasar awal bagi entitas untuk segera menindaklanjuti peluang berbisnis. Adakalanya entitas dapat menterjemahkan keinginan untuk publikasi laporan keuangan agar dapat mendaftarkan diri sebagai peserta bursa efek indonesia.

Mengapa persediaan tidak boleh terlalu kecil atau terlalu besar sebab entitas harus tetap menjaga arus kas agar optimal. Keberagaman metode pembayaran yang ditawarkan entitas akan membantu pelanggan untuk segera melunasi tagihan jatuh tempo sesuai batasan waktu yang telah dijanjikannya.

Dalam menyajikan laporan keuangan faktor apa saja yang menjadi penyebab sebuah perusahaan mengalami kesalahan dalam penyajian laporan keuangan adalah salah mencatat, kecurangan dan kalkulasi perhitungan. Penyebab persediaan tidak boleh terlalu tinggi dan rendah berakibat pada potensi arus kas keuangannya.

Baca Juga: Perbedaan Staff Marketing dan Staff Accounting

Apa itu Penurunan Nilai Persediaan

Penurunan nilai persediaan adalah kondisi dimana nilai sekarang dari barang yang telah dibeli atau diproduksi mengalami penurunan. Penjualan barang tentu diharapkan diatas harga pokok produksi dengan mempertimbangkan arus kas dimasa depan sesuai dengan arahan dari pekerja di perusahaan tersebut.

Contoh soal dan jawaban penurunan nilai persediaan barang jadi harus memakai nilai realisasi neto. Persediaan yang dilaporan pada neraca saldo harus mampu menunjukkan nilai sebenarnya dari aset yang didapatkannya. Kemampuan interpretasi data akan memberikan kemudahan dalam publikasi data laporan keuangan.

Fungsi penurunan nilai persediaan adalah memastikan entitas telah melaporkan segala macam kerugian akibat barang rusak, barang aus dan barang kadaluarsa. Pelanggan tidak menginginkan mendapatkan barang dalam kondisi yang kurang baik dan berakibat pada tertundanya order barang dikemudian hari.

Baca Juga: Apa itu Laporan Keuangan Konsolidasi

Contoh Soal LCM Lower of Cost or Market dalam Persediaan

Contoh soal lower of cost or market dalam persediaan merupakan patokan awal dari perusahaan untuk segera melaporkan nilai persediaan akhir. Barang tersedia untuk dijual adalah aset atau barang yang dipersiapkan agar pelanggan memilih produk sesuai dengan kualifikasi dan harga yang dianjurkannya.

PT Rafinternet telah melakukan evaluasi terhadap barang jadi dengan nilai perolehan Rp 42.000.000. Barang tersebut jika mampu diperdagangkan akan menghasilkan arus kas sebesar Rp 50.000.000. Tetapi memerlukan biaya pemasaran Rp 8.000.000 dan biaya penyelesaian Rp 3.000.000.

Bagaimana cara menghitung kerugian penurunan nilai persediaan barang sebagai berikut?

Harga Jual PersediaanRp50.000.000
- Biaya PenyelesaianRp3.000.000
- Biaya PenjualanRp8.000.000
Nilai Realisasi NettoRp39.000.000
Harga PerolehanRp42.000.000
Kerugian Penurunan Nilai-Rp3.000.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nilai Persediaan Akhir Metode Fifo

Demikian contoh soal dan jawaban penurunan nilai persediaan barang jadi dan bahan baku sesuai materi akuntansi keuangan menengah. Dasar-dasar keuangan perusahaan harus dilakukan edukasi agar entitas tidak mengalami kerugian saat membayarkan denda dan sanksi perpajakan yang muncul saat transaksi.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Penurunan Nilai Persediaan Barang Jadi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel