Contoh Soal Analisis Umur Piutang dari Penjualan Kredit dan Cadangan Kerugian Piutang

Konten [Tampil]

Contoh soal analisis umur piutang dari penjualan kredit dan cadangan kerugian piutang tak tertagih merupakan langkah yang ditempuh perusahaan dalam rangka mendatangkan kas dan setara kas. Setiap perusahaan diwajibkan melaksanakan pemeriksaan atas daftar umur piutang setiap bulannya untuk mengurangi resiko penjualan kredit.

Mengapa daftar umur piutang diperlukan untuk audit sebab entitas harus dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya berdasarkan resiko bisnis. Prinsip keberlangsungan usaha harus diterapkan saat perusahaan melakukan kegiatan sewa menyewa, membeli aktiva lancar dan berhutang untuk kegiatan operasional.

Hal hal penting apa saja yang harus diperhatikan dalam metode cadangan kerugian piutang adalah termin pembayaran. Bagaimana sistem pengendalian internal yang baik atas piutang dagang dan piutang lain-lain adalah pemisahan tugas yang diselenggarakan oleh bagian penerima order, produksi, pengiriman barang dan penagihan.

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dari Penjualan Kredit dan Cadangan Kerugian Piutang

Bagaimana Cara Mengukur Piutang yang Diperkirakan Tidak Dapat Ditagih

Cara mengukur piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih wajib melaporkan seluruh prosedur pencapaian bisnis. Masalah dasar apa yang terjadi dalam penilaian piutang usaha adalah biaya perolehan. Langkah-langkah membuat invoice penjualan dan faktur pajak penjualan dibutuhkan agar pelanggan mau membayarkan tagihan.

Contoh soal analisis umur piutang dari penjualan kredit dan cadangan kerugian piutang berdampak pada sistem informasi akuntansi. Mengapa kita perlu membuat cadangan kerugian piutang tak tertagih? Perusahaan tentu menginginkan agar proses kesinambungan usaha dapat terjadi tanpa menganggu laba rugi tahun berjalan.

Bagaimana cara mengukur piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih adalah memakai daftar umur piutang. Mengapa piutang dapat muncul di perusahaan? piutang terjadi saat entitas menyetujui pengiriman barang terlebih dahulu daripada perolehan kas dan setara kas yang diakibatkan hubungan baik antar perusahaan.

Baca Juga: Contoh Jurnal Khusus Penerimaan Kas dan Pengeluaran Kas

Cara Mengukur Piutang yang Diperkirakan Tidak Dapat Ditagih

Cara mengukur piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih bertujuan mengurangi biaya operasional perusahaan dalam rangka mendatangkan konsekuensi bisnis. Hal apa saja yang bisa dilakukan perusahaan untuk meminimalisasi piutang macet adalah memberikan diskon potongan penjualan selama beberapa periode.

Contoh soal analisis umur piutang dari penjualan kredit dan cadangan kerugian piutang berdampak pada catatan atas laporan posisi keuangan. Mengapa timbul piutang di dalam perusahaan sebab entitas mengadakan kesepakatan berbisnis dengan lawan transaksi selama beberapa periode yang dilaluinya.

Contoh soal analisis umur piutang dari penjualan kredit dan cadangan kerugian piutang difokuskan pada sistem pengendalian internal. Bagaimana cara mengelola piutang yang efektif sehingga dapat meminimalisir kemungkinan piutang tak tertagih memberikan potongan harga jika membayar tepat waktu dan denda keterlambatan pembayaran.

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Tenaga Kerja Langsung dan Tidak Langsung

Contoh Soal Analisis Umur Piutang dan Jawabannya

Contoh soal analisis umur piutang tak tertagih dan jawabannya merupakan bagian dari materi akuntansi pengantar. Setiap staff accounting dan staff finance harus dapat memaksimalkan potensi arus kas masuk sesuai aturan yang ditetapkannya. Faktor-faktor yang menyebabkan piutang tidak dapat ditagihkan dalam satu periode adalah

  1. Ketidaksesuaian analisis rasio keuangan
  2. Persaingan pasar
  3. Perubahan kebijakan penagihan perusahaan
  4. Syarat pembayaran

Contoh soal piutang dagang dan piutang lainnya terjadi ketika PT Rafinternet menyelenggarakan kegiatan penjualan kredit sebesar Rp 249.700.000. Syarat pembayaran senilai 2/10 n/30. Bagaimana cara membuat daftar umur piutang pada akhir desember jika rincian tagihan pelanggan sebagai berikut

TanggalPelanggan Nominal Tagihan
05/09/2022Mr Lee Rp 11.300.000
16/10/2022Mr Kwak Rp 86.900.000
21/08/2022Mr Park Rp 74.600.000
30/12/2022Mr Sung Rp 76.900.000

Cara Membuat Skedul Umur Piutang Tak Tertagih

Cara membuat skedul umur piutang tak tertagih bertujuan agar setiap perusahaan mendapatkan kesempatan berjuang. Apa pengaruh piutang tak tertagih terhadap posisi keuangan perusahaan adalah menurunkan profitabilitas perusahaan. Profitabilitas adalah rasio perolehan laba rugi selama satu periode berjalan.

TanggalPelanggan Nominal Tagihan jatuh TempoUmurPersentase Kerugian Piutang
05/09/2022Mr Lee Rp 11.300.000 05/10/2022575% Rp 565.000
16/10/2022Mr Kwak Rp 86.900.000 15/11/2022161% Rp 869.000
21/08/2022Mr Park Rp 74.600.000 20/09/20227210% Rp 7.460.000
30/12/2022Mr Sung Rp 76.900.000 29/01/2023-590% Rp -

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel Tagih

Demikian contoh soal analisis umur piutang dari penjualan kredit dan cadangan kerugian piutang selama satu periode. Setiap kekurangan pembayaran dari nasabah mengakibatkan penurunan kepercayaan memberikan termin pembayaran secara kredit atau cicilan sesuai periode yang diinginkannya.

0 Response to "Contoh Soal Analisis Umur Piutang dari Penjualan Kredit dan Cadangan Kerugian Piutang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel