Contoh Soal Cara Menghitung Economic Order Quantity dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal cara menghitung economic order quantity, reorder point dan safety stock merupakan aktivitas perusahaan dalam mengelola kegiatan pembayaran tagihan sesuai kondisi keuangan agar sejalan dengan arus kas. Arus kas masuk diharapkan dimaksimalkan untuk pembiayaan bahan baku dan biaya tenaga kerja langsung.

Cara menghitung economic order quantity, reorder point dan safety stock harus diketahui agar prosedur pembayaran tagihan perusahaan disesuaikan tingkat urgensinya. Setiap departemen tentu memerlukan arus kas agar dapat mendukung administrasi serta kelancaran saat bekerja dengan lawan bisnis sesuai perkembangannya.

Contoh perusahaan yang menggunakan eoq, rop dan safety stock diharapkan mampu memberikan kepastian tentang jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Analisis laporan keuangan berkaitan dengan persediaan harus mampu memberikan arus kas keluar yang sesuai dengan jumlah estimasi uang masuk per periodenya.

Contoh Soal Cara Menghitung Economic Order Quantity dan Jawabannya

Apa itu Metode Economic Order Quantity (EOQ)

Contoh soal cara menghitung economic order quantity, reorder point dan safety stock merupakan tindakan perusahaan dalam rangka menciptakan aliran pendapatan kena pajak. Proses alokasi arus kas masuk tentu memerlukan tujuan agar setiap perusahaan dapat membayarkan tagihan sesuai target waktu yang ditetapkan.

Apa itu EOQ dan contohnya adalah program yang digunakan perusahaan untuk menetapkan jumlah pembelian optimal untuk meminimalisir harga pokok produksi. Setiap penjualan barang dagang tentu memerlukan harga jual atau harga produksi atas barang yang diserahkan kepada pelanggan per pengirimannya.

Apa itu metode economic order quantity adalah program pembelian optimal yang digunakan perusahaan dalam rangka menetapkan prosedur informasi perpajakannya. Kapan EOQ digunakan yaitu pada saat departemen purchasing mengajukan pembelian bahan baku dan disesuaikan kondisi arus kas masuk per periodenya.

Baca Juga: Contoh Soal Investasi dalam Persediaan dan Jawabannya

Contoh Soal Economic Order Quantity dan Jawabannya

Contoh soal economic order quantity merupakan rumus yang digunakan staff finance dalam mengukur kemampuan perhitungan harga pokok produksi. Perusahaan akan mengurangi jumlah tagihan yang jatuh tempo dengan membayarkan hutang sesuai termin pembayaran yang diselenggarakan setiap periodenya.

Cara menghitung eoq, rop dan safety stock didasarkan pada formulir permintaan masing-masing departemen. Setiap karyawan berhak mengajukan perlengkapan kantor untuk membantu meningkatkan efektivitas kinerja yang diselenggarakan selama satu periode sesuai perkembangan bisnis diwaktu berjalan.

Contoh soal economic order quantity, reorder point dan safety stock wajib diatribusikan sesuai kemampuan perusahaan. Faktor apa saja yang mempengaruhi eoq diantaranya jumlah minimum pembelian, biaya pembelian produk dan persiapan sampai bahan baku digunakan oleh departemen produksi.

Biaya penyimpanan dan pemeliharaan barang di gudang bahan baku atau carrying cost sebesar 30%. Jika biaya pemesanan produk adalah Rp 60 setiap kali pemesanan dan jumlah material yang dibutuhkan sebanyak 700 dengan harga Rp 2. Tentukan nilai pembelian optimal bahan baku tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dan Jawabannya

Cara Menghitung EOQ, ROP dan Safety Stock

Cara menghitung economic order quantity bertujuan agar perusahaan dapat mengalokasikan kas sesuai perkembangan bisnis. Syarat-syarat apa saja atau kondisi yang bagaimana jika metode eoq bisa diterapkan adalah saat perusahaan memiliki kualitas arus kas masuk dan arus kas keluar yang stabil.

Contoh soal cara menghitung eoq, rop dan safety stock harus didasarkan pada grafik tingkatan bisnis. Saat menentukan jumlah pembelian optimal, maka perusahaan harus menciptakan peluang bisnis. Arus kas masuk harus dijaga agar keseimbangan proses produksi barang dan jasa disesuaikan aliran kas masuknya.

Jenis biaya bahan baku apa yang ingin dioptimalkan dengan metode eoq, rop dan safety stock adalah seluruh pengeluaran perusahaan per periodenya. Carrying cost dan procurement cost harus ditekan agar pengeluaran perusahaan dapat dijaga sehingga kekayaan dapat dipertahankannya.

Baca Juga: Tujuan dan Fungsi Reorder Point

Demikian contoh soal eoq, rop dan safety stock beserta grafik perkembangan produk sesuai kekayaan perusahaan. Mengapa eoq banyak digunakan di perusahaan perusahaan sebab adanya peluang memperkecil jumlah pengeluaran perusahaan setiap kali proses produksi dijalankan sesuai perkembangannya.

0 Response to "Contoh Soal Cara Menghitung Economic Order Quantity dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel