Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Konten [Tampil]

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun merupakan kegiatan perusahaan dalam upaya memperhitungkan biaya bulanan yang berkaitan dengan pemakaian aset untuk kegiatan produksi. Tujuan depresiasi bukanlah mempersiapkan kas dan setara kas diakhir periode sebagai alat bantu pembelian aset baru.

Contoh soal pertukaran aset tetap, penghentian pemakaian aktiva tetap dan penyusutan aset tetap menjadi materi akuntansi keuangan menengah. Modul aktiva tetap ditujukan agar perusahaan menyesuaikan kondisi keuangan berdasarkan ketentuan umum perpajakan ketika menyusun laporan keuangan per tahunnya.

Bagaimana cara menghitung penyusutan dengan metode jumlah angka tahun sering disebut sum of year digits method. Setiap perusahaan berhak menentukan metode depresiasi, amortisasi dan deplesi sesuai jenis aktiva tetap dengan memperhatikan umur manfaat, nilai residu dan biaya perolehan sesuai persetujuan pemegang saham.

Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun

Sum of Year Digits Method

Sum of year digits method adalah cara penyusutan biaya perolehan aktiva tetap berdasarkan penjumlahan angka dari total biaya depresiasi yang digunakan oleh perusahaan. Metode ini mengandalkan angka pembilang dan angka penyebut dalam prosedur pembuatan jurnal umum atas buku besar pembantu piutang dagang.

Cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diatribusikan sesuai tingkat perkembangan perusahaan. Arus kas investasi ditujukan agar pemegang saham mampu memprediksi penjualan barang yang akan naik sehingga pembelian aktiva tetap secara kredit dan tunai dapat dilakukan.

Contoh soal pertukaran aset tetap dan penghentian pemakaian aktiva tetap berperan sebagai dasar pengenaan pajak penghasilan. Revaluasi aktiva tetap mengakibatkan entitas harus membayarkan pajak pertambahan nilai yang harus disetorkan sendiri paling lambat tanggal 15 bulan berikutnya sesuai perkembangan bisnis.

Baca Juga: Contoh Soal Pemeriksaan Aset Tetap dan Jawabannya

Contoh Soal Penyusutan Aktiva Tetap dengan Metode Jumlah Angka Tahun

Contoh soal penyusutan aktiva tetap dengan metode jumlah angka tahun harus diselenggarakan secara wajar untuk meminimalisir kemungkinan koreksi fiskal. Koreksi fiskal adalah tindakan kantor akuntan publik memperhitungan beban yang dapat dijadikan pengurang pendapatan kena pajak setiap bulan dan tahunnya.

Kapan metode jumlah angka tahun digunakan? perusahaan menggunakan metode ini saat diperkirakan nilai wajar aset mengalami penurunan besar dimasa mendatang. Nilai residu dan nilai buku adalah hasil pemakaian metode penyusutan yang diperkenankan sesuai standar akuntansi keuangan dan perpajakan.

Cara menghitung penyusutan dengan metode jumlah angka tahun terjadi pada PT Rafinternet yang membeli laptop macbook dengan harga Rp 13.000.000. Diperkirakan usia manfaat selama 4 tahun tanpa nilai residu. Bagaimana rumus perhitungan sum of year digits untuk menentukan biaya penyusutan dan akumulasi penyusutannya?

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Persediaan Metode Fifo Perpetual

Cara Menghitung Biaya Penyusutan dan Akumulasi Penyusutan

Cara menghitung biaya penyusutan dan akumulasi penyusutan aktiva tetap menggunakan metode jumlah angka tahun harus menentukan bilangan pembilang dan bilangan penyebut. Double declining balance method adalah penyusutan dengan memperhitungkan masa pakai dikalikan 2 untuk penentuan estimasi depresiasinya.

Cara menghitung biaya penyusutan dengan metode saldo menurun berganda dan garis lurus tidak menjadikan entitas harus melakukan koreksi fiskal. Adanya aktiva dan kewajiban pajak tangguhan muncul sebagai akibat entitas tidak menetapkan secara konsisten metode penyusutan yang diberlakukannya.

Bagaimana cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun harus disesuaikan kondisi keuangan perusahaan. Perusahaan manufaktur tentu memiliki berbagai jenis mesin, kendaraan dan gedung untuk menyelenggarakan produksi sesuai perencanaan yang telah dilakukan bersama manajer produksinya.

TahunPembilang Biaya Perolehan Beban Depresiasi Akumulasi Depresiasi
14 Rp 13.000.000 Rp 5.200.000 Rp 5.200.000
23 Rp 13.000.000 Rp 3.900.000 Rp 9.100.000
32 Rp 13.000.000 Rp 2.600.000 Rp 11.700.000
41 Rp 13.000.000 Rp 1.300.000 Rp 13.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Penghentian Pemakaian Aset Tetap

Demikian cara menghitung penyusutan metode jumlah angka tahun dalam prosedur sistem informasi akuntansi. Materi aktiva tetap berasal dari pembelian, penyusutan, penghentian, pertukaran aset tetap harus disesuaikan standar untuk menghindari kecurangan yang dilakukan berbagai pihak tertentu.

0 Response to "Cara Menghitung Penyusutan Metode Jumlah Angka Tahun"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel