Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Wesel dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya merupakan materi untuk ujian tengah semester dan ujian akhir semester materi akuntansi pengantar. Akuntansi pengantar adalah cabang akuntansi yang membahas perihal dasar-dasar akuntansi seperti persamaan dasar, perhitungan bunga dan pengenaan pajak penghasilan.

Contoh soal penilaian piutang wesel atau pelunasan piutang wesel secara kredit dapat diselenggarakan untuk mengalokasikan kas sesuai jadwal pembayaran tagihan. Bagaimana pelaksanaan pencatatan piutang wesel dari penjualan kredit berhak diselenggarakan setiap kali penjualan barang dagangan terjadi di entitas.

Piutang wesel merupakan komponen neraca saldo yang ditujukan bagi setiap pembayaran tagihan jatuh tempo. Cara menghitung tanggal jatuh tempo wesel adalah menentukan tanggal penerbitan wesel dan dibandingkan dengan tanggal masa pembayaran sesuai yang diinginkan oleh penerbit selama waktu tertentu.

Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Wesel dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Piutang Wesel dalam Neraca Saldo

Pengertian piutang wesel adalah komponen informasi di neraca saldo yang bersifat akrual. Akrual artinya perusahaan akan mencatat transaksi walaupun tidak terdapat aliran kas masuk dan aliran kas keluar. Pertimbangan pemakaian akrual basis adalah kesesuaian antara transaksi pencatatan yang terjadi di bisnis syariah.

Apa yang dimaksud piutang wesel? Pengertian piutang adalah tagihan perusahaan atas penyerahan jasa kena pajak dan barang kena pajak sesuai surat pesanan yang diterbitkan. Penjualan kredit adalah penjualan barang yang diselenggarakan dengan menyerahkan barang terlebih dahulu sebelum terjadi penerimaan kasnya.

Contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya harus mempertimbangkan alokasi informasi keuangan sesuai target yang ditentukan pemegang saham. Syarat-syarat piutang dapat diakui di neraca saldo adalah dapat diukur dengan handal dan sesuai keterjadian transaksi pada tanggal yang berlaku.

Baca Juga: Cara Mencatat Pendapatan Diterima Dimuka di Neraca Saldo

Contoh Soal Pilihan Ganda dan Soal Essay Piutang Wesel

Contoh soal pilihan ganda dan soal essay piutang wesel perlu mempertimbangkan adanya tingkat bunga pasar. Kesesuaian informasi antara pencatatan perusahaan dengan pihak ketiga akan mempermudah proses audit pemeriksaan yang dilakukan kantor akuntan publik setiap akhir tahunnya.

Contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya harus menghindari adanya ketidaksesuaian antara jadwal pembayaran tagihan. Perusahaan jasa dan dagang perlu bekerjasama dengan pihak terkait untuk menetapkan schedul pembayaran tagihan untuk menyesuaikan kebutuhan perusahaaan atas aliran kasnya.

Contoh soal wesel tanpa bunga terjadi ketika PT Rafinternet menerima wesel bayar 12 bulan senilai Rp 45.000.000 dengan pemberian bunga sebesar 8% per tahun. Bagaimana cara mencatat transaksi penerbitan wesel, perhitungan bunga setiap periodenya dan jurnal pelunasan piutang wesel secara angsuran tersebut?

Baca Juga: Contoh Jurnal Pembelian Barang Dagang Secara Kredit

Contoh Soal Wesel Berbunga dan Wesel Tanpa Bunga

Contoh soal wesel berbunga dan wesel tanpa bunga bertujuan agar setiap transaksi keuangan di perusahaan selalu mendapatkan keuntungan. Bagi perusahaan dagang, penjualan barang dagangan secara kredit akan meningkatkan omzet ditahun berjalan dengan aliran kas untuk pelunasan tagihannya.

Jurnal Penerbitan Wesel Bayar dan Wesel Tagih

Jurnal penerbitan wesel bayar dan wesel tagih dapat dilakukan setelah perjanjian kerjasama pelunasan hutang diakui. Perusahaan dagang dan jasa harus memperkenankan entitas melaksanakan tindakan pembayaran tagihan selama satu periode agar dapat mempelajari informasi keuangan di entitas tersebut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/05/2022Hutang Dagang Rp 45.000.000
Wesel Tagih Rp 45.000.000
Kas Rp 7.920.000

Jurnal Pelunasan Piutang Wesel Secara Angsuran

Jurnal pelunasan piutang wesel secara angsuran dapat dilakukan agar pelanggan tidak mengalami kesulitan keuangan saat wesel jatuh tempo. Pendiskontoan wesel tagih bertujuan agar kas diakhir masa jatuh tempo dapat ditarik untuk dipergunakan sebagai metode pembayaran paling efisien di perusahaan tersebut

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/06/2022Wesel Tagih Rp 3.750.000
Beban Bunga Wesel Rp 300.000
Kas Rp 4.050.000

Baca Juga: Cara Menentukan Tanggal Jatuh Tempo Wesel

Demikian contoh soal pilihan ganda piutang wesel dan jawabannya dalam materi akuntansi keuangan menengah. Materi pencatatan transaksi penjualan barang dagangan secara kredit, wesel dan penjualan angsuran harus dipahami agar pencatatan dalam catatan atas laporan posisi keuangan sejalan dengan aktivitas bisnis.

0 Response to "Contoh Soal Pilihan Ganda Piutang Wesel dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel