Contoh Soal Cara Mencatat Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal cara mencatat pendapatan diterima dimuka dan jawabannya merupakan langkah yang ditempuh perusahaan dalam rangka mengakui uang muka penjualan dan pembelian. Uang muka dalam bahasa inggris disebut down payment artinya kas pembeli yang dibayarkan agar pesanan dapat segera diproses.

Contoh cara mencatat jurnal penjualan dengan uang muka pembelian diharapkan mampu memberikan kontribusi atas keterlambatan dana yang disetorkan para pemegang saham. Mengapa pendapatan diterima dimuka masuk ke dalam klasifikasi hutang disebabkan perusahaan belum menyerahkan barang pesanan pembeli.

Jurnal pembayaran uang muka penjualan dan pelunasan tagihan harus mencantumkan informasi barang yang diserahkan kepada pelanggan. Mengapa penerimaan sewa dibayar dimuka dianggap sebagai utang oleh perusahaan yang menerima sewa tersebut sebab tidak dikirimkannya barang hasil produksi kepada pelanggan.

Contoh Soal Cara Mencatat Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya

Apa yang Dimaksud Pendapatan Diterima Dimuka

Apa yang dimaksud pendapatan diterima dimuka? Uang muka penjualan adalah istilah bagi kas yang dibayarkan pembeli agar penjual segera mengirimkan barang sesuai pesanannya. Posisi uang muka penjualan di neraca berada di klasifikasi liabilitas jangka pendek dan berstatus sebagai akun riil.

Contoh soal cara mencatat pendapatan diterima dimuka dan jawabannya menjadi pembahasan bagi lawan transaksi untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatannya. Identifikasi transaksi dan pengaruh akun di laporan keuangan berdampak pada bukti transaksi yang didapatkan saat menerima kas dan setara kasnya.

Pengertian uang muka penjualan adalah imbal balik dari rencana pengiriman barang yang telah disepakati dan akan diproses ketika pembeli menyerahkan kas untuk modal awalnya. Jurnal apa yang digunakan dalam penjualan tunai dan kredit bergantung pada status sebagai pengusaha kena pajak oleh direktorat jenderal perpajakan.

Baca Juga: Contoh Soal Tes Masuk Kerja Staff Finance di Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal Jurnal Penjualan dengan Uang Muka dan Jawabannya

Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka dan jawabannya merupakan aktivitas yang diselenggarakan perusahaan untuk meyakinkan para nasabahnya. Jurnal penjualan adalah jurnal untuk mencatat bukti transaksi berkaitan dengan penyerahan kas dan setara kas sesuai nilai surat pesanan di perusahaan tersebut.

Contoh soal cara mencatat pendapatan diterima dimuka dan jawabannya harus dialokasikan menggunakan metode perpetual dan metode periodik. Harga pokok produksi akan muncul ketika entitas melakukan perubahan dari bahan baku menjadi barang yang sesuai spesifikasi barang dalam surat pesanan.

Contoh soal jurnal penjualan dengan uang muka terjadi ketika PT Rafinternet mendapatkan pesanan senilai Rp 42.000.000. PT Rafinternet menetapkan kebijakan pemberian uang muka penjualan agar pesanan dapat diproses sebesar 40%. Bagaimana jurnal penerimaan dp dan jurnal pelunasan tagihan saat pengiriman barang tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Cara Menghitung Nisbah Bagi Hasil Musyarakah

Jurnal Pembayaran Uang Muka Penjualan

Jurnal pembayaran uang muka penjualan akan terutang pajak pertambahan nilai. Dasar pengenaan pajak adalah total penjualan yang direaliasikan berdasarkan kebijakan akuntansinya. Perusahaan diwajibkan melaporkan setiap aliran kas dan setara kas sesuai kebutuhan saat bisnis diselenggarakan.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2022Kas Rp 18.648.000
Uang Muka Penjualan Rp 16.800.000
PPN Keluaran Rp 1.848.000

Jurnal Pengiriman Barang Dagang

Contoh soal cara mencatat pendapatan diterima dimuka perusahaan manufaktur tentu memerlukan adanya harga pokok produksi. HPP atau harga pokok produksi adalah harga barang yang diserahkan kepada pelanggan sesuai surat pesanannya. Apabila surat pesanan memiliki harga pokok 45% dari total penjualan bersih, bagaimana jurnal pengiriman barang dagang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2022Barang Terkirim Rp 18.900.000
Persediaan Rp 18.900.000

Jurnal Pelunasan Uang Muka Penjualan

Jurnal pelunasan uang muka penjualan adalah tagihan terakhir yang dikeluarkan perusahaan untuk menciptakan aliran penghasilan kena pajak. Pelunasan tagihan artinya pembeli akan melengkapi hasil dari surat pesanan yang telah dikirimkannya. Adapun jurnal pelunasan uang muka penjualan yakni

TanggalKeterangan Debit Kredit
09/08/2022Kas Rp 27.972.000
Uang Muka Penjualan Rp 16.800.000
PPN Keluaran Rp 2.772.000
Penjualan Rp 42.000.000
HPP Rp 18.900.000
Barang Terkirim Rp 18.900.000

Baca Juga: Contoh Soal Kas Kecil Metode Imprest dan Jawabannya

Demikian contoh soal cara mencatat pendapatan diterima dimuka dan jawabannya dalam sistem informasi perpajakan perusahaan. Perbedaan transaksi penjualan tunai dan penjualan kredit pada perusahaan dagang terletak pada komposisi keuangan yang disetorkan selama kegiatan operasionalnya.

0 Response to "Contoh Soal Cara Mencatat Pendapatan Diterima Dimuka dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel