Contoh Soal Harga Perolehan Aktiva Tetap Menggunakan Wesel Bunga

Konten [Tampil]

Contoh soal harga perolehan aktiva tetap menggunakan wesel bunga merupakan aktivitas bisnis dimana entitas memberikan kepastian pembayaran setelah menerima mesin, kendaraan, tanah dan bangunan. Perusahaan jasa dan dagang berhak memiliki aset tetap agar dapat membantu kegiatan operasional setiap periode.

Bagaimana cara menghitung harga perolehan aset tetap yang dibayar dengan menggunakan wesel bunga harus mempertimbangkan adanya kesesuaian harga beli dan biaya penyusutan. Perbedaan harga beli dan harga perolehan terletak pada prosedur pengakuan biaya saat penciptaan aset tetap sesuai standar akuntansi keuangan.

Contoh soal biaya perolehan aset tetap dalam satu paket atau harga perolehan aktiva tetap menggunakan wesel bayar akan melibatkan berbagai macam prosedur keuangan. Unsur-unsur pembentuk biaya perolehan harus dimengerti agar biaya dapat dialokasikan sebagai pengurang pendapatan kena pajak.

Contoh Soal Harga Perolehan Aktiva Tetap Menggunakan Wesel Bunga

Perbedaan Harga Beli dan Harga Perolehan

Pengertian harga beli menurut para ahli adalah total kas yang dikeluarkan perusahaan untuk mendatangkan aset secara kotor. Harga beli dihitung dari total harga jual dari pelanggan dikalikan kuantitas produk pesanan. Aktiva tetap memiliki nilai materialiatas yang tinggi dalam prosedur mendapatkan komponen laporan keuangan.

Pengertian harga perolehan menurut para ahli adalah seluruh kas dan setara kas yang dikorbankan perusahaan dalam rangka mendapatkan aktiva tetap yang dapat dipergunakan dengan segera. Umur manfaat aktiva tetap telah diatur dalam ketentuan umum perpajakan dan harus diaplikasikan saat membuat laporan keuangan.

Perbedaan harga beli dan harga perolehan terletak pada komponen pendukung terciptanya aktiva perusahaan. Karakteristik aktiva tetap adalah aset yang harus mengeluarkan sebagian besar kas dan setara kas dan bersifat material sehingga harus mendapatkan persetujuan dari berbagai pihak seperti direktur, marketing dan produksi.

Baca Jual: Contoh Soal Selisih Kas Menurut Perbankan dan Pembukuan Perusahaan

Contoh Soal Harga Perolehan Aktiva Tetap Menggunakan Wesel Bunga

Contoh soal harga perolehan aktiva tetap menggunakan wesel bunga merupakan aktivitas perusahaan mendatangkan aset dengan memakai surat hutang. Pengertian wesel bunga adalah surat perintah mengeluarkan kas dan setara kas pada tanggal yang tercantum di surat hutang ke lembaga keuangannya.

Contoh soal harga perolehan aset tetap dalam satu paket bukti transaksi mewajibkan entitas melakukan perhitungan secara proporsional. Entitas diwajibkan melaporkan setiap pemungutan pajak pertambahan dan nilai dan pajak penjualan ke dirjen pajak setiap periodenya untuk menghindari adanya sanksi administrasi.

Contoh soal cara menghitung harga perolehan tanah dan bangunan terjadi ketika PT Rafinternet melakukan pembelian gedung N senilai Rp 90.000.000. Bagaimana cara menghitung uang muka pembelian sebesar 40% dan sisanya dibayarkan dengan wesel bayar dengan bunga 8% per tahun? Berikut jurnal yang diperlukan

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2023Gedung N Rp 90.000.000
PPN Masukan Rp 9.900.000
Kas Rp 45.900.000
Wesel Bayar Rp 54.000.000
(Pencatatan Pembelian Tanah dan Bangunan)
27/05/2024Wesel Bayar Rp 54.000.000
Biaya Bunga Wesel Rp 3.600.000
Kas Rp 57.600.000
(Pencatatan pembayaran wesel bayar)

Baca Juga: Contoh Soal Kewajiban Kontinjensi di Perusahaan Manufaktur

Harga Perolehan Aset Tetap dengan Pembelian Kredit

Harga perolehan aset tetap dengan pembelian kredit mewajibkan entitas melaksanakan pembayaran setiap bulannya. Pembelian kredit adalah aktivitas perusahaan mendatangkan barang dan jasa tanpa membayarkan tagihan terlebih dahulu dan hanya akan membayarkan aset pada saat diterima invoice.

Contoh soal harga perolehan aktiva tetap menggunakan wesel bunga dan tidak berbunga bertujuan agar kekayaan perusahaan dapat diatribusikan berdasarkan kemampuan entitas. Jika anda membeli tanah maka yang bukan komponen harga perolehan tanah adalah biaya perpajakan yang muncul dari aktivitas bisnis.

Harga perolehan aset tetap dengan pembelian kredit bertujuan agar entitas dapat meningkatkan kapasitas produksi yang diimbangi pembayaran secara cicilan. Pembayaran cicilan harus dilakukan setiap periodenya agar seluruh pencapaian perusahaan dapat diperhitungkan dengan jelas sesuai periodeny

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/08/2023Gedung N Rp 90.000.000
PPN Masukan Rp 9.900.000
Utang Dagang Rp 99.900.000

Baca Juga: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Harga Perolehan Aktiva Tetap

Demikian contoh soal harga perolehan aktiva tetap menggunakan wesel bunga dan wesel tanpa bunga. Setiap perusahaan berhak mengadakan perhitungkan kekayaan menyesuaikan tingkatan harga bisnis. Penyesuaian persediaan dapat terjadi saat entitas melakukan stock opname diakhir periode akuntansi.

0 Response to "Contoh Soal Harga Perolehan Aktiva Tetap Menggunakan Wesel Bunga"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel