Contoh Soal Pembelian Aktiva Tetap dalam Satu Paket Bukti Transaksi

Konten [Tampil]

Contoh soal pembelian aktiva tetap dalam satu paket bukti transaksi merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mendapatkan aset tetap untuk membantu kegiatan produksi. Bukt transaksi adalah alat untuk menuliskan setiap pemakaian kas dan setara kas untuk membantu aktivitas bisnis secara sekaligus atau lump-sum.

Contoh soal harga perolehan mesin, tanah dan bangunan harus dihitung secara accurate untuk menghindari adanya ketidaksesuaian dan berakibat pada pemeriksaan perpajakan. Pembelian aktiva tetap dalam laporan arus kas disajikan sebagai arus kas investasi sebab adanya estimasi pemakaian untuk jangka waktu ke depannya.

Bagaimana cara menghitung biaya perolehan mesin, tanah dan bangunan harus memperhatikan arus kas perusahaan. Arus kas adalah mutasi pemakaian kas untuk operasi, investasi dan pendanaan yang disesuaikan keinginan perusahaan selama menjalankan aktivitas bisnis sesuai tujuan pemakaian aset tetapnya.

Contoh Soal Pembelian Aktiva Tetap dalam Satu Paket Bukti Transaksi

Apa yang Dimaksud Harga Perolehan Tanah dan Bangunan

Pengertian harga perolehan adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam rangka menjalankan aktivitas bisnis sesuai peruntukkannya. Biaya adalah segala pemakaian kas yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan ekonomis perusahaan dan digantian dengan aktiva lancar atau aktiva tetap sejenis.

Contoh soal pembelian aktiva tetap dalam satu paket bukti transaksi harus dialokasikan secara proporsional. Proporsional artinya disesuaikan jumlah barang yang dibeli dalam satu bukti transaksi. Pembelian tanah dan bangunan akan dikenakan BPHTB yang dibebankan ke pembeli sesuai peruntukkannya.

Apa yang dimaksud harga perolehan tanah dan bangunan adalah kas yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan tanah dan bangunan sesuai target yang ditentukan manajemen. Pembelian tanah harus dikenakan BPHTP ketika total transaksi penjualan melebihi Rp 60.000.000 sebelum pajak pertambahan nilai.

Baca Juga: 20 Contoh Transaksi Jurnal Umum Perusahaan Dagang

Contoh Soal Pembelian Aktiva Tetap dalam Satu Paket Bukti Transaksi

Contoh soal pembelian aktiva tetap dalam satu paket bukti transaksi harus diaplikasikan berdasarkan kemampuan perusahaan ditahun berjalan. Entitas diharapkan mampu mendapatkan barang dengan harga murah untuk memperkecil harga pokok produksi yang direncanakan oleh manajer keuangan.

Contoh soal harga perolehan tanah dan bangunan menjadi pertimbangan dikarenakan entitas dapat melaksanakan pembelian aktiva tetap dalam satu paket. Pembelian dalam satu paket sering disebut pembelian lump-sum. Lump-sum artinya pembayaran barang dalam satu nota sekaligus untuk mendapatkan harga lebih murah.

Contoh soal pembelian aktiva tetap dalam satu paket bukti transaksi terjadi ketika PT Rafinternet memesan tanah senilai Rp 84.000.000 dan bangunan Rp 45.000.000. PT Rafinternet mendapatkan potongan harga ketika melaksanakan pembelian secara sekaligus dengan total tagihan Rp 120.000.000. Bagaimana cara menghitung biaya perolehan tanah dan bangunan tersebut?

Nama Barang Harga Satuan Persentase Harga Paket
Tanah Rp 84.000.000 65% Rp 78.139.535
Bangunan Rp 45.000.000 35% Rp 41.860.465

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Biaya Produksi Metode Rata-Rata Tertimbang

Contoh Jurnal Pembelian Aktiva Tetap dan Penyusutan per Periode

Contoh jurnal pembelian aktiva tetap dan penyusutan per periode dapat menjadi pedoman bagi entitas ketika menyelenggarakan kegiatan bisnis. Aktiva tetap adalah aset yang dipergunakan untuk membangu kegiatan produksi atau administrasi agar meningkatkan nilai ekonomis barang saat diperdagangkannya.

Jurnal Pembelian Aktiva Tetap

Jurnal pembelian aktiva tetap dapat dibuat saat entitas telah mendapatkan kepastian tentang pembayaran tagihan jangka panjang. Setiap perusahaan berhak mengalokasikan pembayaran untuk mendapatkan aktiva tetap yang diinginkannya. Pembelian aset tetap termasuk komponen laporan arus kas investasi.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/05/2023 Tanah Rp 78.139.535
Bangunan Rp 41.860.465
PPN Masukan Rp 13.200.000
Kas Rp 133.200.000

Jurnal Beban Penyusutan Aktiva Tetap Per Periode

Jurnal beban penyusutan aktiva tetap per periode wajib diaplikasikan berdasarkan keputusan menteri keuangan. Setiap perusahaan berhak mengalokasikan biaya perolehan menjadi biaya pengurang pendapatan kena pajak. Penyusutan hanya boleh diakui berdasarkan umur manfaat pemakaian aset tertentu.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
30/06/2023 Biaya penyusutan bangunan Rp 174.419
Akumulasi Penyusutan Bangunan Rp 174.419

Baca Juga: Contoh Soal PPN Membangun Sendiri

Demikian contoh soal pembelian aktiva tetap dalam sat paket bukti transaksi untuk menghindari pemeriksaan pajak oleh kantor pelayanan pajak setempat. Aktiva tetap yang diperoleh dari kegiatan membangun sendiri akan terutang pajak pertambahan nilai yang wajib disetorkan sendiri di bulan berikutnya.

0 Response to "Contoh Soal Pembelian Aktiva Tetap dalam Satu Paket Bukti Transaksi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel