Contoh Soal Perhitungan Akuntansi Murabahah dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal perhitungan akuntansi murabahah dan jawabannya merupakan dasar bagi lawan transaksi ketika membayarkan bunga atau margin bank. Pengertian bunga adalah segala pengembalian nilai uang yang lebih besar daripada pokok hutangnya untuk membiayai akad kerjasama bisnis yang telah dijanjikannya.

Contoh transaksi akad murabahah dapat terjadi dalam dunia perbankan. Setiap perusahaan berhak meminta pembiayaan kepada perbankan agar dapat menciptakan sistem informasi penagihan piutang jatuh tempo. Catatan atas laporan posisi keuangan menunjukkan adanya kebijakan bisnis yang perlu diterapkannya.

Soal latihan akuntansi murabahah dapat melibatkan segala macam kegiatan jual beli. Akad tijarah dan akad tabarru diterapkan untuk mengalokasikan keinginan manusia ketika menyelenggarakan kegiatan perencanaan bersama antara para pihak yang terlibat dalam kegiatan pencatatan informasi keuangannya.

Contoh Soal Perhitungan Akuntansi Murabahah dan Jawabannya

Apa itu Akad Tabarru dan Akad Tijarah

Pengertian akad tabarru dan akad tijarah merupakan transaksi dalam bisnis syariah yang disesuaikan kerangka penyusunan dan penyajian laporan keuangan syariah. Setiap lembaga bisnis syariah wajib melaksanakan pembukuan atas segala aktivitas pemakaian dana perusahaan untuk kegiatan operasionalnya.

Contoh soal perhitungan akuntansi murabahah dan jawabannya perlu mempertimbangkan adanya kesesuaian antara bisnis dengan pelaksanaannya. Akad tabarru dipergunakan bagi perusahaan yang tidak mencari keuntungan atau melaksanakan kegiatan berdasarkan tolong menolong dengan mengharapkan rido allah.

Pengertian akad tijarah adalah kerjasama bisnis dimana masing-masing sekutu berupaya agar entitas memperoleh keuntungan dengan memaksimalkan sumber daya yang ada. Akad tijarah digunakan agar pengelola bisnis tetap dapat melanjutkan keberlangsungan usaha tanpa mengalami adanya kondisi kesulitan keuangan.

Baca Juga: Tes Masuk Kerja Staff PPIC di Perusahaan Manufaktur

Contoh Soal Akad Murabahah Metode Proporsional

Contoh soal akad murabahah metode proporsional merupakan aktivitas perusahaan dalam rangka mengelola kejadian informasi keuangannya. Setiap entitas berhak mempublikasikan kekayaannya sebagai upaya meningkatkan kesadaran informasi berbisnis terutama pembayaran pajak penghasilannya.

Contoh soal perhitungan akad murabahah dan jawabannya perlu menyesuaikan kebijakan akuntansi. Akad tijarah bertujuan agar perusahaan tetap dapat melangsungkan kehidupannya guna mensejahterakan karyawan yang ada. Distributor dan produsen akan menjadi tokoh utama dalam penciptaan barang dan jasa.

Contoh kasus akad murabahah terjadi ketika PT Rafinternet memerlukan mobil senilai Rp 250.000.000 untuk para direktur. PT Rafinternet hanya memiliki uang senilai Rp 78.000.000 dan sisanya akan dibiayai oleh perbankan dengan margin yang disepakati senilai 20%. Hitunglah nilai angsuran per bulan yang harus dibayar saat menggunakan pembiayaan murabahah?

Baca Juga: Contoh Perhitungan Job Order Costing dan Jawabannya

Cara Menghitung Angsuran Pembiayaan Murabahah

Cara menghitung angsuran pembiayaan murabahah diawali dengan adanya kemampuan perusahaan dalam menciptakan hubungan kerjasama bisnis. Alur transaksi murabahah berasal dari pengajuan pinjaman nasabah untuk membiayai barang yang diinginkannya dengan menggunakan dana pihak ketiga.

Contoh soal perhitungan akuntansi murabahah dan jawabannya dapat mempertimbangkan prosedur alokasi informasi keuangannya. Setiap perusahaan berhak mengajukan pinjaman jangka pendek dan jangka panjang menyesuaikan tingkat ketergantungan modal dari pemegang saham yang telah ada.

Cara menghitung angsuran pembiayaan mudarabah terdiri dari harga jual barang ditambah dengan margin penjual. Nasabah harus memberikan margin agar penjual tetap dapat mengalokasikan kekayaan untuk mendatangkan barang nasabah. Adapun perhitungan pembayaran angsuran dengan pembiayaan mudarabah proporsional adalah

Harga mobil Rp 250.000.000
Uang nasabah Rp 78.000.000
Dibiayai bank Rp 172.000.000
Margin bank20%
Harga jual bank Rp 206.400.000
Periode Angsuran24 Bulan
Angsuran per bulan Rp 8.600.000

Baca Juga: Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Fluktuatif

Demikian contoh soal perhitungan akuntansi murabahah dan penyelesaiannya dalam memperhitungkan angsuran yang harus dibayarkan perusahaan. Setiap nasabah harus membayarkan angsuran secara tepat waktu untuk menghindari adanya penarikan barang yang telah dibiayai dengan dana milik pihak ketiganya.

0 Response to "Contoh Soal Perhitungan Akuntansi Murabahah dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel