Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tidak Tetap (Fluctuation Fund System)

Konten [Tampil]

Contoh soal jurnal kas kecil metode dana tidak tetap atau fluctuation fund system menjadi salah satu upaya pertanggungjawaban pengeluaran dana perusahaan dalam membiayai kegiatan operasional. Bagian divisi perusahaan yang tidak termasuk dalam pengelolaan dana kas kecil adalah bagian gudang dan produksi.

Tahapan pertama dalam prosedur pembentukan dana kas kecil adalah menghitung estimasi kebutuhan kas tunai sebagai metode pembayaran. Menu yang dipilih untuk memasukkan bukti kas kecil adalah menu banking. Setiap pengeluaran dan penerimaan kas bukan dari aktivitas utama akan dimasukkan ke menu banking.

Catatan akuntansi yang diperlukan pada saat pembentukan dana kas kecil adalah cek dan rekening giro. Sistem pengendalian internal mewajibkan perusahaan membayarkan tagihan dalam nominal besar melalui transfer bank dan tagihan dalam nominal kecil melalui petty cash yang diolah sesuai metode imprest.

Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tidak Tetap (Fluctuation Fund System)

Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay Dana Kas Kecil dan Jawabannya

Contoh soal pilihan ganda dan essay dana kas kecil dan jawabannya diperuntukkan bagi wajib pajak yang akan menjalankan pemeriksaan. Kertas kerja pemeriksaan kas dan setara kas harus dapat mencantumkan seluruh informasi berkaitan penggunaan kas dan penerimaan kas selama periode audit berjalan.

Contoh soal essay dan pilihan ganda kas kecil menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan menengah. Pencatatan kas kecil metode fluktuasi dan metode imprest dapat menjadi anjuran bagi perusahaan untuk menetapkan saldo kas kecil dan kapan waktu pengisian kembali saldo kas kecil sesuai kebutuhan dari perusahaan.

Bagaimana cara pencatatan jurnal penyesuaian dengan metode dana tetap dan dana tidak tetap bergantung pada kebijakan akuntansi perusahaan. Jurnal kas kecil bertujuan agar mutasi arus kas dapat dicatat pada jurnal umum untuk dilakukan penggantian sesuai jumlah yang telah dikeluarkan perusahaan selama satu periode.

Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh Badan Diatas 50 Miliar

Kas Kecil Metode Dana Tetap dan Dana Tidak Tetap

Kas kecil metode dana tetap dan dana tidak tetap akan menggunakan fluctuation fund system dan imprest fund system. Tahapan pertama dalam prosedur pembentukan dana kas kecil adalah memperhitungkan estimasi penggunaan kas tunai yang diperlukan untuk membiayai kegiatan operasional perusahaan.

Bagian yang tidak termasuk dalam pengelolaan dana kas kecil adalah bagian gudang dan produksi. Setiap transaksi yang terjadi akan langsung dicatat dalam jurnal merupakan ciri-ciri metode fluktuasi. Menu yang dipilih untuk memasukkan bukti kas kecil yaitu penerimaan kas dan pengeluaran kas myob accounting.

Kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi diperuntukkan bagi entitas yang melaksanakan sistem pengendalian internal persediaan. Setelah perusahaan menerima pembayaran piutang maka perusahaan akan mencatatanya dalam buku besar pembantu piutang dan hutang para pelanggan dan pemasok perusahaan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Laba Per Lembar Saham dan Pembahasannya

Contoh Soal dan Jurnal Kas Kecil (Petty Cash)

Contoh soal dan jurnal kas kecil dapat menggunakan fluctuation fund system dalam alokasi informasi keuangan perusahaan. Entitas wajib mengungkapkan metode dan kebijakan akuntansi yang diterapkan dalam pengakuan pendapatan dan beban diperiode berjalan sesuai ketentuan umum perpajakan yang berlaku.

Contoh jurnal petty cash atau kas kecil dapat menggunakan sistem fluktuasi dan sistem imprest. Imprest fund system adalah sistem mengelola kas kecil dimana wajib pajak akan menggunakan kas sama setia periodenya. Pengisian kembali saldo kas harus sesuai dengan jumlah tagihan yang telah dibayarkan perusahaan.

Contoh soal pembentukan kas kecil terjadi pada PT Rafinternet sebesar Rp 89.510.000. Pengisian kembali kas kecil dilaksanakan dan didapatkan bukti pengeluaran kas sebesar Rp 74.850.000. Entitas mencairkan cek sebesar Rp 90.000.000 untuk mengisi kas kecil yang sudah digunakan. Bagaimana jurnal yang harus dibuat perusahaan.

Bagaimana cara mencatat jurnal pembentukan dana kas kecil metode fluktuasi sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/03/2022Petty Cash Rp 45.000.000
Cash in Mandiri Bank Rp 45.000.000
(Created petty cash journal)

Jurnal Pemakaian Kas Kecil dalam Metode Fluktuasi adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
20/03/2022All in Expance Rp 41.620.000
Petty Cash Rp 41.620.000
(Payment all expance in one period)
31/03/2022Petty Cash Rp 44.000.000
Cash in Mandiri Bank Rp 44.000.000
(Refill petty cash journal)

Baca Juga: Contoh Jurnal Penyesuaian Rekonsiliasi Bank di Myob dan Accurate

Demikian contoh soal jurnak kas kecil metode dana tidak tetap dan dana tetap menjadi pembahasan sistem pengendalian internal kas. Tujuan kas kecil dibentuk adalah memudahkan pembayaran kepada lawan transaksi yang memerlukan dana tunai dan memiliki total tagihan dalam jumlah yang kurang material

0 Response to "Contoh Soal Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tidak Tetap (Fluctuation Fund System)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel