Langkah-Langkah Memasukkan Penjualan Barang dan Jasa Secara Kredit di Myob Accounting

Konten [Tampil]

Langkah-langkah memasukkan penjualan barang dan jasa secara kredit di myob accounting merupakan aktivitas perusahaan untuk memastikan nilai piutang dagangnya. Piutang dagang adalah tagihan yang dikenakan kepada pelanggan saat terjadi penyerahan barang dan jasa sesuai nilai jual yang disepakatinya.

Cara mengentri transaksi penjualan barang dan jasa harus dilakukan secara adil guna menyelenggarakan kegiatan pencatatan. Setiap perusahaan berhak menolak kas dan setara kas yang tidak berasal dari aktivitas bisnis guna menghindari adanya penyalahgunaan aliran modal dan denda perpajakan yang mungkin ditimbulkannya.

Cara menginput data di myob terdiri dari faktur pembelian, faktur penjualan, laporan hasil produksi, laporan pemakaian bahan baku, informasi penggajian karyawan dan pemakaian dana perusahaan lainnya. Setiap penjualan dan pembelian adalah aktivitas bisnis utama yang mampu menyelenggarakan kegiatan pencatatannya.

Langkah-Langkah Memasukkan Penjualan Barang dan Jasa Secara Kredit di Myob Accounting

Menu Penjualan di Myob Accounting

Modul penjualan di myob accounting adalah seluruh fitur yang dapat digunakan mencatat transaksi penjualan mulai dari penawaran produk, penerimaan pesanan, pengiriman barang sampai proses penagihannya. Seluruh modul myob dapat digunakan secara maksimal untuk pembuatan laporan posisi keuangan.

Sales Register

Modul sales register berfungsi untuk menyelenggarakan kegiatan penjualan awal perusahaan. Perusahaan harus menentukan saldo awal piutang dagang agar dapat menyesuaikan transaksi sesuai kebutuhan perusahaan. Sales register ditujukan bagi perusahaan dagang yang ingin mencatat transaksi penjualan tunai.

Enter Sales

Modul enter sales di myob accounting berfungsi melakukan kegiatan penjualan barang secara tunai dan kredit. Myob memberikan kemudahan bagi pengguna menilai kemampuan pembayaran tagihan oleh lawan transaksi. Setiap pertumbuhan informasi perpajakan dapat disesuai dengan kebijakan perusahaan.

Receive Payment

Receive payment berfungsi untuk menerima pelunasan piutang yang telah tercatat. Penjual berhak menerima imbal balik atas pengiriman barang dan pemberian jasa kepada pelanggan. Seluruh prosedur pemakaian dana perusahaan harus dicatat untuk menghitung total pajak penghasilan badan yang harus dibayarkan.

Baca Juga: Dowload Aplikasi Myob Accounting Versi Terbaru

Cara Mencatat Transaksi Penjualan Tunai pada Myob Accounting

Cara mencatat transaksi penjualan tunai pada myob accounting merupakan aktivitas perusahaan menerima kas dan setara kas setelah pengiriman barang. Kas adalah imbal balik atas barang dan jasa yang telah diserahkan kepada pelanggan menyesuaikan tingkat perkembangan bisnis entitas satu periodenya.

Langkah-langkah memasukkan penjualan barang dan jasa secara kredit di myob accounting dapat diberlakukan menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Bukti transaksi harus dicatat menyesuaikan tingkat aktivitas perusahaan setiap periode pemakaian dana perusahaan setiap kali arus kas masuk dan arus kas keluar.

Cara mencatat transaksi penjualan tunai pada myob accounting memerlukan bantuan dari departemen marketing. Departemen marketing berorientitasi pada penambahan kas dan setara kas untuk pembayaran tagihan pelanggan. Adapun cara mengentri penjualan barang dan jasa secara tunai di myob adalah

  1. Masuk sales register
  2. Pilih menu enter sales
  3. Pilih item atau service
  4. Masukkan detail nama barang dan jasa yang diberikan kepada pelanggan
  5. Siapkan armada untuk mengirimkan barang
  6. Input harga jual dan kuantitas barang yang dipesan pada faktur penjualan

Baca Juga: Cara Setting Mata Uang dan Format Tanggal di Myob

Cara Mencatat Transaksi Penjualan Kredit pada Myob Accounting

Cara mencatat transaksi penjualan kredit pada myob accounting harus diselenggarakan secara wajar setiap kali perkembangan bisnis diselenggarakan. Penjualan kredit adalah penjualan barang dimana pelanggan hanya akan membayarkan pada waktu sesuai termin pembayaran yang telah disepakatinya.

Langkah-langkah memasukkan penjualan barang dan jasa secara kredit di myob accounting harus diberlakukan secara adil dan bijaksana sesuai asersi manajemen. Pengertian asersi manajemen adalah pendapat akuntan perusahaan tentang bukti transaksi yang telah dicatat sesuai standar akuntansi keuangan.

Cara mengentri transaksi penjualan barang secara kredit di myob dapat difungsikan sebagai perkembangan bisnis tertentu. Setiap perolehan pendapatan harus dikenakan pajak terutama pada informasi penghasilan perusahaan dan bukti pemotongan pajak penghasilan pasal 23 yang diberlakukannya.

Baca Juga: Cara Membuat Username dan Password di Myob

Demikian langkah-langkah memasukkan penjualan barang dan jasa secara kredit di myob accounting sesuai tingkat perkembangan perusahaan. Setiap perusahaan berhak melaporkan seluruh pencapaian kepada pemegang saham terutama direktorat jenderal perpajakan untuk penghitung pph dan ppn kurang dibayar.

0 Response to "Langkah-Langkah Memasukkan Penjualan Barang dan Jasa Secara Kredit di Myob Accounting"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel