Contoh Perhitungan Job Order Costing dan Jurnal Pencatatannya

Konten [Tampil]

Contoh perhitungan job order costing dan jurnal pencatatanya merupakan prosedur yang harus dilakukan agar entitas dapat menghitung biaya produksi. Perusahaan manufaktur adalah entitas yang bergerak dalam bidang menciptakan barang sesuai spesifikasi yang diinginkan agar dapat diterima oleh pelanggannya.

Soal pilihan ganda dan pertanyaan tentang job order costing atau sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan berbagai departemen yang ada di perusahaan dalam mengolah bahan baku. Akuntansi biaya akan mempermudah seseorang dalam menciptakan barang sesuai spesifikasi yang dimintakannya.

Contoh soal perhitungan process costing dan job order costing dapat menjadikan entitas bertanggungjawab dalam mengeluarkan sejumlah biaya produksi. Entitas wajib membayarkan gaji dan upah tenaga kerja atas pengorbanan waktu dan tenaga untuk mencapai tujuan pemegang saham perusahaan.

Contoh Perhitungan Job Order Costing dan Jurnal Pencatatannya

Karakteristik Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Karakteristik sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan merupakan aktivitas perusahaan dalam menciptakan bukti transaksi atas perubahan bahan baku. Job order costing adalah aktivitas utama perusahaan manufaktur untuk meningkatkan harga jual barang sejalan dengan proses produksinya.

Apa yang dimaksud job order costing adalah proses yang dilalui departemen dalam mengolah bahan baku untuk memperhitungkan total pengeluaran kas dalam menciptakan barang. Setiap perusahaan berhak untuk memaksimalkan setiap kas yang dikorbankan dalam rangka membuat barang jadi yang diinginkannya.

Contoh perhitungan job order costing dan process costing dapat dijadikan dasar bagi akuntan perusahaan dalam memproses harga pokok produksi. Cost of good sales menjadi dasar dalam pembentukan informasi keuangan terutama laporan laba rugi komprehensif atas tindakan perusahaan setiap kali penjualan terjadi.

Baca Juga: Cara Input Nama Pemasok dan Pelanggan di Accurate

Contoh Soal Job Order Costing dan Penyelesaiannya

Contoh soal job order costing dan penyelesaiannya merupakan aktivitas perusahaan memproses surat pesanan dari pelanggan. Setiap pelanggan akan menyerahkan purchase order sebagai dasar permintaan pengiriman barang pada tanggal yang disepakati dengan termin pembayaran yang ditentukan pada awal kesepakatan.

Contoh perhitungan job order costing dan jurnal pencatatannya melibatkan seluruh departemen diperusahaan. Pemakaian bahan baku akan dilakukan departemen produksi, penggunaan tenaga kerja karyawan akan dilakukan oleh departemen hrd dan penjualan barang jadi akan dilakukan departemen pemasaran.

Contoh perhitungan sederhana sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan terjadi ketika PT Rafinternet mengalokasikan bahan baku senilai Rp 44.000.000 dan tenaga kerja karyawan senilai Rp 10.000.000. Apabila bop aktual terjadi sebesar 40% dari tiap unsur produksi dan bop yang dianggarkan adalah 40% dari bahan baku. Bagaimana jurnal pencatatan yang harus dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/08/2022Biaya pemakaian bahan baku Rp 26.400.000
BOP Aktual Rp 17.600.000
Persediaan Rp 44.000.000
(jurnal pemakaian bahan baku)
31/08/2022Biaya Gaji Karyawan Rp 600.000
BOP Aktual Rp 400.000
Utang Gaji Rp 1.000.000
(Jurnal penentuan besaran upah)
Utang Gaji Rp 1.000.000
Kas Rp 1.000.000
(Jurnal pembayaran gaji karyawan)
31/08/2022Biaya Overhead Pabrik Rp 17.600.000
BOP Anggaran Rp 17.600.000
(jurnal penetapan anggaran bop)
BOP Anggaran Rp 17.600.000
Harga Pokok Produksi Rp 400.000
BOP Aktual - Bahan Baku Rp 17.600.000
BOP Aktual - Tenaga Kerja Rp 400.000
(Jurnal selisih biaya overhead pabrik

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Interview Tes Masuk Staff Accounting

Pertanyaan dan Soal Pilihan Ganda Tentang Job Order Costing

Pertanyaan dan soal pilihan ganda tentang job order costing berlaku pada perusahaan manufaktur. Contoh tes masuk kerja operator produksi perlu dipertimbangkan agar terjadi kenaikan jabatan dari operator produksi menjadi admin atau manajer sesuai kemampuan yang dimiliki serta dedikasi ke perusahaan.

Contoh perhitungan job order costing dan jurnal pencatatannya wajib dibuat agar setiap pemakaian kekayaan perusahaan diperbaiki dengan jelas. Proses pemeriksaan informasi keuangan dapat dilakukan setiap satu tahun sekali sebelum masa pelaporan spt tahunan orang pribadi dan badan usaha ke dirjen perpajakan.

Perbedaan BOP dibebankan dan BOP aktual terletak pada pengeluaran sebenarnya yang dibuat perusahaan. BOP dibebankan adalah anggaran yang disepakati ketika membuat formula produk. Setiap kelebihan pemakaian bop akan dikenakan pembayaran produk yang dialokasikan ke harga pokok produksi.

Baca Juga: Karakteristik Process Costing

Demikian contoh perhitungan job order costing dan jurnal pencatatan akuntansi biaya. Biaya adalah setiap pengorbanan kas perusahaan dimasa sekarang atau dimasa depan yang berpengaruh terhadap komposisi penghasilan dan pajak badan yang harus disetorkan perusahaan saat pelaporan spt tahunannya

0 Response to "Contoh Perhitungan Job Order Costing dan Jurnal Pencatatannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel