Contoh Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Method)

Konten [Tampil]

Contoh jurnal kas kecil metode dana tetap atau imprest method merupakan aktivitas pengelolaan kas kecil untuk tujuan pembayaran tagihan dengan nominal kurang material. Material adalah tingkatan dimana kesalahan dalam perhitungan berakibat pada kesalahan dalam pengambilan keputusan taktis manajemen keuangan.

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap harus segera dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam perhitungan pemakaian aset perusahaan. Kas kecil merupakan metode pembayaran yang paling efektif karena tidak akan terpotong pajak penghasilan atas invoice yang diberikan.

Jelaskan pengisian kembali dana kas kecil menggunakan metode imprest dilakukan agar saldo kas kecil sama seperti ketika terjadi pembentukan. Transaksi apa yang menggunakan metode pembayaran kas kecil yaitu segala aktivitas perusahaan yang berakibat pada pengurangan saldo kas di bank setiap periodenya.

Contoh Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Method)

Imprest Fund System dan Fluctuative Fund System

Imprest fund system dan fluctuative fund system merupakan metode pengelolaan dana kas kecil untuk tujuan pelaporan pajak pertambahan nilai dan pajak penghasilan. Kas kecil merupakan metode pembayaran yang paling efektif dan memiliki risiko kecil ketika terjadi penurunan nilai saat inflasi terjadi.

Imprest fund system adalah sistem perhitungan dan pengelolaan dana kas kecil dimana perusahaan akan mencatat pengeluaran kas pada saat terjadi pengisian kembali. Bukti transaksi terjadinya pengeluaran kas adalah invoice yang diterbitkan oleh lawan transaksi dan stampel sudah dibayar yang telah dikeluarkan pihak kasir.

Fluctuative fund system adalah sistem perhitungan dan pengelolaan dana kas kecil dimana perusahaan akan mencatat pengeluaran kas pada saat transaksi terjadi. Setiap kali pengisian kas kecil akan menghasilkan saldo yang berbeda-beda bergantung pada tingkat penggunaan dana dan penerimaan kas oleh kasir.

Baca Juga: Cara Mencari Laporan Keuangan Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Contoh Kasus Perhitungan Kas Kecil Metode Dana Tetap

Contoh kasus perhitungan kas kecil metode dana tetap diperlukan sebagai upaya entitas melaksanakan pembayaran tagihan dengan nominal kurang material. Materialitas adalah tingkatan dimana kesalahan dalam perhitungan berakibat pada kesalahan dalam pengambilan keputusan oleh pemegang saham perusahaan.

Contoh soal dana kas kecil metode imprest dan fluktuatif dipergunakan setiap periodenya ketika terjadi permintaan pencairan cek. Penggunaan cek sebagai metode pembayaran hanya efektif ketika entitas melaksanakan pembayaran dalam jumlah besar dan memerlukan transaksi di perbankan luar negeri.

Contoh soal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap terjadi pada PT Rafinternet yang telah mengeluarkan biaya sebesar Rp 47.000.000 selama satu periode. PT Rafinternet menetapkan saldo kas kecil sebasar Rp 50.000.000 untuk membantu aktivitas bisnis. Buatlah jurnal pengisian kembali saldo kas kecil?

Baca Juga: Contoh Kasus Penjualan Barang Dagang oleh Induk Perusahaan kepada Anak Perusahaan

Contoh Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tetap

Contoh jurnal kas kecil metode dana tetap dan tidak tetap terdiri dari aktivitas penetapan saldo kas kecil, penggunaan kas kecil untuk pembayaran dan pengisian kembali saldo kas. Pengeluaran apa saja yang memerlukan kas? yaitu setiap biaya yang tidak mendapatkan otorisasi sebagai pembelian dan penjualan kredit.

Contoh jurnal kas kecil metode imprest dan metode fluktuasi hendaknya dijadikan dasar dalam catatan atas laporan posisi keuangan. Saldo awal piutang dan hutang dagang harus diterbitkan setiap harinya mengikuti aktivitas penjualan dan pembelian barang dagang sehingga mutasi barang dagang dapat berjalan.

Jurnal penyesuaian kas kecil hanya dilakukan ketika entitas menggunakan metode dana tetap. Pada metode fluktuasi, nilai saldo kas kecil akan berbeda setiap kali pengisian karena mengikuti jumlah cek yang dicairkan. Adapun jurnal pembentukan saldo kas kecil yang dapat dibuat oleh perusahaan sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
05/03/2022Petty Cash Rp 50.000.000
Cash in Mandiri Bank Rp 50.000.000
(Created petty cash journal)

Jurnal penyesuaian untuk pengisian kembali saldo kas kecil harus dibuat ketika kasir mengajukan pencairan cek. Setiap kali pencairan cek, nilainya harus sama dengan bukti transaksi yang telah dicap lunas oleh perusahaan. Adapun jurnal pengisian kembali saldo kas kecil metode imprest sebagai berikut:

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/03/2022All in Expance Rp 47.000.000
Cash in Mandiri Bank Rp 47.000.000
(Refill petty cash journal)

Baca Juga: Jurnal Mencatat Persediaan Barang Dagang dengan Metode FIFO

Demikian contoh jurnal kas kecil metode dana tetap atau imprest fund system dalam materi akuntansi keuangan menengah. Kas dan setara kas menjadi akun yang memiliki risiko bawaan dan risiko pengendalian sehingga perlu dibuatkan laporan arus kas operasional, investasi dan pendanaan setiap periode.

0 Response to "Contoh Jurnal Kas Kecil Metode Dana Tetap (Imprest Method)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel