Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan job order costing. Perusahaan yang menggunakan metode harga pokok pesanan terdiri dari perusahaan jasa, perusahaan dagang dan perusahaan manufaktur dengan membedakan biaya-biaya untuk memperoleh aktiva tetap.

Contoh soal dan cara menghitung biaya berdasarkan pesanan menjadi materi akuntansi biaya. Karakteristik metode harga pokok pesanan adalah barang produksi hanya dapat digunakan oleh pembeli karena tidak sesuai dengan standar yang dikeluarkan perusahaan.

Jurnal transaksi sistem perhitungan biaya berdasarkan proses terdiri dari biaya pembelian dan pemakaian bahan baku, biaya penentuan gaji dan tarif pajak penghasilan dan biaya selisih BOP dibebankan dan BOP aktual. Kartu pesanan dapat menjadi dasar dalam menghitung seluruh biaya yang timbul karena kegiatan produksi.

Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan


Contoh Perusahaan yang Menggunakan Metode Harga Pokok Pesanan

Contoh perusahaan yang menggunakan metode harga pokok pesanan seharusnya menjadi dasar dalam pengenaan pajak penghasilan. Perbedaan biaya pesanan dan biaya proses adalah perhitungan biaya yang terjadi ketika entitas mengeluarkan perintah mengerjakan produk dengan spesifikasi yang diminta pelanggan.

Apakah perusahaan jasa dapat menggunakan sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan tentu dapat dilakukan tetapi memiliki metode pembebanan biaya yang berbeda. Berikut ini yang termasuk biaya produksi pesanan adalah seluruh pengeluaran perusahaan dalam rangka memenuhi spesifikasi produk pelanggan.

Contoh perusahaan yang menggunakan metode harga pokok pesanan terdiri dari perusahaan dagang dan perusahaan jasa. Cara membuat kartu pesanan untuk produk pesanan seharusnya dilakukan agar dapat membeli bahan baku dan penggunaan tenaga kerja langsung atas produk yang telah dipesan oleh pelanggan.

Baca Juga: Format Kartu Harga Pokok Pesanan

Contoh Jurnal Transaksi Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan akan melibatkan pencatatan seluruh pengeluaran perusahaan agar dapat memenuhi pesanan pembeli. Karakteristik biaya pesanan adalah seluruh biaya yang timbul karena proses produksi akan ditanggung oleh pembeli termasuk margin keuntungan.

Contoh jurnal transaksi perhitungan biaya berdasarkan pesanan disebut metode job order costing. Perusahaan yang melaksanakan kegiatan tersebut akan melibatkan pencatatan biaya bahan baku dan biaya tenaga kerja sesuai dengan kegiatan utama perusahaan. Transaksi adalah arus kas masuk dan keluar perusahaan.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan harus dijadikan bagian dalam menentukan harga pokok penjualan. Harga pokok penjualan adalah pengeluaran perusahaan yang digunakan untuk menciptakan persediaan barang jadi agar dapat digunakan menghasilkan pendapatan tahun berjalan.

Baca Juga: Langkah-Langkah Membuat Kartu Pesanan Transaksi Biaya Produksi

Contoh dan Cara Membuat Kartu Pesanan Transaksi

Contoh dan cara membuat kartu pesanan transaksi digunakan sebagai dasar menentukan laba dan rugi per departemen. Alokasi biaya departemen pembantu ke departemen produksi akan menghasilkan informasi tentang pengeluaran perusahaan dalam rangka menciptakan produk pesanan pembeli.

Cara membuat kartu pesanan transaksi diatas adalah menghitung seluruh biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik. Job order costing memerlukan pencatatan biaya yang dikeluarkan karena berpengaruh terhadap laporan laba rugi per departemen yang digunakan perusahaan.

Contoh soal dan jawaban sistem perhitungan biaya berdasarkan pesanan terjadi pada PT Masraffi yang membeli bahan baku sebesar 77.000.000 dan dipakai sebesar 77%. Tenaga kerja langsung yang digunakan sebesar Rp 90.000.000 dan dipotongkan PPh pasal 21 sebesar 5%. Buatlah jurnal transaksi job order costing.

TanggalKeterangan Debit Kredit
03/03/2021Persediaan Bahan Baku Rp 77.000.000
Hutang Usaha Rp 77.000.000
(Jurnal Pembelian Bahan Baku)
04/03/2021PDP - Bahan Baku Rp 39.724.300
BOP Aktual Rp 11.865.700
Persediaan Bahan Baku Rp 51.590.000
(Jurnal Pemakaian Bahan Baku)
12/03/2021Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 90.000.000
Hutang Gaji dan Upah Rp 85.500.000
Hutang PPh Pasal 21 Rp 4.500.000
(Jurnal Penentuan Upah dan Gaji Karyawan)
14/03/2021PDP - Biaya Tenaga Kerja Rp 81.000.000
BOP Aktual Rp 9.000.000
Biaya Tenaga Kerja Langsung Rp 90.000.000
(Jurnal Pendistribusian Upah dan Gaji)

Baca Juga: Cara Menghitung Biaya Bahan Baku per Unit Produksi

Demikian contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan pesanan semoga dapat membantu alokasi biaya departemen pendukung ke departemen produksi. Penentuan tarif BOP dibebankan harus mengikuti standar yang ditetapkan perusahaan dalam rangka penganggaran biaya overhead pabrik.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel