Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang tidak bergerak berarti perusahaan menjual aktiva tetap kepada pihak ketiga menggunakan metode pembayaran cicilan. Keuntungan penjualan angsuran bagi perusahaan adalah memperoleh tambahan penghasilan bunga atas tagihan yang belum dibayarkan pelanggan.

Perhitungan bunga dalam penjualan angsuran mengikuti kebijakan tarif bunga efektif, bunga tetap dan suku bunga menurun. Konsep penjualan angsuran berisikan materi akuntansi keuangan lanjutan beserta informasi tentang pengeluaran kas dan setara kas atas laba yang diakui pada saat penjualan terjadi.

Contoh soal penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari dapat terjadi pada berbagai macam aktiva seperti persediaan barang bergerak atau aset tetap. Laba penjualan cicilan dapat diakui pada saat penjualan terjadi atau dilakukan perhitungan secara proporsional atas penerimaan tagihan yang terbayarkan.

Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak


Pengertian Penjualan Angsuran Menurut Para Ahli

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah jenis jualbeli dimana pelanggan diberikan hak untuk membayarkan pesanan setelah barang diterima dibeberapa hari kedepannya. Keuntungan penjualan angsuran bagi perusahaan adalah meningkatkan omzet tahun berjalan dan memperluas daerah pemasaran.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari adalah penjualan kendaraan bermotor yang menawarkan metode pembayaran secara cicilan untuk beberapa tahun kedepan. Keuntungan penjualan angsuran bagi pembeli adalah meningkatkan daya beli untuk produk yang tidak dapat dibayarkan secara tunai.

Pengertian penjualan angsuran menurut para ahli adalah kegiatan berdagang barang kena pajak dimana laba dapat diakui pada saat penjualan terjadi atau pada saat penerimaan kas. Bedanya akrual basis dan kas basis adalah tidakadanya akun yang berguna untuk mempresentasikan kejadikan dimasa lampau.

Baca Juga: Bedanya Penjualan Konsinyasi dan Angsuran

Contoh Soal Penjualan Angsuran Aktiva Tetap dan Jawabannya

Contoh soal penjualan angsuran aktiva tetap dan jawabannya akan terjadi ketika perusahaan setuju untuk memberikan kebijakan kredit. Termin pembayaran adalah jangka waktu yang diberikan perusahaan kepada pembeli untuk membayarkan sejumlah tagihan atas barang yang telah diterimanya.

Contoh soal penjualan angsuran aset tetap berarti perusahaan melakukan jual beli barang tidak bergerak. Barang tidak bergerak artinya aset tetap yang dimiliki guna melakukan kegiatan produksi atau membantu menciptakan pendapatan di tahun fiskal untuk menghindari koreksi fiskal positif atau negatif.

Contoh penjualan angsuran dalam kehidupan sehari-hari terjadi pada PT Rafinternet yang memutuskan menjual kendaraan secara kredit dengan harga Rp 74.900.000. Harga perolehannya Rp 34.230.000 dimana diberlakukan cicilan selama 2 semester dengan bunga 7%. Buatlah jurnal penjualan angsuran yang diperlukan?

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan dan Jurnalnya

Jurnal Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Aktiva Tetap

Jurnal penjualan angsuran barang bergerak dan aktiva tetap dibedakan dengan metode laba diakui pada saat penjualan terjadi atau laba diakui pada saat penerimaan kas. Kerugian laba diakui pada saat penjualan terjadi menyebabkan perusahaan tidak boleh mengakuinya dimasa mendatang.

Jurnal penjualan angsuran laba diakui pada saat penjualan terjadi atau pada saat penerimaan kas berakibat pada aktivitas tidak dapat dibayarkannya tagihan dan bunga penjualan angsuran oleh pembeli. Pembeli dapat melakukan tukar menukar aktiva tetap dengan metode angsuran per periodenya.

Contoh perhitungan bunga penjualan angsuran dapat dilakukan menurut kebijakan akuntansi yang berlaku. Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran seharusnya menerapkan suku bunga efektif karena mendapatkan bunga yang maksimal atas jual beli angsuran. Adapun jurnal penjualan angsuran adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
02/01/2021Piutang Angsuran Rp 74.900.000
Persediaan Barang Tidak Bergerak Rp 34.230.000
Laba Penjualan Rp 40.670.000
01/07/2021Kas Rp 40.071.500
Piutang Angsuran Rp 37.450.000
Pendapatan Bunga Rp 2.621.500
31/12/2021Piutang Bunga Rp 1.310.750
Pendapatan Bunga Rp 1.310.750
Laba Penjualan Rp 40.670.000
Laba Ditahan Rp 40.670.000
02/01/2022Kas Rp 38.760.750
Piutang Bunga Rp 1.310.750
Piutang Angsuran Rp 37.450.000

Baca Juga: Contoh Kasus Audit Piutang Usaha

Demikian contoh soal dan jawaban penjualan angsuran barang tidak bergerak dan barang bergerak yang menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan. Soal essay dan pilihan ganda dapat dijadikan makalah penjualan angsuran agar dapat mempelajari siklus akuntansi perusahaan dagang.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Penjualan Angsuran Barang Tidak Bergerak"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel