Contoh Kasus Keluarnya Anggota Sekutu Perubahan Pemilikan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh kasus keluarnya anggota sekutu perubahan pemilikan persekutuan menjadi hal yang dapat digunakan sebagai bukti perubahan persentase laba rugi. Pertanyaan tentang pembubaran persekutuan menjadi pilihan ganda akuntansi keuangan lanjutan tentang pembentukan firma dan likuidasi firma.

Contoh soal dan jawaban perubahan pemilikan persekutuan dapat dilakukan sebagai upaya memperluas pangsa pasar sehingga laba yang didapatkan semakin banyak pada tahun berjalan. Proses likuidasi dapat dilakukan secara serentak atau berangsur sesuai dengan kebijakan pembagian aktiva non kas yang telah berhasil dijual perusahaan.

Jika salah satu anggota sekutu meninggal dunia maka firma secara hukum dinyatakan dibubarkan. Setiap anggota dalam general partner disebut sekutu umum. Pemberian bonus atau goodwill pada sekutu yang mengundurkan diri dapat dilakukan karena hak sekutu lebih tinggi atau lebih rendah dari modal yang tercatat di perusahaan.

Contoh Kasus Keluarnya Anggota Sekutu Perubahan Pemilikan Persekutuan


Persoalan Akuntansi dalam Pembubaran Persekutuan

Persoalan akuntansi dalam pembubaran persekutuan dapat dilakukan agar sekutu-sekutu memperoleh haknya ketika mengundurkan diri. Keluarnya anggota sekutu lama harus menyelesaikan masalah keuangan baik menanggung kerugian dengan membayarkan menggunakan harta pribadi sekutu pasif.

Persoalan akuntansi dalam pembubaran persekutuan adalah masalah-masalah pembagian laba rugi atas modal yang telah diinvestasikan masing-masing sekutu. Penyebab pembubaran persekutuan adalah perubahan akta pendirian, dibubarkan melalui pengadilan dan pembuaran karena undang-undang.

Kesalahan yang sering terjadi dalam proses likuidasi persekutuan adalah perhitungan modal akhir dari masing-masing sekutu. Jelaskan persoalan akuntansi dalam pembubaran persekutuan adalah menentukan apakah sekutu memperoleh bonus atau goodwill pada tahun berjalan tersebut.

Baca Juga: Cara Melakukan Koreksi Fiskal Positif dan Negatif

Contoh Soal dan Jawaban Pembubaran Persekutuan Firma

Contoh soal dan jawaban pembubaran persekutuan firma dapat dilakukan agar masing-masing sekutu memperoleh keuntungan pada tahun berjalan. Penyebab terjadinya pembubaran persekutuan adalah salah satu anggota sekutu meninggal dunia sehingga harus diganti dengan ahli waris dengan proses perubahan akta pendirian.

Contoh soal pembubaran persekutuaan dan jawabannya akan menggunakan metode bonus dan metode goowill dalam mengakui adanya selisih modal dan hak sekutu yang diakui. Goodwill adalah nilai lebih yang dimiliki oleh anggota sekutu daripada sekutu lain seperti keahlian dan kemasyhuran nama yang dimilikinya.

Kasus pembubaran persekutuan dapat terjadi karena masing-masing anggota sekutu telah bersepakat mengakhiri kerjasamanya. Metode bonus adalah cara yang digunakan untuk mengalokasikan selisih antara modal dan hak sekutu lain ke masing-masing sekutu yang terlibat diperusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal Leasing dan Jawabannya

Contoh Kasus Keluarnya Anggota Sekutu Lama dan Pembahasannya

Contoh kasus keluarnya anggota sekutu lama dan pembahasannya terjadi ketika perusahaan mengalami kerugian tahun berjalan atau salah satu anggota sekutu meninggal dunia. Kesalahan yang sering terjadi pada proses likuidasi persekutuan adalah penentukan jumlah adanya goodwill atau bonus yang diterima oleh sekutu lainnya.

Contoh perubahan anggota persekutuan karena adanya anggota sekutu yang keluar dari persekutuan diakibatkan karena adanya kerugian tahun berjalan. Kerugian yang didapatkan persekutuan akan dialokasikan ke beberapa sekutu yang aktif dan pasif. Sekutu aktif akan memperoleh balas jasa yang lebih tinggi.

Contoh soal anggota sekutu keluar dari firma terjadi pada Persekutuan bersaudara yang memperoleh kerugian tahun berjalan. Kakraffi akan keluar dari persekutuan karena masalah manipulasi data keuangan dengan modal akhir sebesar Rp 84.500.000 dan diakui sebesar Rp 90.000.000. Buatlah jurnal mengakui adanya likuidasi persekutuan tersebut.

TanggalKeteranganDebitKredit
1 februari 2021Modal KakraffiRp 84.500.000
GoodwillRp 5.500.000
   KasRp 90.000.000

Baca Juga: Perbedaan Metode Bonus dan Metode Goodwill

Demikian contoh kasus keluarnya anggota sekutu perubahan pemilikan persekutuan semoga dapat membantu menjawab soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 tentang persekutuan. Pembagian laba rugi menjadi hasil akhir dari investasi yang telah dilakukan perusahaan.

0 Response to "Contoh Kasus Keluarnya Anggota Sekutu Perubahan Pemilikan Persekutuan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel