Contoh Kasus Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh kasus sewa guna usaha dan jawabannya menjadi bagian dari makalah materi akuntansi keuangan menengah. Akuntansi leasing terdiri dari sewa operasi dan sewa pembiayaan dimana perusahaan dapat memanfaatkan sewa guna usaha untuk menjalankan kegiatan operasinya.

Contoh soal akuntansi leasing dan jawabannya dapat dipergunakan perusahaan dalam mencatat sewa guna usaha dalam periode tersebut. Kasus operating leasing dan finance lease menjadi dasar dalam akad ijarah akuntansi syariah karena adanya perpindahan kepemilikan aktiva tetap pada akhir periode.

Contoh soal leasing manajemen keuangan adalah akad memindahkan fungsi dan manfaat aktiva tetap ke pihak lain dengan pembayaran jasa atas pinjaman aktiva tersebut. Ilustrasi transaksi finance leasing dimulai dari adanya perjanjian pembelian aktiva tetap oleh lessee pada awal periode kontrak.

Contoh Kasus Sewa Guna Usaha dan Jawabannya


Pengertian Sewa Operasi dan Sewa Pembiayaan Menurut Para Ahli

Pengertian sewa operasi dan sewa pembiayaan menurut para ahli adalah perjanjian antara pemilik barang untuk memberikan hak dan fungsi aktiva tetap selama periode tertentu kepada pihak lain. Sewa guna usaha diatur dalam pernyataan standar akuntansi keuangan (PSAK 30).

Pengertian operating lease dan finance lease menurut para ahli adalah kegiatan menyerahkan fungsi aktiva tetap kepada pihak lain dengan perjanjian perpindahan kepemilikan atau tidak. Perbedaan sewa pembiayaan dan sewa operasi adalah adanya hak perpindahan kepemilikan aktiva tetap setelah kontrak sewa berakhir.

Kelebihan dan kekurangan operating lease adalah perusahaan hanya membayarkan biaya sewa setiap periodenya dan tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan ketika aktiva tetap rusak. Ilustrasi transaksi finance lease diawali dengan adanya kontrak sewa tetapi penentuan jenis sewa didasarkan pada substansi transaksi yang terjadi.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Pemeriksaan Sewa Guna Usaha

Contoh Kasus Sewa Guna Usaha dan Jawabannya

Contoh kasus sewa guna usaha dan jawabannya berdampak pada laporan posisi keuangan tentang aktiva yang dimiliki perusahaan. Sewa pembiayaan adalah sewa yang akan mengalihkan kepemilikan dan resiko penggunaan aktiva kepada penyewa sehingga harus diakui sebagai aktiva perusahaan.

Kasus sewa guna usaha dapat berbentuk sewa operasi atau sewa pembiayaan. Apabila terjadi pembatalan kontrak leasing maka biaya sewa atau kerugian atas transaksi akan ditanggung oleh penyewa.

Ilustrasi transaksi finance leasing terjadi pada akhir periode dimana penyewa atau lessee memiliki hak untuk membeli aktiva yang disewa dengan harga yang lebih rendah atau tidak membelinya. Masa sewa guna usaha untuk capital lease biasanya selama umur manfaat aktiva tetap walaupun aktiva tidak dipindahtangankan.

Baca Juga: Contoh Perhitungan Bagi Hasil Profit Sharing dan Revenue Sharing

Contoh Soal Akuntansi Sewa dan Jawabannya

Contoh soal akuntansi sewa dan jawabannya dapat berbentuk operating lease dan finance lease. Sewa yang mengalihkan kepemilikan aktiva tetap pada akhir periode disebut finance lease. Sewa pembiayaan akan berdampak pada pengakuan biaya pemiliharaan dan aktiva pada laporan posisi keuangan.

Contoh soal akuntansi sewa guna usaha dan jawabannya menjadi salah satu langkah untuk menghemat arus kas keluar perusahaan. Perusahaan akan mengandalkan sewa operasi sebab perusahaan hanya membayar sewa pada akhir periode dan tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan.

Contoh soal akuntansi sewa pembiayaan dan jawabannya terjadi pada PT Rafinternet yang menyewa kendaraan dengan pembayaran perbulan adalah Rp 520.000 selama 5 tahun. Apabila biaya perolehan kendaraan sebesar Rp 51.200.000 dan disusutkan dengan metode garis lurus, Buatlah jurnal biaya sewa setiap bulannya?

TanggalKeteranganDebitKredit
31/12/2021Beban Sewa Rp 520.000
Kas di Bank Mandiri Rp 520.000

Baca Juga: Contoh Soal Aktiva dan Kewajiban Pajak Tangguhan

Demikian contoh kasus sewa guna usaha dan jawabannya semoga dapat membantu mengerjakan akuntansi sewa dan membuat jurnal transaksi sewa operasi dan sewa pembiayaan.

0 Response to "Contoh Kasus Sewa Guna Usaha dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel