Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca

Konten [Tampil]

Apa yang dimaksud dengan peristiwa setelah tanggal neraca adalah kejadian yang dialami perusahaan setelah akhir periode pelaporan tetapi sebelum laporan audit diotorisasi untuk diterbitkan oleh perusahaan. Subsequent events adalah pembayaran kas dan penerimaan kas yang telah dilakukan perusahaan pada setelah berakhirnya periode laporan keuangan.

Prosedur pemeriksaan subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan adalah tindakan akuntan publik untuk memberikan informasi bahwa perusahaan menggunakan prinsip keberlangsungan usaha ketika membuat laporan posisi keuangan. Tujuan pemeriksaan peristiwa setelah tanggal memastikan bahwa perusahaan telah mencatat dalam pembukuan jurnal sesuai keadaan sebenarnya yang telah terjadi.

Contoh soal dan jawaban audit pemeriksaan subsequent events dan penyelesaian pemeriksaan akan berkaitan dengan proses mengetahui pembayaran dan penerimaan kas yang seharusnya didapatkan oleh perusahaan. Adanya indikasi lawan transaksi mengalami kerugian pada akhir tahun menjadikan perusahaan harus menyesuaikan transaksi yang dimilikinya.

Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca


Pengertian Subsequent Events dan Contohnya

Pengertian subsequent events dan contohnya berkaitan dengan proses pemeriksaan terhadap kejadian yang terjadi pada masa setelah akhir periode laporan keuangan tetapi sebelum laporan keuangan diotorisasi untuk terbit. Contohnya adalah subsequent events dan subsequent collection.

Subsequent events adalah peristiwa setelah tanggal laporan posisi keuangan tetapi sebelum auditor mengakhir pemeriksaan lapangan. Contoh peristiwa yang memerlukan jurnal penyesuaian berkaitan dengan adanya peristiwa setelah tanggal penyesuaian diantaranya kerugian penurunan nilai piutang dan adanya tuntutan hukum dari klien.

Pengertian subsequent events dan contohnya memberikan pandangan bahwa tugas auditor tidak hanya memeriksan transaksi pada masa lalu tetapi juga mengantisipasi transaksi dimasa berikutnya yang memerlukan penyesuaian. Adanya transaksi pada masa depan dapat menjadi pedoman bagi akuntan publik dalam memeriksa laporan keuangan interim.

Baca Juga: Sanksi PKP Tidak Melaporkan SPT PPN 1111

Sifat dan Contoh Subsequent Events

Sifat dan contoh subsequents events akan berpengaruh terhadap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan. Peristiwa setelah tanggal neraca yang memerlukan penyesuaian dan tidak memerlukan penyesuaian diharuskan diterangkan dalam catatan atas laporan keuangan perusahaan pada akhir tahun pajak.

Sifat dan contoh subsequent events akan memberikan bantuan kepada akuntan publik untuk mengkategorikan transaksi yang dikenakan. Peristiwa setelah tanggal neraca yang memerlukan jurnal penyesuaian hanyalah yang dapat mempengaruhi transaksi pada akhir periode laporan keuangan.

Sifat dan contoh subsequent events dapat dilakukan untuk mencegah adanya windows dressing dan manajemen laba perusahaan. Contoh kasus pemeriksaan subsequent events dan penyelesaian pemeriksaan berguna untuk mengatasi adanya indikasi kecurangan yang mungkin dilakukan klien perusahaan.

Baca Juga: Prosedur Audit dan Tujuan Pemeriksaan Perkiraan Atas Laba Rugi

Contoh Kasus Pemeriksaan Subsequent Events dan Penyelesaian Pemeriksaan

Contoh kasus pemeriksaan subsequent events dan penyelesaian pemeriksaan akan dilakukan guna menghindari indikasi kecurangan dengan melakukan manajemen laba atau windows dressing. Adanya kemungkinan perusahaan mencatat liabilitas dibawah hutang yang sebenarnya terjadi dan aktiva diatas kepemilikan asset akan menjadikan perusahaan dianggap telah melakukan kecurangan.

Contoh kasus pemeriksaan subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan dapat berlangsung dengan cepat karena hanya memeriksa kejadian setelah tanggal neraca. Pembayaran dan penerimaan kas setelah tanggal neraca dianggap sebagai transaksi selanjutnya dan tidak memerlukan jurnal penyesuaian.

Contoh soal dan jawaban pemeriksaan subsequent events dan penyelesaian pemeriksaan dilakukan dengan mempertimbangkan efek dari transaksi dengan pelanggan. Barang dalam pengiriman pada akhir tahun dan kemungkinan adanya piutang yang tidak tertagih karena pelanggan bangkrut akan terjadi diperusahaan.

Baca Juga: Komponen Laporan Laba Rugi Yang Harus Diperhatikan Ketika Audit

Demikianlah apa yang dimaksud dengan peristiwa setelah tanggal neraca semoga dapat memahami bagaimana prosedur audit dan tujuan pemeriksaan subsequent event dan penyelesaian pemeriksaan

0 Response to "Apa Yang Dimaksud Dengan Peristiwa Setelah Tanggal Neraca"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel