Contoh Soal dan Jawaban Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban tukar tambah penjualan angsuran seharusnya menjadi dasar tentang pertanyaan tentang penjualan angsuran. Apa saja ketentuan akuntansi pada laba diakui proporsional dalam penerimaan kas berkaitan dengan penggunaan metode akrual penjualan angsuran.

Tukar tambah dalam penjualan angsuran merupakan tindakan pembelian yang dilakukan dengan menukarkan barang yang dimiliki pembeli untuk mendapatkan barang baru. Pengakuan laba kotor dalam penjualan angsuran berkaitan dengan metode proporsional penerimaan kas atau metode akrual.

Contoh soal penjualan angsuran barang dagang dan barang tak begerak tentunya seperti cicilan kredit motor. Karakteristik penjualan angsuran adalah pembayaran atas penjualan tersebut dilakukan secara cicilan. Penjualan angsuran berbeda dengan penjualan kredit sebab adanya bunga yang terdapat pada transaksi penjualan tersebut.

Contoh Soal dan Jawaban Tukar Tambah Penjualan Angsuran


Pengertian Tukar Tambah dalam Penjualan Angsuran

Pengertian tukar tambah dalam penjualan angsuran adalah tindakan penjualan yang menggunakan aset pembeli sebagai tambahan pembayaran atas barang dagang. Pertanyaan tentang penjualan cicilan adalah perbedaan penjualan angsuran dengan penjualan kredit.

Pengertian tukar tambah dalam penjualan angsuran adalah materi akuntansi keuangan lanjutan. Karakteristik penjualan angsuaran diantaranya pembayaran barang akan dilakukan secara cicilan untuk beberap aperiode.

Tukar tambah dalam penjualan angsuran adalah penjualan barang tak bergerak dan barang bergerak dimana pembeli memberikan barang yang dimilikinya sebagai pengurang penjualan. Materi penjualan angsuran untuk smk pada dasarnya mirip akuntasi keuangan lanjutan.

Baca Juga: Contoh Soal Likuidasi Persekutuan Secara Bertahap

Karakteristik Penjualan Angsuran dan Pengakuan Laba Kotor pada Penjualan Angsuran

Karakteristik penjualan angsuran adalah adanya pembayaran secara cicilan setiap periode yang dilakukan pembeli. Penjual diharuskan mengakui adanya laba rugi penjualan angsuran setiap bulan untuk menghindari adanya kegagalan pembayaran pembeli.

Pengakuan laba kotor pada penjualan angsuran adalah metode alokasi keuntungan yang diperoleh dari penjualan cicilan. Laba penjualan angsuran dapat diakui dengan metode akrual dan metode kas. Makalah penjualan angsuran menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan.

Pengakuan laba kotor pada penjualan angsuran dapat dilakukan dengan metode akrual dan metode kas. Laba dan rugi penjualan angsuran akan berakibat keuntungan dan kerugian dari adanya kegagalan penjualan angsuran karena pembeli tidak membayar cicilan.

Baca Juga: Contoh Soal Masalah Lain Kantor Cabang

Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Contoh soal tukar tambah penjualan angsuran akan terjadi bagi perusahaan leasing atau sewa guna usaha. Contoh penjualan angsuran sehari-hari seperti penjualan motor, penjualan barang bergerak, penjualan barang dagang.

Contoh soal dan jawaban tukar tambah dalam penjualan angsuran terjadi pada PT Rafinternet yang penukaran barang kepada PT Masraffi. Adapun perjanjian penjualan cicilan yang harus disepakati dengan tukar tambah adalah.

Harga Pesawat BekasRp120.000.000
Harga Pesawat BaruRp200.000.000
HPP Pesawat BaruRp134.000.000
Biaya PerbaikanRp21.000.000
Harga setelah perbaikan Rp143.000.000
Laba kotor Penjualan25%

Tukar tambah dalam penjualan angsuran akan diperhitungkan oleh penjual, adapun perhitungan cadangan laba rugi selisih harga pertukaran adalah

Harga Pesawat Bekas yang DisetujuiRp120.000.000
Harga Jual Setelah PerbaikanRp143.000.000
Laba Kotor Rata-Rata-Rp35.750.000
Biaya Perbaikan-Rp21.000.000
HPP Tukar TambahRp86.250.000
Cadangan Selisih Harga PertukaranRp33.750.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran Barang Tak Bergerak

Jurnal Transaksi Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Jurnal transaksi tukar tambah penjualan angsuran harus mempertimbangkan cadangan selisih harga pertukaran. Harga barang pembeli akan diakui sebagai persediaan barang dagang oleh penjual.

Adapun jurnal transaksi tukar tambah penjualan angsuran yang harus dibuat adalah

TanggalKeteranganDebitKredit
01 September 2020Pesawat BekasRp86.250.000
Cadangan Selisih Harga PertukaranRp33.750.000
Piutang Rp80.000.000
Penjualan AngsuranRp200.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Konsolidasi Pada Anak Perusahaan yang Dimiliki Angsuran

Demikianlah contoh soal dan jawaban tukar tambah penjualan angsuran semoga dapat mengetahui pengertian tukar tambah dan pertanyaan penjualan cicilan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Tukar Tambah Penjualan Angsuran"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel