Pertanyaan dan Contoh Soal Masalah Lain Kantor Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal masalah lain kantor cabang berkaitan dengan adanya kenaikan laba persediaan barang diatas harga pokok. Makalah hubungan antara kantor pusat dan cabang masalah khusus terjadi ketika perusahaan memiliki 2 kantor cabang atau lebih.

Pertanyaan masalah lain kantor cabang tentunya terjadi transfer kas antar cabang. Pengiriman barang dagangan diatas harga pokok menjadikan kantor pusat mencatat laba kantor cabang lebih rendah daripada yang seharusnya terjadi.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor cabang akan memberikan materi akuntasi keuangan lanjutan. Perbedaan kantor pusat dan kantor cabang harus dimengerti agar transaksi transfer barang dagang dan transfer uang antar cabang dapat terjadi.

Pertanyaan dan Contoh Soal Masalah Lain Kantor Cabang


Contoh Soal dan Jawaban Hubungan Antara Kantor Pusat dan Cabang

Contoh soal hubungan antara kantor pusat dan cabang terjadi ketika transfer kas antar cabang dan pengiriman barang dagang diatas harga pokok dapat terjadi. Jelaskan penjurnalan akuntansi anggaran jika menggunakan pendekatan kantor pusat dan kantor cabang tentunya berkaitan dengan agen penjualan.

Contoh soal dan jawaban hubungan antara kantor pusat dan cabang masalah khusus dapat terjadi ketika pengiriman barang diatas harga pokok tidak berhasil terjual pada akhir periode. Transfer kas antar cabang mengakibatkan penjualan.

Contoh soal hubungan antara kantor pusat dan kantor cabang harus mengetahui terlebih dahulu materi akuntansi keuangan lanjutan. Perbedaan kantor pusat dan kantor cabang tentunya terjadi sebab adanya metode desentralisasi dan sentralisasi yang digunakan perusahaan pusat.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Perubahan Kepemilikan Firma

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor cabang terjadi ketika pengiriman barang dagang diatas harga pokok terjadi. Kegiatan dalam departemen cabang dan pusat seharusnya dilakukan setiap periode agar proses pembuatan laporan keuangan gabungan bisa dilakukan.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor cabang dan jawabannya terjadi ketika PT. Rafinternet mengirimkan persediaan ke kantor cabang sebesar Rp 60.000.000 yang dinaikkan dari harga pokok pembelinya sebesar 15%. 

Pengiriman barang dagang diatas harga pokok berhasil dijual oleh kantor cabang sebesar Rp 97.000.000, kantor cabang akan memberikan laporan kepada kantor pusat pada akhir periode.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Amortisasi Aktiva Tetap

Contoh Soal dan Pertanyaan Masalah Lain Kantor Cabang

Contoh soal masalah lain kantor cabang menjadi pertanyaan bagi kantor pusat untuk membuat jurnal penyesuaian. Kantor pusat akan mencatat laba bersih yang lebih kecil dari yang sebenarnya dihasilkan kantor cabang sehingga harus dilakukan penyesuaian terhadap transaksi tersebut.

Contoh soal dan jawaban masalah lain kantor cabang harus dibuatkan jurnal penyesuaian oleh kantor pusat sebagai berikut.

TransaksiJurnal Kantor Pusat
- Penjualan barang ke cabang R/K Kantor CabangRp60.000.000
Pengiriman Barang DagangRp45.000.000
Laba kenaikan harga barangRp15.000.000
- Penjualan Barang Oleh Kantor CabangR/K Kantor CabangRp40.000.000
Rugi Laba Kantor CabangRp40.000.000
- Penyesuaian saldo kenaikan harga barangLaba Kenaikan harga barangRp15.000.000
Rugi Laba Kantor CabangRp15.000.000
- Jurnal Penutup Kanto CabangRugi laba kantor cabangRp55.000.000
Laba DitahanRp55.000.000

Bagaimana cara menghitung selisih harga pokok persediaan barang dagang kantor cabang dan pengiriman barang dagang kantor pusat harus dilakukan. Jurnal penyesuaian kantor cabang sebagai berikut.

TransaksiJurnal Kantor Cabang
- Penjualan barang ke   cabang Penerimaan barang dari pusatRp60.000.000
R/K Kantor PusatRp60.000.000
- Penjualan Barang Oleh Kantor   CabangRugi Laba Kantor PusatRp40.000.000
R/K Kantor PusatRp40.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Laporan Keuangan Gabungan Kantor Pusat dan Cabang

Demikian contoh soal masalah lain kantor cabang dan kantor pusat semoga dapat membantu memahami materi akuntansi keuangan lanjutan ya.

0 Response to "Pertanyaan dan Contoh Soal Masalah Lain Kantor Cabang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel