Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan menjadi pembahasan yang harus dipahami sebab adanya anggota sekutu yang sudah memiliki usaha dan anggota sekutu yang belum memiliki usaha. Isi laporan keuangan firma harus disesuaikan dengan PSAK yang berstandard IFRS.

Firma didirikan dari perusahaan perseorangan dan anggota lain tidak punya usaha menjadi permasalahan yang harus dibuatkan akta pendirian. Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma harus segera dibuatkan akta pendirian agar dapat menyelesaikan permasalahan.

Contoh laporan keuangan firma bergantung bagaimana anggota firma didirikan oleh perusahaan perseorangan dan anggota lain tidak punya usaha. Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 disesuaikan dengan materi AKL 1.

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan


Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan berkaitan dengan isi akta pendirian firma. Perbedaan firma dan peseroan terbatas harus diketahui sebelum melakukan pencatatan anggota masuk firma. Akuntansi pendirian firma bergantung apakah anggota sekutu sudah memiliki usaha atau anggota sekutu belum memiliki usaha.

Contoh soal persekutuan akuntansi keuangan lanjutan sebaiknya dilakukan dengan memilih melanjutkan buku anggota yang sudah memiliki usaha atau membuat buku baru dengan menutup seluruh transaksi yang pernah dilakukan. Kasus firma puspitasari dan kunci jawaban firma solok indah menjadi materi akl yang selalu dikerjakan.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan harus memperhatikan karakteristik firma. Ciri-ciri firma dan karakteristik persekutuan sebagai berikut ini.

  • Mutual agency.
  • Limited life
  • Unlimited liability
  • Ownershop of an interest in a partnership

Contoh Soal Firma Didirikan oleh Perusahaan Perseorangan dan Anggota Lain Tidak Punya Usaha

Contoh soal firma didirikan oleh perusahaan perseorangan dan anggota lain tidak punya usaha dapat menggunakan pencatatan seperti menggunakan buku anggota sekutu yang ada atau menutup seluruh transaksi dan membuat buku baru.

Contoh soal firma didirikan oleh perusahaan perseorangan dan anggota lain tidak punya usaha akan memperlihatkan isi akta pendirian dan laporan keuangan firma. Contoh laporan keuangan firma hampir mirip dengan annual report perusahaan pada umumnya.

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma bergantung kepada neraca saldo awal pendirian. Apabila anggota sekutu sudah memiliki usaha maka isi laporan keuangan firma sebagai berikut ini.

CV   RAFINTERNET
PER 31 Desember 2020
ASETPASSIVA
Kas Rp 30.000.000 Hutang Usaha Rp 14.000.000
Piutang Rp 20.000.000 Hutang Bank Rp 28.000.000
Kendaraan Rp 40.000.000
Gedung Rp 50.000.000 Modal Rafinternet Rp 98.000.000
Total Rp 140.000.000 Total Rp 140.000.000

Baca Juga: Pertanyaan Pilihan Ganda dan Soal Essay Persekutuan Firma

Contoh Soal dan Jawaban Tentang Pembentukan Firma Persekutuan

Contoh soal dan jawaban tentang pembentukan firma persekutuan tentu bergantung apakah melanjutkan menggunakan pencatatan sekutu yang sudah memiliki usaha atau membuat buku baru. Kasus firma puspita sari sering menjadi pertanyaan essay dan pilihan ganda bagi mahasiswa.

Contoh soal akuntansi pembentukan persekutuan terjadi ketika Kakraffi memutuskan bekerjasama membentuk firma. Pendirian firma rafinternet akan melanjutkan buku dari anggota sekutu dan anggota lain hanya menyetorkan aset yang dimilikinya.

Isi laporan keuangan firma persekutuan harus disesuaikan dengan keadaan sebenarnya. Makalah akuntansi firma seharusnya menjadi dasar bagi mahasiswa menentukan nilai wajar item laporan keuangan. Berdasarkan akta pendirian firma, didapatkan informasi bahwa pihak rafinternet melakukan pembayaran hutang sebesar Rp 2.000.000 dan menarik kendaraan sebagai modal awal pendirian firma.

Ayat jurnal pendirian firma yang dibuat oleh pihak rafinternet sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 Juli 2020Hutang Bank Rp 2.000.000
Modal Rafinternet Rp 38.000.000
Kendaraan Rp 40.000.000

Anggota firma baru menyetorkan kas sebesar Rp 10.000.000 dan kendaraan sebesar Rp 25.000.000. Ayat jurnal untuk mencatat pendirian firma sebagai berikut.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 Juli 2020Kendaraan Rp 25.000.000
Kas Rp 10.000.000
Modal Kakraffi Rp 35.000.000

Baca Juga: Contoh Soal Pembubaran Firma Persekutuan

Demikianlah contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan semoga dapat membantu mengetahui isi laporan keuangan firma dan format neraca saldo awal pendirian firma dalam akta pendirian.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Persekutuan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel