Contoh Kasus Dual Dating dalam Laporan Audit

Konten [Tampil]

Contoh kasus dual dating atas laporan audit independen dalam kondisi seperti apa auditor dapat memberi tanggal ganda dalam dual dating pada laporan audit. Tanggal laporan akuntan harus sama dengan tanggal selesainya pekerjaan lapangan dan surat pernyataan langganan. 

Apa alasan pemberian tanggal ganda (dual dating atas laporan audit) berkaitan dengan sampai dimanakah tanggungjawab untuk menjelaskan hal-hal penting yang terjadi. Apabila setelah tanggal pekerjaan lapangan terjadi peristiwa yang penting dalam jumlah material maka harus dijelaskan dalam catatan atas laporan keuangan.

Dalam kondisi seperti apa auditor dapat memberi tanggal ganda dual dating pada laporan audit pada saat belum laporan audit belum dikeluarkan maka auditor harus menjelaskan kejadian tersebut pada catatan atas laporan keuangan.

Contoh Kasus Dual Dating dalam Laporan Audit


Jelaskan Tanggal Ganda Dalam Laporan Audit

Jelaskan tanggal ganda dalam laporan audit adalah tanggal dimana auditor sudah mendapatkan bukti audit yang cukup untuk memberikan opini atas laporan keuangan perusahaan. Tanggal laporan auditor tidak diperbolehkan lebih awal dari tanggal auditor mendapatkan bukti cukup dan tepat untuk mendasari memberikan opini.

Tanggal ganda dalam laporan audit berasal dari tanggal selesainya pemeriksaan lapangan dan tanggal terjadinya peristiwa penting. Opini wajar tanpa pengecualian diberikan kepada perusahaan yang hanya mendapatkan opini audit going concern.

Peristiwa kemudian dan dual dating sering terjadi pada perusahaan yang mendapatkan kejadian luar biasa. Pemberian tanggal ganda dalam laporan audit pada dasarnya harus sama dengan tanggal klien representation letter dan audit field.

Baca Juga: Contoh Soal Audit Terhadap Laporan Keuangan Konsolidasi

Apa Alasan Pemberian Tanggal Ganda Dual Dating Atas Laporan Audit

Apa alasan pemberian tanggal ganda (dual dating atas laporan audit) menjadi keharusan karena menentukan sampai dimanakah tanggungjawab auditor terhadap kewajaran laporan keuangan. Laporan audit independen harus berisikan sebagai berikut.

  1. Lembaran opini
  2. Laporan keuangan tahunan perusahaan

Apa alasan pemberian tanggal ganda pada laporan audit terjadi setelah adanya peristiwa penting yang jumlahnya material dan memiliki pengaruh besar terhadap kewajaran laporan keuangan sehingga auditor harus menjelaskannya pada catatan atas laporan keuangan.

Apa alasan pemberian tanggal ganda pada laporan audit tidak diperkenankan untuk memberikan tanggal lebih awal dari tanggal setelah auditor mendapatkan bukti audit yang cukup dan tepat untuk menilai kewajaran laporan keuangan.

Baca Juga: Contoh Soal Subsequent Period

Contoh Kasus Dual Dating / Tanggal Ganda Dalam Laporan Audit

Contoh kasus dual dating tanggal ganda dalam laporan audit terjadi ketika tanggal pertama adalah tanggal selesainya pekerjaan lapangan auditor dan tanggal kedua adalah tanggal terjadinya peristiwa penting. 

Contoh kasus dual dating tanggal ganda dalam laporan audit terjadi pada KAP Masraffi yang mendapatkan pekerjaan melakukan audit laporan keuangan periode 2020. Tanggal 27 februari 2021 menjadi batas peristiwa setelah tanggal laporan keuangan.

Contoh kasus tanggal ganda dalam laporan audit terjadi ketika peristiwa luar biasa yakni terjadinya kebakaran gudang pada tanggal 5 mei 2021 yang menyebabkan kerugian material. Sedangkan tanggal penyelesaian laporan audit adalah 5 juni 2021.

Peristiwa kemudian dan tanggal dating terjadi dimana audit report dapat dibuat pada tanggal 27 februari 2021 dan 5 mei 2021. Akuntan publik dapat memperpanjang jangka waktu pekerjaan lapangan sampai tanggal 5 mei 2021 sehingga audit field work dapat diperpanjang.

Baca Juga: Standar Auditing yang Berlaku Umum dan Penjelasannya

Demikian contoh kasus dual dating dalam laporan audit semoga dapat memahami kapan harus menentukan tanggal audit filed work yang dicatat dalam laporan audit independen ya.


0 Response to "Contoh Kasus Dual Dating dalam Laporan Audit"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel