Contoh Soal dan Jawaban Pembentukan Persekutuan

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan tentu melibatkan anggota firma yang lebih dari 2 sekutu. Pembagian laba dan rugi persekutuan, perubahan kepemilikan firma bahkan pembubaran persekutuan menjadi materi akuntansi keuangan lanjutan 1.

Soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 persekutuan menjadi keharusan karena terdapat beberapa macam badan usaha. Contoh soal dan jawaban pembentukan firma persekutuan biasanya melibatkan kas yang disetorkan ke firma atau aset tetap pengganti kas yang diberikan ke firma.

Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 menjadi materi yang wajib dipahami. Bagaimana mencatat penanaman modal sekutu di firma harus memperhatikan akta pendirian sebelum beroperasinya sebuah persekutuan atau modal bersama.



Pembentukan Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Firma

Pembentukan persekutuan akutnansi keuangan lanjutan 1 firma menjadi pembahasan sebab badan usaha harus diselenggarakan lebih dari 1 sekutu. Firma didirikan dengan tujuan mendapatkan laba dengan cara memperlebar pangsa pasar. Apabila firma menderita kerugian biasanya akan dikaitkan dengan kepemilikan aset pribadi masing-masing sekutu.

Contoh ayat jurnal untuk mencatat kontribusi kepada persekutuan dari anggota firma tentunya menjadi pemilik sekaligus anggota aktif dalam menjalankan kegiatan operasional perusahaan. Pembentukan persekutuan firma dalam akuntansi keuangan lanjutan 1 biasanya diawali dengan setoran sekutu.

Bagaimana mencatat penanaman modal dalam persekutuan hendaknya disesuaikan dengan akta pendirian. Limited life menjadi karakteristik firma sebab firma memiliki uur yang terbatas ketika adanya perubahan sekutu. Contoh firma seperti kantor akuntan publik.

Pertanyaan tentang Pembentukan Firma Persekutuan AKL 1

Pertanyaan tentang pembentukan firma persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 sebaiknya dipelajari agar dapat menyesuaikan dengan jenis badan usaha yang dihadapi. Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan 1 biasanya berkaitan tentang perbedaan firma dengan perseroan terbatas.

Pertanyaan tentang pembentukan persekutuan firma akuntansi keuangan lanjutan 1 berkaitan dengan tujuan pendirian firma, karakteristik firma, perbedaan firma dengan perseroan terbatas bahkan akuntansi untuk mencatat jurnal penyerahan kas dan aset tetap dari anggota firma.

Pertanyaan pembentukan firma persekutuan dapat berupa pilihan ganda dan soal essay. Pertanyaan wawancara sering menjadi solusi untuk menghadapi ulangan akhir semester bahkan ulangan tengah semester. Materi akuntansi keuangan lanjutan 1 akan bermanfaat ketika mengerjakan skripsi.

Baca Juga: Perbedaan Metode Goodwill dan Bonus di Persekutuan

Contoh Soal dan Jawaban Akuntansi Keuangan Lanjutan 1 Pembentukan Persekutuan

Contoh soal dan jawaban akuntansi keuangan lanjutan 1 pembentukan persekutuan hendaknya diatur dalam akta pendirian. Perubahan anggota firma dapat menyebabkan pembubaran persekutuan sebab karakteristik firma yang limited life.

Contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan berasal dari anggota yang sudah memiliki usaha, anggota yang salah satunya sudah memiliki usaha bahkan firma yang didirikan oleh anggota yang sebelumnya belum memiliki usaha.

Contoh soal pembentukan firma persekutuan dapat terjadi ketika sekutu memutuskan mengadakan penggabungan usaha. Bagaimana pencatatan modal dalam persekutuan berkaitan dengan setoran modal awal sekutu.

Contoh soal akuntansi keuangan lanjutan firma terjadi pada Firma Rafinternet yang didirikan oleh Masraffi dan Kakraffi. Anggota sekutu bersepakat menyerahkan uang sebesar Rp 5.000.000 dan Rp 4.000.000. Pendirian firma memerlukan aset tetap yang diserahkan oleh masraffi sebesar Rp 24.000.000, sedangkan persediaan barang dagang diberikan oleh kakraffi sebesar Rp 20.000.000. Bagaimana mencatat transaksi pembentukan firma baru tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Penggabungan Usaha Metode Purchase

Jurnal Mencatat Transaksi Penyerahan Modal Persekutuan

Jurnal mencatat transaksi penyerahan modal persekutuan hendaknya disesuaikan dengan keadaan anggota baik sudah memiliki usaha atau sekutu yang sebelumnya tidak memiliki usaha. Bagaimana mencatat penanaman modal dalam persekutuan hendaknya memperhatikan setoran berupa kas atau aset tetap.

Contoh ayat jurnal untuk mencatat kontribusi persekutuan apabila sekutu menyerahkan aset tetap. Ketika sekutu firma menyerahkan aset tetap sebagai setoran modal awal, maka akan dinilai berdasarkan nilai wajar dan dicantumkan di akta pendirian. Persentase laba dan rugi persekutuan menjadi persoalan utama ketika pendirian firma.

Jurnal untuk mencatat pembentukan persekutuan bergantung transaksi penyerahan kas atau aktiva tetap. Berdasarkan contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan, cara membuat jurnal penyerahan kas ke firma sebagai berikut ini.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01 Juli 2020 Kas Rp 9.000.000
Modal Masraffi Rp 5.000.000
Modal Kakraffi Rp 4.000.000

Contoh Soal Neraca Persekutuan Firma

Neraca saldo persekutuan firma akan terbentuk ketika pembentukan firma dimana salah satu anggota telah memiliki usaha sebelumnya. Contoh soal dan jawaban pembagian laba rugi persekutuan hendaknya dilangsungkan sesuai akta pendirian firma.

Ayat jurnal untuk mencatat pembentukan firma yang berasal dari investasi berupa kas dan aset tetap. Berdasarkan contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan, maka ayat jurnal yang dibuat sebagai berikut ini.

TanggalKeterangan Debit Kredit
01 Juli 2020Kas Rp 9.000.000
Modal Masraffi Rp 5.000.000
Modal Kakraffi Rp 4.000.000
Persediaan Barang Dagang Rp 20.000.000
Modal Kakraffi Rp 20.000.000
Kendaraan Rp 25.000.000
Modal Masraffi Rp 25.000.000

Contoh soal neraca persekutuan dapat tercipta ketika pendirian firma telah berhasil dilakukan. Berdasarkan contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan firma maka laporan posisi keuangan atau neraca saldo dapat dibuat sebagai berikut.

AsetPassiva
Kas9000000Modal Masraffi Rp 30.000.000
Persediaan Barang Dagang20000000Modal Kakraffi Rp 24.000.000
Kendaraan25000000

Baca Juga: Contoh Soal Masuknya Anggota Sekutu Baru di Persekutuan

Demikianlah contoh soal dan jawaban pembentukan persekutuan firma semoga masalah pendirian firma oleh sekutu sesuai dengan akta pendiriannya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Pembentukan Persekutuan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel