Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan proses merupakan kegiatan perusahaan melakuan proses produksi secara terus menerus sehingga menghasilkan produk yang sejenis. Menghitung unit ekuivalen untuk tiap unsur biaya produksi harus dilakukan agar pembebanan biaya menghasilkan biaya per unit.

Contoh soal laporan biaya produksi metode average dan fifo menjadi metode penghitungan persediaan yang digunakan perusahaan. Karakteristik biaya proses tentunya menghitung biaya per unit pada akhir periode. Laporan biaya produksi sebagai pertanggungjawaban untuk membuat produk diperusahaan secara terus menerus.

Cara menghitung unit ekuivalen metode fifo dan average menjadikan perhitungan sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dimana terdapat tingkat penyelesaian produk dalam proses akhir seperti biaya bahan dan biaya konversi.

Contoh Soal Sistem Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses / Process Costing

Contoh soal sistem perhitungan biaya berdasarkan proses atau process costing merupakan tindakan perusahaan membebankan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik untuk menghasilkan persediaan barang jadi di akhir periode.

Contoh soal dan jawaban perhiutngan biaya berdasarkan proses terjadi pada PT Rafinternet yang melakukan kegiatan produksi dalam menghasilkan alat kesehatan. Adapun skedul produksi yang dilakukan sebagai berikut ini.


Baca Juga: Contoh Soal Biaya Tenaga Kerja Langsung

Contoh Soal Menghitung Unit Ekuivalensi untuk Tiap Unsur Biaya Produksi

Unit ekuivalensi adalah jumlah unit yang setara dengan jumlah biaya produksi yang dilakukan selama satu periode. Contoh soal menghitung unit ekuivalensi untuk tiap unsur biaya produksi sebelum melakukan pertanggungjawaban biaya.

Contoh soal menghitung unit ekuivalensi untuk tiap unsur biaya produksi dapat dipertanggungjawabkan melalui laporan biaya produksi dengan metode average dan metode fifo. Laporan biaya produksi 2 departemen dan 3 departemen dapat dilakukan dnegan langkah sebagai berikut.

Baca Juga: Contoh Soal Perhitungan Biaya Berdasarkan Pesanan

Ayat Jurnal untuk Menghitung Biaya Berdasarkan Proses

Ayat jurnal untuk mencatat sistem perhitungan biaya berdasarkan proses dapat dimulai dari pembelian bahan baku, penggunaan biaya tenaga kerja langsung bahkan penggunaan biaya overhead pabrik yang dapat menghasilkan persediaan produk jadi.

Jurnal kalkulasi biaya proses harusnya terdapat pada makalah job order costing dan process costing. Cara menghitung unit ekuivalen metode fifo dan metode average terdapat perbedaan terutama berkaitan dengan biaya produk dalam proses awal.

Contoh laporan biaya produksi metode rata-rata tertimbang harusnya dilakukan secara terus menerus dengan menerapkan prinsip average. Perbedaan antara perhitungan biaya berdasarkan proses dengan metode average dan metode fifo yakni pada produk dalam proses awal.

Demikianlah contoh soal dan jawaban perhitungan biaya berdasarkan proses dan pesanan semoga dapat membantu pekerjaan anda ya.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Perhitungan Biaya Berdasarkan Proses (Process Costing)"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel