Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Konten [Tampil]
Contoh soal piutang tak tertagih merupakan bagian dari ayat jurnal penyesuaian yang harus dibuat pada akhir periode akuntansi. Penyisihan piutang tak tertagih akan memberikan manfaat terutama untuk mengatasi masalah kelangsungan hidup perusahaan.

Cara menghitung saldo piutang akhir periode akan dilakukan dengan menggunakan bukti memorial, mengingat bahwa perusahaan tidak melakukan transaksi secara langsung dan hanya menyesuaikan piutang yang terjadi pada akhir periode.

Contoh soal cadangan kerugian piutang akan memunculkan ayat jurnal penyesuaian piutang tak tertagih baik dengan metode penghapusan langsung ataupun dengan metode cadangan.

Penyisihan piutang tak tertagih masuk akun apa? tentunya akan masuk pada akun cadangan kerugian piutang dan piutang dagang.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Contoh soal piutang tak tertagih dan jawabannya akan memungkinkan para siswa mengetahui mekanisme pengakuan piutang pada akhir periode yang tentunya memiliki kebijakan yang berbeda satu sama lain.

Pengertian Cadangan Kerugian Piutang tak Tertagih.

Pengertian cadangan kerugian piutang tak tertagih merupakan akun jurnal penyesuaian yang dilakukan oleh akuntan dimana perusahaan harus dapat menaksir piutang yang diperkirakan tidak dapat ditagih pada akhir periode atau akhir tahun.

Sesuai dengan PSAK, piutang harus disajikan sesuai dengan nilai bersih piutang yang dapat direalisasi pada akhir periode. Maksudnya, nilai piutang kotor telah dikurangkan dengan jumlah yang diperkirakan tidak dapat ditagih.

Perusahaan dapat menghapus piutang tak tertagih pada waktu tidak tertagih sehingga perusahaan telah menyiapkan akun cadangan kerugian piutang ya.
Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Joint Venture

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih Metode Cadangan Kerugian Piutang

Contoh soal piutang tak tertagih dengan menggunakan metode cadangan kerugian piutang terjadi padda PT masraffi. PT masraffi telah memiliki saldo rekening cadangan kerugian piutang sebesar Rp 2.525.000.

Contoh soal cadangan kerugian piutang yang harus dikerjakan sesuai dengan presentase tak tertagih dan jumlah piutangnya sebagai berikut:


Umur Piutang
 Jumlah
Persentase
Tepat Waktu
 Rp  120.000.000
1%
30 Hari
 Rp    24.000.000
3%
60 Hari
 Rp    34.000.000
5%
90 Hari
 Rp    15.000.000
7%
120 Hari
 Rp    23.000.000
9%
> 120 Hari
 Rp    10.000.000
15%
 
Baca Juga: Contoh Soal Fifo Lifo dan Average dalam Menilai Persediaan Akhir

Cara Menghitung Piutang Tak Tertagih pada Akhir Periode

Cara menghitung piutang tak tertagih pada akhir periode dilakukan dengan melakukan perhitungan terhadap jumlah yang tidak dapat ditagihkan sesuai dengan presentase yang terjadi, caranya sebagai berikut ini.

Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya

Penyisihan piutang tak tertagih masuk akun cadangan kerugian piutang dengan jumlah Rp 8.240.000. Berdasarkan informasi akhir tahun PT masraffi memiliki saldo rekening cadangan kerugian piutang sebesar Rp 2.525.000.

Ayat jurnal penyesuaian atas piutang tak tertagih dengan metode cadangan kerugian piutang yang harus dibentuk adalah sebesar Rp 5.715.000
Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah

Jurnal Penyesuaian Piutang Tak Tertagih

Berdasarkan contoh soal piutang tak tertagih dan jawaban diatas, maka ayar jurnal penyesuaian yang harus dibentuk atas piutang tak tertagih adalah

Keterangan
Debit/Kredit
Cadangan Kerugian Piutang
   Piutang Dagang
Rp 5.715.000
   Rp 5.715.000

Baca Juga: Contoh Soal Penjualan Angsuran dan Penjualan Tunai
Demikianlah contoh soal piutang tak tertagih metode cadangan kerugian piutang beserta jurnal penyesuaian piutang tak tertagih semoga anda paham ya.

0 Response to "Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel