Cara Melakukan Transformasi Data SPSS Agar Normal

Konten [Tampil]
Cara melakukan transformasi data spss merupakan tindakan seseorang merubah bentuk data penelitian ke bentuk lainnya tanpa mengubah data aslinya.

Cara melakukan transformasi data spss agar normal cukup dibilang sulit karena tanpa adanya data normal maka penelitian tidak dapat dilanjutkan.

Bentuk transformasi data spss terdiri dari berbagai macam seperti mengubahnya ke bentuk logaritma natural atau akar kuadrat.

Cara Melakukan Transformasi Data SPSS agar Normal

Jenis Transformasi Data SPSS

Jenis transformasi data spss bergantung kepada bentuk kurva yang dihasilkan pada program spss. Hal ini mengacu kepada normalitas data yang dipergunakan. Data yang tidak normal akan mengandung banyak sekali kesalahan seperti adanya kemungkinan dana outliner.

Oleh karena itu, jenis transformasi data spss yang cocok untuk penelitian primer dan sekunder bergantung kebutuhan para peneliti untuk mengerjakan skripsi mereka masing-masing.

Syarat Transformasi Data SPSS

Syarat transformasi data spss terdiri dari beberapa hal seperti data yang dipergunakan harus data yang valid, data tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu rendah dari nilai mean, data harus dapat merepresentasikan keadaan yang sebenarnya dari total keseluruhan data penelitian.

Syarat transformasi data spss agar normal dapat dilakukan dengan membuang semua data outliner. Data outliner akan menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang besar diantara data sampel penelitian.

Macam-Macam Transformasi Data SPSS

Macam macam transformasi data spss agar normal bergantung berapakah variabel yang anda pergunakan dan apakah terdapat variabel perantara seperti moderasi atau intervening.

Agar transformasi data spss berjalan sesuai dengan keinginan peneliti yakni data normal, maka macam-macam transformasi data spss untuk penelitian dengan variabel perantara dan variabel bebas berbeda.

Transformasi data spss yang cocok untuk data sekunder adalah dengan cara melakukan outliner, karena data penelitian yang berasal dari laporan keuangan akan memiliki selisih yang sangat berbeda antara perusahaan satu dengan perusahaan lain.

Transformasi data spss yang cocok untuk data primer adalah dengan mengubahnya dalam bentuk aritmatika lain seperti logaritma natural atau akar kuadrat.

Cara Melakukan Transformasi Data SPSS agar Normal

Cara melakukan transformasi data spss agar normal mengharuskan anda memasukan seluruh variabel yang anda gunakan dalam penelitian.

Kali ini cara melakukan transformasi data agar normal menggunakan 10 variabel ya, dapat dilihat dari contoh dibawah ini.

Cara Melakukan Transformasi Data

Transformasi data spss dilakukan dengan memilih menu transform > compute variable.
Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Data Tidak Berdistribusi Normal
Cara Melakukan Transformasi Data

Dilanjutkan dengan mendefinisikan variabel baru melalui target variable dan numeric expression diganti dengan rumus transformasi data seperti Ln atau Abs atau SQRT. Kemudian anda klik Ok.

Cara Melakukan Transformasi Data

Maka akan muncul sebuah variabel baru hasil dari transformasi data spss, anda dapat menggunakan variabel tersebut untuk membuat persamaan linier regresi ya.
Baca Juga: Cara Melakukan Uji Auto Korelasi Durbin Watson pada SPSS
Cara Melakukan Transformasi Data

Demikianlah Cara Melakukan Transformasi Data SPSS Agar Normal semoga anda paham dengan penjelasan saya ya.

0 Response to "Cara Melakukan Transformasi Data SPSS Agar Normal"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel