Penyebab dan Cara Mengatasi Data Tidak Berdistribusi Normal

Konten [Tampil]
Cara mengatasi data tidak Berdistribusi normal ketika melakukan uji kolmorogov smirnov atau uji normalitas akan memberitahu penyebab data tidak terdistribusi secara normal. Anda harus mengetahui apa yang harus dilakukan apabila data penelitian tidak Berdistribusi secara normal.

Cara menormalkan data yang tidak berdistribusi normal dapat dilakukan dengan Microsoft Excel tentunya hal ini dilakukan dengan dasar perkiraan mana saja data penelitian yang tidak sesuai dengan ketentuan ya. Penyebab Data tidak Berdistribusi Normal biasanya angkanya berdekatan atau berjauhan sekali.

Nah jumlah data yang tidak berdistribusi normal biasanya kurang dari 3 dan lebih dari 100 hal ini dikarenakan semakin besar perusahaan yang diolah maka terjadi ketimpangan antar perusahaan tersebut.

Penyebab dan Cara Mengatasi Data Tidak Berdistribusi Normal

Nah cara atasi data yang tidak berdistribusi normal harus diketahui terlebih dahulu penyebab yang menjadikan data penelitian tidak normal. Daya tidak normal biasanya terjadi pada penelitian sekunder dan jarang terjadi pada penelitian primer ya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Data Tidak Berdistribusi Normal

Cara atasi data tidak terdistribusi secara normal pada uji kolmorogov smirnov akan dibagikan melalui beberapa tahap sebagai berikut ini.
Baca juga: Cara Melakukan Uji Auto Kolerasi dengan SPSS

Penyebab Data Tidak Berdistribusi secara Normal

Ada beberapa penyebab data tidak berdistribusi secara normal yang menjadikan nilai dari kolmorogov smirnov 0 persen / 0% yaitu.
  1. Perusahaan penelitian memiliki ketimpangan sangat jauh.
  2. Objek penelitian tidak menjawab kuesioner secara benar.
  3. Perhitungan rumus tidak benar.
  4. Indikator penelitian yang salah.
  5. Pemanipulasian data penelitian.
Jumlah data yang tidak berdistribusi normal akan menjadikan penelitian tidak sesuai dengan harapan sehingga anda harus melakukan sesuatu apabila data tidak terdistribusi secara normal.

Adakalanya daya Berdistribusi Normal tetapi tidak homogen hal ini bukanlah masalah karena uji normalitas hanya mensyaratkan bahwa nilai asym signifikan harus lebih dari 0.05 ya.
Baca juga: Cara Melakukan Uji Moderated Regression Analysis dengan Mudah

Mengapa Data Harus Berdistribusi Normal

Mengapa Data harus Berdistribusi Normal hal ini dikarenakan setiap penelitian mengharuskan data yang diolah valid agar dapat mempresentasikan hasil yang sebenarnya terjadi di perusahaan.

Nah cara atasi data tidak terdistribusi secara merata uji kolmorogov smirnov 0 persen dapat menggunakan uji lainnya seperti uji run atau run test.

Apa yang harus dilakukan jika data tidak berdistribusi normal

Cara merubah distribusi data tidak normal menjadi normal mudah dilakukan ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan diantaranya menghapus data atau mengubah data ke bentuk lain.

Cara atasi data tidak berdistribusi normal agar menjadi normal kembali melalui uji kolmorogov smirnov yaitu.
  1. Membuang data outliner.
  2. Transformasi Data.
  3. Menambah Kriteria Penelitian
Baca juga: Cara Melakukan Uji Analisis Regresi Berganda dengan Mudah

Cara Mengatasi Uji Normalitas yang Tidak Berdistribusi Normal

Cara transformasi data tidak terdistribusi normal di SPSS dapat dilakukan dengan mengubahnya ke dalam bentuk sqrt atau LN serta logaritma. Hal ini menjadi solusi bagi data yang tidak bisa normal.

Cara mudah mengatasi data tidak terdistribusi secara normal yaitu menghapus data outliner, bagi penelitian sekunder dapat menghapus data yang tidak berurutan sedangkan bagi penelitian primer dapat menghapus data yang terlalu banyak memihak.
Baca juga: Perbedaan Uji F dan Uji T di Penelitian
Demikian cara mengatasi uji kolmorogov smirnov yang nilainya kurang dari 5 persen agar distribusi data menjadi normal dengan mudah telah selesai ya

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Data Tidak Berdistribusi Normal"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel