Cara Menguji Performa Harddisk dan SSD di Windows

Konten [Tampil]
Cara cek kecepatan Harddisk di laptop merupakan langkah dalam menguji kecepatan sebuah laptop untuk digunakan sebagai alat bantu dalam kegiatan sehari-hari manusia. Harddisk atau sering disebut dengan SSD adalah sebuah perangkat keras yang digunakan dalam melakukan penyimpanan dalam komputer, laptop, PlayStation bahkan Xbox secara permanen. Harddisk mempunyai banyak sekali tipe dan cara mencolokkan port data, banyak sekali tipe port data yaitu ATA, SATA, SCSI dan sebagainya.

Baca juga: Cara Menyembunyikan TaskBar secara otomatis di Windows 10.

Harddisk mempunyai kecepatan yang cenderung lambat, akan tetapi setidaknya mereka mempunyai kecepatan ¼ dari SSD, bagaimana mengetahui kecepatan SSd di windows ya. Sebenarnya anda hanya bisa mengetahui kecepatan hard disk dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga ya.

Cara Menguji Performa Harddisk dan SSD di Windows

Pertama anda kunjungi situs CrystalDiskMark untuk melakukan download aplikasi penguji performa di windows ya, silahkan anda pilih CrystalDiskMark Standard Edition untuk melakukan pengunduhan.

Inwepo TUTORIAL WINDOWS Cara Cek Kecepatan Harddisk / SSD di Laptop dan PCFaraaz Tutorial ByFaraaz Posted on August 15th, 2019      COMMENTS Hard Disk merupakan perangkat keras yang biasa digunakan pada perangkat-perangkat yang memerlukan media penyimpanan seperti Komputer, Laptop, Playstation, XBOX dan perangkat lainnya. Hard Disk memiliki berbagai macam tipe dan yang paling mencolok adalah tipe port data yang digunakan, ada hard disk yang menggunakan port SATA, ATA, SCSI dan lain-lain.  Selain hard disk juga ada media penyimpanan lain yang diberi nama SSD atau Solid State Drive, perbedaan dari kedua jenis media penyimpanan ini adalah dari segi komponen dan performa, hard disk cenderung memiliki kecepatan yang lambat dan memiliki komponen mekanikal sehingga sangat mudah untuk rusak jika misalnya terbentur sangat keras, berbeda jauh dengan ssd yang dimana memiliki kecepatan yang sangat cepat dan komponen yang sangat aman jika terbentur.  Walaupun hard disk memiliki kecepatan yang lambat, sebenarnya ada juga hard disk yang memiliki kecepatan setidaknya 1/4 dari SSD, untuk mengetahui kecepatan hard disk kamu tidak bisa melihatnya dari informasi yang ditempel pada hard disk melainkan kamu harus menggunakan aplikasi khusus untuk mengetahui kecepatannya, berikut tutorialnya.  Langkah:  1. Kamu kunjungi situs CrystalDiskMark untuk mengunduh aplikasi yang akan digunakan, kamu klik pada tombol CrystalDiskMark Standard Edition untuk mulai mengunduhnya.     2. Jika aplikasi sudah terunduh, kamu pasang aplikasi tersebut seperti pada umumnya.  3. Kamu buka aplikasi CrysalDiskMark dan kamu pilih Disk mana yang ingin kamu cek kecepatannya, lalu klik pada tombol All untuk mulai memproses pengecekan kecepatan hard disk.    4. Proses akan lumayan lama jika misalnya kamu klik pada tombol All, kamu juga bisa memilih salah satu layanan dari ke-4 pengujian di atas, berikut ini contoh hasil untuk pengecekan pada pilihan pertama.    5. Selesai.  Catatan : Pastikan setidaknya pada partisi hard disk kamu memiliki partisi kosong minimal 10gb untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karena proses pengecekan kecepatan harddisk ini layaknya melakukan copy paste berkas berukuran 5 GB (informasi mengenai ukurannya bisa kamu lihat pada tahap tiga di samping kanan tombol All).

Menghitung kecepatan SSD dilanjutkan dengan memasang aplikasi tersebut di komputer anda ya.


Cara cek kinerja SSD itu dilakukan setelah anda membuka aplikasi CrystalDiskMark dan anda bisa memilih Disk Mana yang anda mau lakukan cek kecepatan SSD, anda klik tombol ALL untuk memulai pemrosesan pengecekan kecepatan hard disk.

Cara Mengunjungi Performa Harddisk dan SSD di Windows

SSD Speed Test dilanjutkan dengan mengklik tombol ALL, hal itu akan membuat anda akan semakin lama dalam melakukan pengecekan. Berikut adalah hasil pengecekan pada pilihan pertama.

Cara Mengunjungi Performa Harddisk dan SSD di Windows


NB: Anda hanya bisa melakukan pengecekan terhadap SSD atau Harddisk dengan minimal partisi kosong sebanyak 10GB karena yang 5Gb akan digunakan sebagai alat untuk uji coba copypaste berkas dalam cek ssd di Windows ya.

0 Response to "Cara Menguji Performa Harddisk dan SSD di Windows"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel