✓ Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi beserta Rumusnya

Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi beserta Rumusnya merupakan cara mengalokasikan biaya perolehan sesuai umur manfaat yang di tetapkan oleh perusahaan dalam pemanfaatan aktiva tetap yang di milikinya setelah dikurangi nilai residu. Nilai Residu adalah nilai sisa yang ingin dipertahankan oleh perusahan setelah penggunaan aset secara penuh selama umur manfaat.



Metode Penyusutan Aktiva Tetap

Penyusutan aset tetap merupakan metode alokasi biaya perolehan aktiva selama umur manfaat yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Aktiva tetap merupakan sumber daya yang mempunyai karateristik berwujud yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan dan tanpa maksud untuk diperjualbelikan serta mempunyai masa manfaat yang panjang.
Baca Juga Pengaruh transaksi terhadap laporan keuangan pada persamaan dasar akuntansi Pembelian peralatan kredit dan tunai serta penjualan kredit
Contoh Aktiva tetap adalah Tanah, Bangunan, Gedung, Kendaraan, Mesin dan lain-lain. Aktiva tetap harus disusutkan untuk menyesuaikan nilai aset tersebut agar sesuai dengan pekembangan zaman dan tentunya ketika aset telah digunakan pastinya akan menyebabkan aset tersebut rusak bahkan aus.

Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi beserta Rumusnya


Nah metode penyusutan aktiva tetap di dalam akuntansi sering disebut dengan metode depresiasi. di dalam laporan keuangan terutama pada bagian laporan laba rugi, beban penyusutan /  depresiasi akan mendapatkan posisi paling penting karena mereka merupakan biaya tetap sehingga digunakan atau tidaknya aset tersebut maka perusahaan akan menanggung biaya yang sama untuk proses produksi.

Metode Penyusutan Garis Lurus

Metode penyusutan garis lurus sering disebut dengan line streght, dimana beban depresiasi akan di alokasikan sepanjang masa pemakaian dalam jumlah yang  sama. Metode garis lurus sering digunakan dalam pengalokasian biaya perolehan karena memang caranya yang mudah dan konsisten dari tahun ke tahun. Apabila dibandingkan dengan metode lainnya yang jumlahnya berubah terus menerus.
Baca Juga Contoh soal teori akuntansi dan jawaban pembahasan essay dan terunik
Rumus metode garis lurus adalah Biaya perolehan di kurangi dengan nilai residu dan dibagi dengan umur manfaat. 

Metode Penyusutan Saldo Menurun Berganda

Metode penyusutan saldo menurun berganda, biaya depresiasi dari tahun ke tahun akan semakin menurun. Pada awal tahun perolehan merupakan tahun dimana beban depresiasi akan menunjukkan biaya yang paling banyak, hal tersebut terjadi karena aktiva tetap baru saja dibeli sehingga akan menghasilkan produk yang banyak. Tahun terus berlalu sehingga menyebabkan mesin semakin usang sehingga semakin lama maka biaya perolehan yang menjadi beban depresiasi semakin sedikit. 
Baca Juga Contoh soal pengauditan terhadap biaya dibayar dimuka / Prepaid expenses
Metode saldo menurun berganda sering disebut dengan double declining balance method atau metode saldo menurun berganda, hal ini terjadi karena tarif metode saldo menurun berganda merupakan perkalian 2x dari metode garis lurus.

Rumus metode saldo menurun berganda adalah Nilai buku pada awal tahun dikali dengan tarif saldo menurun.

Metode Penyusutan Jumlah Angka Tahun

Metode jumlah angka tahun menggunakan kalkulasi dari tahun manfaat yang akan digunakan perusahaan terhadap aktiva. Metode ini diukur dengan cara seperti sebagai berikut, apabila sebuah mesin mempunyai umur manfaat 4 tahun, maka dasar metode penyusutan jumlah angka tahun adalah 1+2+3+4=10.

Pada awal tahun akan mendapatkan pembagian umur manfaat yang lebih banyak daripada yang terakhir karena mesin produktif pada saat setelah pembelian.

Baca Juga Apa itu retur pembelian dan penjualan

Rumus Metode jumlah angka tahun adalah Tahun Penyusutan ke berapa dibagi alokasi jumlah angka tahun.

Metode Penyusutan Unit Satuan Usaha / Satuan Hasil Produksi

Metode unit satuan usaha merupakan salah satu metode dimana dasar pengalokasian beban perolehan yang tidak menggunakan satuan waktu, melainkan hasil produksi. Metode satuan usaha ini sangat cocok apabila diterapkan pada perusahana manufaktur yang mempunyai aktivitas produksi yang besar, perusahan penyedia pesawat terbang.

Dalam metode penyusutan unit satuan usaha ini mengharuskan perusahaan untuk menaksir berapa jumlah produk yang dihasilkan per unit aktiva tetap yang digunakan tanpa nilai residu. Kemudian mengalokasikannya berdasarkan umur manfaatnya.


Rumus metode unit satuan usaha atau satuan hasil produksi adalah Biaya perolehan dibagi total satuan hasil dan dikalikan dengan produk yang dihasilkan.

0 Response to "✓ Metode Penyusutan Aktiva Tetap dalam Akuntansi beserta Rumusnya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel