Contoh Soal Kasus Sistem Informasi Akuntansi Mengenai Prosedur penerimaan barang dagang

Contoh Soal Kasus Sistem Informasi Akuntansi Mengenai Prosedur penerimaan barang dagang

1. PT XFD merupakan suatu perusahaan kertas yang membeli bahan baku merang dari berbagai pemasok. Karena merang diperoleh dari petani dalam musim panen padi, maka berapa pun jumlah merang yang dapat diserahkan oleh pemasok, selalu diterima oleh perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan membangun tempat penampungan untuk menyimpan merang di berbagai lokasi. Pemasok dapat menyerahkan merang dalam waktu 24 jam sehari ke perusahaan melalui fungsi penerimaan yang ditempatkan diberbagai lokasi penyimpanan merang. Pembelian merang dari pemasok merang didasarkan atas kontrak pembelian selama jangka waktu tertentu dengan harga tertentu. Menurut kontrak pembelian, pemasok berkewajiban menyerahkan merang ke perusahaan sesuai dengan hasil pengumpulan merang dari petani dengan pembayaran tanggal 25 setiap bulan untuk merang yang telah diserahkan ke perusahaan dalam periode tanggal 26 bulan sebelumnya sampai dengan tanggal 24 bulan kini.

Setiap penerimaan melakukan pengujian kadar air yang terkandung dalam merang untuk menentukan berat merang yang diterima oleh perusahaan. Fungsi penerimaan menerbitkan laporan penerimaan barang yang menyebutkan di antaranya tanggal penerimaan dan berat merang yang diterima dari pemasok. Laporan penerimaan barang ini dipakai oleh fungsi akuntansi untuk menghitung harga merang yang harus dibayarkan sesuai dengan jadwal pembayaran pemasok merang. Dalam jangka waktu satu bulan, setiap pemasok rata-rata dapat menyerahkan merang sebanyak 15 kali pengiriman. Saudara diminta membantu menyusun sistem pengeluaran kas dengan cek untuk membayar pemasok merang. Saudara diberi keleluasaan untuk mengusulkan fungsi-fungsi yang terkait dalam pelaksanaan pencatatan utang dan pembayarannya. 

2. PT XTR dalam tiga tahun mendatang akan melakukan pembangunan tiga pabrik baru di Semarang, Surabaya dan Bandung. Untuk menangani pengurusan mesin dan peralatan yang diimpor, bagian pembelian mengajukan usul untuk membentuk dana kas kecil, karena pembayaran -  pembayaran yang dilakukan di daerah pabean harus dilaksanakan dalam bentuk uang tunai. Saudara diminta membantu menyusun sistem dana kas kecil yang memungkinkan bagian pembelian melakukan pembayaran dengan uang tunai segala beban yang timbul dalam pengurusan pengeluaran barang dari pelabuhan. Dalam penyusunan sistem dana kas kecil tersebut harus memasukkan unsur pengendalian internal.

0 Response to "Contoh Soal Kasus Sistem Informasi Akuntansi Mengenai Prosedur penerimaan barang dagang"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel