contoh soal teori akuntansi dan jawaban pembahasan essay dan terunik

Konten [Tampil]

contoh soal teori akuntansi dan jawaban pembahasan essay dan terunik

Teori akuntansi adalah salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa akuntansi. Teori akuntansi beperan dalam menentukan apa yang diperbolehkan dimasukan kedalam laporan keuangan dan sejarah terciptanya akuntansi melalui penelitian oleh para ahli. 

Disini saya akan memberikan beberapa contoh soal yang akan membuat anda menjadi paham mengenai mata kuliah teori akuntansi, simak ya.

1. Jelaskan kriteria pengakuan pendapatan yang lebih bersifat teknis?
Jawab
  • Keterukuran nilai aktiva
Apabila tidak ada aliran masuk aktiva yang dapat ditentukan secara obyektif ke dalam perusahaan secara otomatis tidak ada pendapatan yang dimiliki.
  • Terjadinya transaksi
Pendapatan dapat diakui apabila terjadinya pertukaran antara barang yang dihasilkan perusahaan dengan aktiva baru yang diterima oleh perusahaan. Keterlibatan pihak luar dalam transaksi yang wajar menunjukan adanya bukti obyektif naiknya nilai perusahaan.
  • Proses pembentukan pendaparan telah selesai
Untuk memperoleh pendapatan, perusahaan harus melakukan kegiatan produksi barang dan jasa. Barang dan jasa ini merupakan sumber utama pendapatan perusahaan. Pendapatan dikatakan terbentuk apabila kegiatan menghasilkan pendapatan telah berjalan dan secara substansial telah selesai. Kegiatan menghasilkan pendapatan secara konseptual terdiri dari tahap produksi, penjualan, dan pengumpulan kas. Oleh karena itu, setiap kali cost dikeluarkan pada tahap-tahap tersebut berarti sejumlah pendapatan telah dibentuk.

2. Jelaskan kerangka dasar ekuitas yang menyatakan bahwa terdapat pemisahan yang jelas antara modal setoran, laba ditahan dan penyesuaian modal belum direalisasi.
Jawab
Modal setoran mencakup modal yuridis dan modal setoran lainnya, modal yuridis yang dihitung berdasarkan nilai nominal saham menunjukkan aktiva neto yang tidak dapat didistribusikan ke pemegang saham. Kelebihan nilai diatas nilai nominal diakui sebagai agio saham.

Laba ditahan terdiri dari dari laporan laba rugi penyesuaian periode sebelumnya dan dividen. Oleh karena laporan laba rugi merupakan bagian dari laba ditahan, maka dapat dikatakan bahwa ada hubungan saling terkait atau artikulasi antara laporan laba rugi dan neraca.

Penyesuaian modal belum terealisasi terdiri dari kerugian portofolio yang belum direalisasikan untuk efek non pasar, keuntungan dan kerugian valuta asing yang belum direalisasi serta modal sumbangan.

3. Terdapat 3 jenis nilai pertukaran yang dapat digunakan dalam penilaian aktiva yaitu nilai keluaran dan nilai masukan. Jelaskan kontribusi kedua penilaian tersebut terhadap tujuan yang akan dicapat menurut konsep penilaian aktiva.
Jawab
Nilai keluaran menunjukan aliran dana yang diperkirakan akan diterima perusahaan di masa mendatang sesuai dengan harga pertukaran output / produk yang dihasilkan perusahaan. sedangkan nilai masukan menunjukkan jumlah rupiah yang harus dikeluarkan perusahaan untuk memperoleh aktiva yang akan digunakan dalam kegiatan operasi perusahaan.

4. Teori entitas muncul untuk mengatasi kelemahan yang melekat pada teori propietary. Kenyataan menunjukan bahwa perkembangan kegiatan usaha menyebabkan perusahaan menjadi unit usaha yang berdiri sendiri terpisah dari identitas pemilik, Jelaskan mengapa terjadi?
Jawab
Karena terdapat pemisahan antara kepentingan pribadi pemilik dengan kepentingan perusahaan. dengan demikian, transaksi / kejadian yang dicatat dan dipertanggungjawabkan adalah transaksi yang melibatkan perusahaan. Perusahaan bertindak atas nama dan kepentingannya sendiri yang terpisah dari pemilik.

5. Konsep realisasi pendapatan berbeda dengan konsep pembentukan pendapatan dan merupakan penegasan terhadap proses pembentukan pendapatan. Jelaskan konsep realisasi pendapatan apabila ditinjau dari pandangan yang mengatakan bahwa pendapatan dapat direalisasi bila terbukti ada penerimaan kas / piutang /  aktiva lain yang likuid.
Jawab
Untuk menggunakan konsep realisasi sebelum mengakui modal kerja perusahaan dalam kaitannya dengan pembayaran dividen. Hal ini disebabkan dividen harus dibayar dengan aktiva likuid. Alasan yang lain berkaitan dengan provisi legal bahwa dividen merupakan distribusi keluar atas laba perusahaan, laba perusahaan sering diistilahkan sebagai aktiva likuid yang tersedia yang didistribusikan sebagai aktiva dengan adanya pandangan tersebut, kelihatannya aktiva penukar haruslah likuid agar pendapatan dapat segera diakui.

Namun demikian, apabila dilihat dari kriteria yang diajukan FASB, sebenarnya aktiva penukar tidak harus likuid. Realisasi telah dianggap sudah terjadi apabila aktiva penukar dapat segera dikonversi menjadi kas / setaranya diterima aktiva penukar baik likuid maupun tidak sebagai kriteria pengakuan pendapatan masih tergantung pada kondisi yang mendasari pertukaran tersebut.

6. Jelaskan masalah yang dihadapi dalam konsep penandingan dalam menandingkan pendapatan dan biaya?
Jawab
Masalah utama dalam menandingkan pendapatan dan biaya adalah mencari dasar penandingan yang paling tepat antara pendapatan dengan biaya yang berhubungan langsung dengan pendapatan. Hubungan fisik antara yang dapat dilihat sebenarnya dapat digunakan sebagai media untuk melacak dan membebankannya, meskipun demikian harus diakui bahwa dengan melihat kondisi yang ada, dasar penandingan yang paling penting adalah kelayakan bukannya pengukuran fisik.

Dari pernyataan tersebut jelad terlihat bahwa tidak semua biaya dapat ditandingkan secara langsung dengan pendapatan berdasarkan hubungan fisik. Oleh karena itu umumnya akuntansi menggunakan dasar unit waktu sebagai dasar penandingan pendapatan dengan biaya.

7. Tujuan pelaporan laba adalah menyediakan informasi yang bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan. Sebutkan keginaan informasi bagi pihak berkepentingan tersebut.
Jawab
- Sebagai indikator efisiensi penggunaan dana yang tertanam
- Sebagai pengukur prestasi manajemen
- Sebagai dasar penentuan besarnya pengenaan pajak.
- Sebagai dasar pengendalian alokasi sumber daya ekonomi suatu negara.
- Sebagai dasar kompensasi dan pembagian tugas.
- Sebagai alat motivasi manajemen dalam pengendalian perusahaan
- Sebagai dasar kenaikan kemakmuran
- Sebagai dasar pembagian dividen.

8. Jelaskan apa yang dimaksud teori pasar dalam pendekatan yang dilakukan untuk menyusun standar akuntansi.
Jawab
Pendekatan pasar bebas dilandasi asumsi dasar bahwa informasi akuntansi merupakan komoditi ekonomi serupa dengan barang atau jasa yang lain. Atas dasar asumsi tersebut, jumlah informasi akuntansi disajikan akan dipengaruhi oleh kekuatan permintaan dan penawaran. Permintaan muncul dari pemakai yang berkepentingan dengan informasi, sedang penawaran dilakukan oleh perusahaan dalam bentuk laporan keuangan. Melalui interaksi antara kekuatan pasar tersebut, maka akan dicapai suatu keseimbangan dimana jumlah infrormasi yang optimal akan diungkapkan pada harga yang optimal. Pada saat informasi tertentu diminta, pasar akan menghasilkan informasi tersebut apabila harga yang ditawarkan tepat.

Konsekuensinya pasar dipandang sebagai mekanisme yang ideal untuk menentukan jenis informasi yang harus diungkapkan dan kelompok penerima informasi. Dengan demikian, standar akuntansi akan menentukan informasi yang dihasilkan dan siapa yang akan menerima informasi tersebut.

demikianlah bahasan mengenai soal teori akuntansi beserta pembahasannya, untuk anda yang menginginkan contoh soal teori akutansi terbaru dapat membacanya di sini ya (Contoh soal teori akuntansi terbaru berdasarkan PSAK)

0 Response to "contoh soal teori akuntansi dan jawaban pembahasan essay dan terunik"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel