WiFi tidak bisa terhubung? Inilah penyebab dan solusinya

WiFi tidak bisa terhubung? Inilah penyebab dan solusinya

Wifi tidak bisa connect internet? Tentu saja ada beberapa penyebab wifi tidak bisa konek internet. Wifi sudah jadi alat yang wajib untuk mendukung konektivitas yang ada di smartphone. Wifi berfungsi untuk dapat mengakses internet lebih cepat, stabil dan murah. Beberapa tempat nongkrong anak muda sekarang ini sudah tercover oleh WiFi dan ada yang berpendapatan bahwa kafe yang memiliki wifi cenderung banyak pelanggan daripada yang tidak punya.

Tentunya ketika kita bisa berada di tempat yang memiliki fasilitas free WiFi itu merupakan sesuatu yang menyenangkan, akan tetapi ketika koneksi internet dari wifi tiba tiba terputus atau tidak dapat terhubung sama sekali dengan internet. Hal itu bukan merupakan sesuatu yang menyenangkan ya.

Kali ini saya akan memberikan solusi cara mengatasi wifi yang error di smartphone android.

Sebelum menggunakan cara ini anda harus mengecek terlebih dahulu perangkat WiFi anda. Karena masalah WiFi bisa disebabkan oleh komponen WiFi di smartphone kok. Jadi jangan langsung terburu buru membawa smartphone anda ke rumah sakit smartphone yaitu servis center ya.


  • Melakukan Reboot atau Mode Pesawat
Cara ini cukup sederhana, dan hampir semua orang jarang mengganggap cara ini karena sepele  ya. Akan tetapi sudah terbukti bahwa ini adalah cara ini manjur untuk dapat memperbaiki koneksi WiFi. Cara mengatasinya cukup mudah;
- Silahkan anda membuka menu pengaturan > Wifi, Silahkan anda menghidupkan dan mematikan koneksi wifinya ya
- Silahkan anda jika melakukan restart pada perangkat router juga.
- Anda bisa juga mencoba restart dan mencoba ke Safe Mode
- Itu cara termanjur yang bisa saya berikan, jika ternyata masih tidak berhasil anda dapat melakukan cara selanjutnya ya.

  • Koneksi WiFi terputus mendadak
Ketika  anda mendownload sebuah file yang besar besar tentunya ada akan kesal ketika anda sudah mendownload file tersebut lama dan tiba-tiba koneksi WiFi terputus. Ada kemungkinan anda belum mengaktifkan fitur Keep Wifi yaitu fitur yang otomatis memutuskan koneksi Wifi dengan perangkat android untuk dapat menghemat baterai smartphone. Caranya adalah
- Pertama anda buka menu Pengaturan / Setting
- Pilihlah WiFi / Koneksi Wireless
- Pilihlah menu hamburger / garis tiga atau menu pilihan lainnya.
- Kemudian anda pilih menu advanced
- Kemudian anda dapat memilih menu pertahakan WiFi saat ponsel tertidut / Keep WiFi on During Sleep.
- Anda pilih saja Ya / Always ya, untuk dapat menikmati konektivitas tanpa batas.

  • Mengakses jaringan tersembunyi atau ad-hoc
Pada beberapa jaringan tanpa kabel yang menggunakan router nirkabel dan harus  membelinya secara terpisah. Ketika anda memiliki lebih dari satu komputer maka anda dapat menggunakan komputer tersebut sebagai router yang memungkinkan anda dapat menyambungkan internet antara router satu dengan router lainnya.

Namun sangat disayangkan, smartphone android belum dapat mendeteksi WiFi ad-hoc seperti ini, sehingga anda perlu merubah sistemnya terlebih dahulu.

Anda dapat membuat smartphone anda root dahulu dan kemudiana anda kunjungi pengembang XDA untuk menghapus  beberapa keterbatasan sistem tersebut, anda dapat menambahkan sebuah patch yang bernama wpa-supplicant pada smartphone anda.

  • Masalah autentifikasi IP
Masala ini sering terjadi karena anda belum mendapatkan akuisisi IP ketika anda terhubung dengan jaringan tersebut. Sehingga WiFi tidak dapat bekerja karena gagal melalui proses ini. Solusi yang dapat anda lakukan adalah reboot router anda, dan jika masalah masih berlanjut anda dapat melakukan reset ulang smartphone anda ya.

Disini saya akan memberikan cara lain selain anda harus mereset ulang smartphone anda, yaitu anda dapat menggunakan WiFi Fixer. aplikasi ini dapat berfungsi untuk mengembalikan sistem yang terdapat pada WiFi dan beberapa layanan jaringan lainnya.

  • Wifi Terhubung, Tetapi Koneksi Sangat lambat
Ada beberapa masalah yang terjadi, ketika anda menggunakan wifi publik tentunya anda akan merasakan koneksi wifi lambat karena koneksi internet di bagi bagi per user yang terlibat. Akan tetapi ketika anda menggunakan WiFi di rumah, saya yakin koneksi internet anda akan stabil.

Solusinya anda dapat melakukan pengecekan kecepatan internet smartphone sehingga dapat menunjukkan seberapa cepat download, upload dan ping dari internet ya.

  • Menggunakan kode rahasia yaitu ##526##
Anda dapat menggunakan cara ini yaitu dengan cara
- Pertama silahkan anda buka menu telepon / penggilan anda
- Kemudian anda tekan ##526## dan klik ok ya
- Segera akan muncul pengaturan tentang WLAN
- Terakhir anda tinggal restart smartphone anda.

  • Cek Perangkat Wifi
Ketika koneksi tidak bisa dilakukan, anda dapat mengecek router yang anda miliki, apakah masih berfungsi atau tidak, dan jangan lupa cek pulsa atau saldo kuota internet anda.

Pastikan juga ketika wifi yang anda gunakan untuk koneksi internet di pasangi password, anda telah memasukan password secara betul karena password bersifat case sensive. Password wifi peka terhadap karakter besar atau kecil ya.

  • Cek perangkat yang terkoneksi
Router memiliki batasan maksimal perangkat yang dapat terhubung, solusinya anda dapat mengecek sudah berapakah perangkat yang terkoneksi, apabila sudah penuh tentunya anda tidak akan bisa terhubung.


  • Cek Wifi dengan perangkat lainnya
Cara terakhir yang dapat ditempuh adalah anda menggunakan perangkat lain untuk mengakses jaringan wifi tersebut seperti menggunakan laptop. Ketika dengan menggunakan perangkat lain belum juga terkoneksi tentunya yang menjadi masalah andalah router atau modem anda.

Demikianlah cara mengatasi wifi yang tidak terhubung, anda dapat menggunakan beberapa cara diatas sebelum anda membawanya ke customer servise

0 Response to "WiFi tidak bisa terhubung? Inilah penyebab dan solusinya"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel