Contoh soal dan pembahasan teori akuntansi

Konten [Tampil]
Contoh soal dan pembahasan teori akuntansi

Teori akuntansi sangat dibutuhkan dalam mengerjakan laporan keuangan karena teori akuntansi beperan dalam menentukan kriteria seperti apa yang akan dimasukan dalam laporan keuangan. Oleh karena itu, Teori akuntansi dimasukan kedalam salah satu mata kuliah wajib dalam akuntansi. Berikut ini adalah contoh soal teori akuntansi dan pembahasannya agar anda mudah dalam memahaminya.

1. Mengapa perlu adanya standar akuntansi dan bagaimana standar akuntansi dibentuk?
Jawab
- Berguna bagi auditor dalam melaksanakan audit
- Membandingkan laporan keuangan antar perusahaan
- Memberikan informasi akuntansi kepada pemakai tentang posisi keuangan, hasil usaha dan hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan.
- Memberikan data dasar bagi pemerintah tentang berbagai variabel yang dipandang penting dalam mendukung pengenaan pajak, pembuatan regulasi dan lain lain

2. Sebut dan jelaskan hubungan antara pendapatan dan biaya terhadap matching concept untuk mencari dasar hubungan yang rasional.
Jawab
Terdapat 3 konsep yaitu
  • Hubungan sebab akibat
Dasar yang paling ideal untuk menandingkan biaya dengan pendapatan adalah hubungan sebab akibat. Meskipun dasar ini sulit untuk dibuktikan, namun atas dasar pengamatan yang dilakukan para akuntan menunjukan bahwa baran / jasa tertentu yang digunakan dalam proses produksi pada akhirnya akan membantu dalam proses menghasilkan pendapatan selama periode tertentu. Atas dasar pengamatan fisik dan kejadian, jelas terlihat bahwa pendapatan tidak akan terjadi apabila tidak ada penyerahan barang dan jasa.
  • Alokasi sistematis dan rasional
Sering disebut dasar penandingan periodik atau penandingan tidak langsung. Alokasi sistematik dan rasional dapat digunakan sebagai dasar penandingan apabila dasar penandingan hubungan sebab akibat tidak dapat dilakukan. Atas dasar konsep penandingan ini, ukuran penandingan yang digunakan bukan produk tetapi periode, dengan demikian. biaya diakui dan dihubungkan dengan pendapatan pada periode terjadinya. Cost yang terjadi dapat dialokasikan dalam beberapa periode dan dapat juga langsung diakui dan dibebankan sebagai biaya.
  • Pembebanan segera
Apabila tidak ada alasan yang kuat untuk membebankan cost atas dasar hubungan sebab akibat ataupun alokasi sistematis dan rasional, maka cost langsung dapat dibebankan pada periode terjadinya alasan yang melandasi pembebanan dengan cara ini adalah kepraktisan.

3. Dalam menandingkan biaya dengan pendapatan, terdapat konsep hubungan sebab akibat yang mendasari hal tersebut. Jelaskan konsep tersebut bila dilihat dari penandingan langsung atas pengamatan fisik dan kejadian?
Jawab
Contoh pengorbanan yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam rangka memperoleh barang akan dicatat sebagai aktiva sebesar costnya diakui sebagai persediaan bolam. Selama aktiva tidak dijual atau digunakan nilai tersebut dianggap akan tetap tercantum dalam neraca. Apabila perusahaan melakukan kegiatan, nilai tersebut dianggap akan tetap tercantum dalam neraca. Apabila perusahaan melakukan kegiatan menghasilkan pendapatan baik langsung maupun tidak langsung berarti ada bagian cost yang telah dikeluarkan untuk menghasilkan pendapatan. Bagian cost inilah yang disebut dengan biaya. Apabila satu bolam terjual dan menghasilkan pendapatan maka hasil penjualan tersebut diperoleh pendapatan maka hasil penjualan tersebut diperoleh pendapatan sedang bagian cost barang dagangan yang telah terjual dinamakan biaya.

4. Teori akuntansi merupakan konsepsi yang tidak bisa dilepaskan dalam penyusunan standar akuntansi dalam menyajikan informasi dalam penyusunan laporan keuangan kagiatan entitas bisnis yang beragam?
Jawab
Entitas mempunyai cara tersendiri dalam membuat laporan keuangan sehingga antar perusahaan satu dengan perusahaan yang lain mempunyai prosedur dan prinsip akuntansi yang berbeda. Keduanya tidak akan terlepas dari standar akuntansi. teori akuntansi merupakan konsep dari semua elemen yang ada dilaporan keuangan , dengan berbagai definisi, pengukuran dan pengakuian dapat digunakan untuk menyusun standar akuntansi sehingga dapat mewujudkan keseragaman laporan keuangan.

5. Mengapa laba belum mencerminkan informasi berkenaan aliran kas masuk periodik?
Jawab
Karena aliran kas masuk perusahaan terbagi menjadi dua yaitu pendapatan dan keuntungan. Pendapatan merupakan aliran kas masuk periodik dimana ada sejumlah biaya yang dikorbankan untuk mendapatkan pendapatan tertentu yang dapat langsung dialokasikan ke dalam laporan laba rugi sebagai pendapatan periode tersebut. Hal ini berbanding terbalik dengan keuntungan didalam keuntungan itu terdapat beberapa elemen yang harus dialokasikan ke beberapa periode seperti bunga bank.

6. Apakah terdapat dasar penentuan nilai aktiva.
Jawab
Ada, terdapat 5 dasar yaitu.
  • cost historis
  • cost masukan terkini
  • nilai pasar terkini
  • nilai sekarang aliran kas mendatang
  • nilai bersih dapat direalisasi
7. Jelaskan konsep income apabila dilihat dari identifikasi dan informasi yang memiliki kemampuan untuk membuat perbedaan antara profit - income - value
Jawab
Profit > Selisih pengukuran pendapatan dna biaya
Income > Kenaikan aktiva suatu entitas atau penurunan hutang dari penyerahan barang atau jasa yang merupakan kegiatan utama perusahaan
Value > Naiknya nilai perusahaan dimata pemegang saham

Demikianlah bahasan mengenai contoh soal dan jawaban teori akutansi, semoga dapat menjadi referensi anda ya

0 Response to "Contoh soal dan pembahasan teori akuntansi"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel