Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang Beserta Jawabannya

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang beserta jawabannya menjadi bagian dari materi akuntansi keuangan lanjutan. Sistem informasi akuntansi berguna untuk memberikan informasi keuangan secara akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dalam pengambilan keputusan taktis oleh manajemen perusahaan.

Perbedaan kantor pusat, kantor cabang dan kantor agen dalam akuntansi keuangan lanjutan memberikan informasi hak jual dan tanggungjawab pemberian omzet bagi perusahaan. Sistem desentralisasi adalah sistem dimana kantor cabang melaksanakan pembukuan sendiri untuk penilaian kinerja keuangannya.

Hubungan kantor pusat dan kantor cabang harus dibuatkan laporan keuangan konsolidasi. Pengertian laporan keuangan konsolidasi adalah laporan yang dibuat dengan tujuan menggabungkan kekayaan antar perusahaan ketika menciptakan sebuah permasalahan pencapaian didirikannya entitas oleh pemegang saham.

Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang Beserta Jawabannya

Apa itu Kantor Pusat, Kantor Cabang dan Kantor Agen?

Pengertian kantor pusat adalah kantor tempat pusat administrasi produk dan perdagangan perusahaan. Kantor pusat bertujuan agar seluruh mekanisme pembayaran dan perhitungan kinerja keuangan tersentralisasi. Akuntansi kantor pusat dapat membentuk kantor cabang dan kantor agen sesuai kebutuhannya.

Pengertian kantor cabang adalah kantor yang digunakan untuk memperdagangkan barang dagang kepada pelanggan untuk daerah tertentu. Kantor cabang memiliki otonomi sendiri sehingga kantor pusat hanya akan menerima laporan laba rugi setiap periode sebagai dasar penyusunan laporan keuangan konsolidasi.

Pengertian kantor agen adalah kantor yang digunakan untuk memperlihatkan barang sampel agar pembeli dapat memprioritaskan pembayarannya. Pembeli akan meminta sampel barang terlebih dahulu sebelum melaksanakan pembelian barang dalam jumlah besar sebagai dasar kesesuaian produk yang diciptakannya.

Baca Juga: Cara Menghitung Umur Piutang Tak Tertagih dari Tanggal Invoice

Contoh Soal Hubungan Kantor Pusat dan Kantor Cabang

Contoh soal hubungan kantor pusat dan kantor cabang dapat berbentuk informasi laba rugi yang disampaikan setiap bulannya. Kantor cabang berkewajiban menyampaikan pendapatan yang diterimanya ketika mampu memperdagangkan barang dari pengiriman kantor pusat sesuai masanya.

Contoh soal akuntansi kantor pusat, kantor cabang dan kantor agen dijalankan setiap satu periode akuntansi. Mengapa kantor cabang melaksanakan pembukuan sendiri karena adanya kewajiban pembuatan laporan keuangan konsolidasi setiap tahun atas aset yang dimiliki oleh masing-masing perusahaan.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan kantor cabang terjadi pada PT Rafinternet yang mengirimkan persediaan barang sebanyak 54 unit dengan hpp sebesar Rp 872.000. Biaya pengiriman barang ke kantor cabang adalah Rp 41.000. Bagaimana jurnal pencatatan yang harus dibuat oleh perusahaan tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal Metode Bonus dan Metode Goodwill dalam Pembentukan Persekutuan

Contoh Laporan Keuangan Konsolidasi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh laporan keuangan konsolidasi kantor pusat dan cabang bertujuan agar memusatkan informasi keuangannya. Kantor pusat berkewajiban menyampaikan laporan laba rugi setiap periodenya sebelum mempublikasikan dan menggunakannya untuk penyampaian spt tahunan badan setiap 1 tahun fiskal.

Contoh laporan keuangan konsolidasi kantor pusat wajib diselenggarakan setelah masing-masing kantor cabang menyampaikan informasi keuangannya. Seluruh prosedur pemberian informasi wajib disesuaikan standar akuntansi keuangan terutama penggunaan akun resiprokal atau akun timbal balik.

Jurnal pencatatan akuntansi kantor pusat dan cabang diprioritaskan terhadap masalah umum dan masalah khusus. Masalah khusus kantor cabang adalah ketika kantor pusat mengakui sejumlah pengiriman barang diatas harga pokok untuk mengurangi biaya ongkos kirim. Adapun jurnal bagi kantor pusat sebagai berikut:

Baca Juga: Karakteristik Penjualan Angsuran dan Penjualan Konsinyasi

Demikian contoh akuntansi kantor pusat dan kantor cabang beserta jawabannya dalam materi akuntansi keuangan lanjutan. Setiap wajib pajak harus melaporkan spt tahunan yang berisikan informasi pendapatan, biaya dan aktiva yang dimiliki ketika menyelenggarakan operasional perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Kantor Pusat dan Kantor Cabang Beserta Jawabannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel