Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah

Konten [Tampil]

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah bertujuan agar wajib pajak dapat melaporkan nilai persediaan sesuai standar akuntansi keuangan. Persediaan adalah akun yang digunakan untuk menampung seluruh barang jadi, bahan baku, barang konsinyasi dan barang dalam proses pengiriman.

Contoh kasus penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari perlu diterapkan untuk mengukur kinerja pendapatan dan biaya. Prinsip perbandingan atau matching cost againt revenue diperlukan sebagai dasar perusahaan mencatat seluruh informasi keuangan selama satu periode terutama pengakuan pendapatan dan beban.

Materi penjualan konsinyasi akuntansi keuangan lanjutan harus dikerjakan setiap kali adanya transaksi keuangan. Perbedaan penjualan angsuran dan penjualan konsinyasi terletak pada perpindahan hak milik barang dan pemungutan pajak pertambahan nilai sesuai objek pajak yang diterapkan di perusahaan tersebut.

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah

Isi Surat Perjanjian Penjualan Konsinyasi

Isi surat perjanjian penjualan konsinyasi terdiri dari informasi kesepakatan antar pengamanat dengan komisioner. Konsinyi dan konsiyor harus bekerjasama agar memperoleh keuntungan selama menjalankan aktivitas bisnisnya untuk mencegah terjadinya kecurangan ketika terjadi pengiriman barang konsinyasi.

Apakah isi surat perjanjian penjualan konsinyasi terdiri atas siapakah yang menanggung biaya atas produk dan berapakah persentase pendapatan komisi perusahaan. Karakteristik penjualan angsuran adalah pengiriman produk disertai perpindahan hak milik dan akan terutang pajak pertambahan nilai setiap periodenya.

Isi surat perjanjian penjualan konsinyasi bagi komisioner dan pengamanat dapat dilaksanakan untuk mencegah terjadinya kecurangan selama menjalankan aktivitas bisnis. Materi akuntansi keuangan lanjutan tentang sistem konsinyasi dapat diterapkan pada perusahaan dagang baik perseroan terbatas atau perseorangan.

Baca Juga: Karakteristik Penjualan Angsuran

Contoh Soal Penjualan Konsinyasi dalam Kehidupan Sehari-Hari

Contoh soal penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari dilaksanakan oleh wajib pajak sebagai dasar pelaporan keuangannya. Laporan keuangan perusahaan manufaktur tentu memiliki akun persediaan dimana persediaan harus dilaporkan sesuai nilai yang tercantum pada aset dilaporan keuangannya.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah harus diselenggarakan dengan menerapkan sistem pengendalian internal. Pengamanat atau consignor adalah pihak pemilik barang yang dikirimkan ke gudang pihak ketiga dalam rangka meminta bantuan agar diperdagangkan.

Contoh kasus penjualan konsinyasi dalam kehidupan sehari-hari terjadi pada PT Rafinternet yang menerima kiriman barang sebanyak 80 unit dengan harga jual Rp 97.500. Apabila pendapatan komisi sebesar 15% dan biaya promosi yang diklaim sebesar Rp 45.000. Buatlah jurnal pencatatan akuntansi keuangan lanjutan yang diperlukan?

Baca Juga: Format Laporan Penjualan Konsolidasi

Jurnal Konsinyasi Metode Laba Terpisah bagi Komisioner

Jurnal konsinyasi metode laba terpisah bagi komisioner berperan agar laporan penjualan konsinyasi dapat diterbitkan setiap bulannya. Komisioner akan mengirimkan dana penjualan kepada pengamanat sebesar jumlah penjualan setelah dikurangi biaya operasional seperti biaya promosi dan biaya komisi.

Jurnal konsinyasi metode perpetual dan periodik dapat disesuaikan dengan kebijakan akuntansi yang diterapkan. Karakteristik utama penjualan angsuran dan konsinyasi adalah pengakuan hak milik setelah terjadi pengiriman barang. Termin pembayaran dijadikan dasar bagi pelanggan melaksanakan pembayarannya.

Contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah harus diselenggarakan secara formal terutama ketika mengakui pendapatan ditahun berjalan. Isi surat perjanjian penjualan konsinyasi dijadikan dasar bagi pengamanat mengukur efektifitas sistem konsinyasi yang diterapkan.

Adapun jurnal konsinyasi bagi komisioner dengan metode laba terpisah adalah

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/09/2022Konsinyasi Masuk - Biaya Promosi Rp 100.000
Kas Rp 100.000
01/09/2022Konsinyasi Masuk - Penjualan Barang Rp 4.387.500
Kas Rp 4.387.500
30/09/2022Konsinyasi Masuk - Biaya Komisi Rp 658.125
Pendapatan Komisi Rp 658.125
30/09/2022Konsinyasi Masuk Rp 3.629.375
Hutang kepada Pengamanat Rp 3.629.375
30/09/2022Pendapatan Komisi Rp 658.125
Laba rugi Rp 658.125

Baca Juga: Contoh Soal Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah dalam Penjualan Angsuran

Demikian contoh soal penjualan konsinyasi metode laba terpisah dan tidak terpisah dalam sistem pengedalian internal persediaan. Laporan keuangan konsolidasi akan menggabungkan antar perusahaan yang ingin bersinergi menjalin kerjasama sebagai upaya merger atau akuisisi saham.

0 Response to "Contoh Soal Penjualan Konsinyasi Metode Laba Terpisah dan Tidak Terpisah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel