Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate

Konten [Tampil]

Cara pengembalian dana atas retur penjualan dan kelebihan pembayaran invoice di accurate merupakan aktivitas perusahaan mengurangi overpay yang dilakukan atas kesalahan transfer pelanggan. Setiap pelanggan memiliki akses untuk membayarkan tagihan sesuai dengan target yang telah ditentukannya.

Cara refund dana di accurate harus dapat memberikan kemudahan dalam prosedur pelaporan catatan atas laporan posisi keuangan. Laporan laba rugi adalah informasi yang berkaitan dengan penilaian kinerja pendapatan dan biaya yang dikorbankan agar dapat mencari keuntungan dan kerugian selama kegiatan beroperasi.

Bagaimana langkah-langkah mencatat pengembalian dana atas retur penjualan dan kelebihan transfer yang dilakukan pelanggan harus didasarkan pada bukti transaksi yang mendukung. Setiap perusahaan diwajibkan membayarkan tagihan sesuai dengan alur sistem informasi berdasarkan kewajiban perpajakannya.

cara refund dana accurate

Apa itu Pengembalian Dana

Pengertian pengembalian dana adalah prosedur perusahaan mentransfer dana kepada pelanggan yang telah melakukan kesalahan kelebihan transfer dan terjadi retur penjualan. Setiap perusahaan diwajibkan mengalokasikan kebutuhan informasi bisnis untuk mendatangkan peluang memperpanjang masa kerjasamanya.

Cara pengembalian dana atas retur penjualan dan kelebihan pembayaran invoice di accurate akan mempermudah siklus pencatatan akuntansi. Program akuntansi berbasis website akan mengalokasikan kebutuhan berdasarkan tingkatan bisnis yang disesuaikan dengan pelaksanaan pembayaran tagihan per periodenya.

Apa itu refund dana? Pengertian refund dana adalah permintaan pelanggan untuk melakukan penarikan uang atas kelebihan transfer yang tidak didasarkan pada invoice. Invoice adalah dokumen resmi tagihan yang telah dikeluarkan entitas untuk melaksanakan target pembayaran sesuai yang dijanjikannya.

Baca Juga: Perbedaan Jasa Logistik dan Ekspedisi

Penyebab Terjadinya Refund Dana Pelanggan

Penyebab terjadinya refund dana pelanggan harus diselidiki agar entitas dapat melaksanakan perintah perihal pembayaran sesuai dengan invoice. Invoice adalah dukumen resmi berkaitan dengan proses pembayaran yang telah disesuaikan berdasarkan kesepakatan informasi yang diatribusikan per periodenya.

1. Overpay Tagihan Invoice

Overpay artinya pembayaran tagihan yang berlebih atau tidak sesuai nominal yang ditagihkan. Bagi perusahaan, kelebihan pembayaran dapat digunakan untuk melunasi tagihan pelanggan dikemudian hari. Bagi pelanggan, arus kas yang telah dikeluarkan mengakibatkan perubahan terhadap komposisi modalnya.

2. Retur Penjualan

Retur penjualan adalah aktivitas pelanggan mengembalikan barang yang tidak sesuai spesifikasi yang diminta. Pengembalian barang harus disertai alasan agar entitas dapat menelusuri hal yang berkaitan dengan kualitas produk. Produk berkualitas akan mengurangi resiko barang cacat dan barang rusaknya.

Baca Juga: Contoh Kasus Pembentukan Persekutuan

Bagan Alir Pengembalian Dana di Accurate

Bagan alir atau flowchart pengembalian dana di accurate diawali dengan adanya invoice yang telah diterbitkan oleh pelanggan. Pelanggan diberikan hak untuk membayarkan tagihan sesuai nilai tercantum. Overpay sebaiknya dihindari agar cash flow atau arus kas entitas dapat dijaga keberadaannya.

Cara pengembalian dana atas retur penjualan dan kelebihan pembayaran invoice di accurate dapat menjadi alasan bagi entitas untuk mengembangkan program internet banking. Internet banking adalah layanan perbankan yang dapat diakses oleh nasabah tanpa harus datang ke teller melalui jaringan internet.

Flowchart refund dana diperlukan agar kondisi keuangan entitas dapat dilanjutkan berdasarkan siklus pengembangan sistem. Sistem informasi berbasis web akan memanfaatkan jaringan cloud atau awan sebagai basis data pembayarannya. Setiap pembayaran hendaknya disesuaikan komposisi hutang piutangnya.

Baca Juga: Cara Membuat Daftar Umur Piutang di Accurate

Langkah-Langkah Input Pengembalian Dana atau Refund di Accurate

  1. Buatlah bukti refund dana seperti surat permintaan pelanggan dan bukti transfernya
  2. Arahkan pelanggan untuk membuka m-banking untuk mutasi
  3. Masuk ke aplikasi accurate
  4. Arahkan ke menu Daftar > Penjualan > Penerimaan Penjualan
  5. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  6. Seluruh pembayaran pelanggan akan tercantum, dan dapat memilih menu baru
  7. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  8. Carilah invoice yang lebih pembayaran atau overpay
  9. Isilah nilai yang dikembalikan dengan angka minus atau -
  10. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  11. Cetak bukti transaksi dan lihat jurnalnya
  12. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  13. Kembali ke menu laporan keuangan
  14. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  15. Pilih Akun Piutang & Pelanggan dan pilih Rincian Buku Besar Pembantu Piutang
  16. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  17. Lihat waktu pencatatan tagihan
  18. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate
  19. Lihat mutasi refund dana melalui rincian buku besar pembantu piutang
  20. Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate

Baca Juga: Cara Membeli Lisensi Accurate Enterprise

Demikian cara pengembalian dana atas retur penjualan dan kelebihan pembayaran invoice di accurate sesuai dengan prinsip dasar akuntansi. Setiap perusahaan diwajibkan membayarkan tagihan sesuai presentase invoice jatuh tempo. Semakin lama umur piutang mengakibatkan entitas berkurang estamasi arus kasnya.

0 Response to "Cara Pengembalian Dana atas Retur Penjualan dan Kelebihan Pembayaran Invoice di Accurate"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel