Contoh Soal Pembentukan Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Konten [Tampil]

Contoh soal pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadi bagian dari publikasi karya ilmiah mahasiswa program studi akuntansi. Mahasiswa tingkat akhir harus dapat mempersiapkan sejak dini berkaitan dengan konsentrasi menjadi wirausaha, karyawan swasta atau karyawan bumn sesuai prosedurnya.

Contoh soal akuntansi pendirian persekutuan bagi sekutu yang sudah memiliki usaha dan sekutu yang belum memiliki usaha disesuaikan dengan kontribusi masing-masing ahli. Buku lama dan buku baru dapat diciptakan untuk mempermudah proses pencatatan segala aktivitas yang berkaitan dengan perubahan modal.

Prosedur pendirian firma diawali dengan kegiatan distribusi masing-masing departemen. Departemen marketing menjadi divisi utama yang dapat menghasilkan arus kas optimal yang dapat digunakan sebagai pembayaran hutang, investasi aktiva tetap dan pendanaan kebutuhan jangka panjang sesuai rapat umum pemegang saham.

Contoh Soal Pembentukan Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Apa itu Akuntansi Keuangan Lanjutan

Pengertian akuntansi keuangan lanjutan adalah cabang akuntansi yang mempelajari berbagai metode pencatatan bisnis. Tujuan akl dipelajari adalah memahami bahwa setiap calon wisudawan akan bertanggungjawab terhadap segala macam pencatatan bisnis yang disesuaikan dengan kontribusi pasarnya.

Contoh soal pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan dapat menyesuaikan karakteristik firma. Firma adalah badan usaha yang diciptakan dalam rangka mempermudah prosedur pemberian hutang jangka panjang. Hutang adalah kegiatan perusahaan meminjam sumber dana dari pihak ketiga sesuai keinginannya.

Apa itu akuntansi keuangan lanjutan? Pengertian AKL dalam akuntansi adalah materi pencatatan yang diawali dengan persekutuan, penjualan cicilan, penjualan konsinyasi, penggabungan usaha bahkan marger antar perusahaan. Laporan keuangan dibuat dalam rangka memudahkan proses identifikasi bisnis transaksinya.

Baca Juga: Cara Kerja Robo Advisor Bareksa dan Bibit

Perbedaan Sekutu Baru dan Sekutu Lama

Contoh soal pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan akan melibatkan pihak yang menyetorkan dana. Sekutu adalah pemilik usaha yang mau membiayai segala aktivitas operasionalnya. Sekutu bertugas memberikan dana sesuai yang dibutuhkan agar kegiatan administrasi dapat berjalan.

Sekutu baru adalah julukan bagi seseorang yang ingin menginvestasikan dana pribadi untuk membantu kegiatan operasional perusahaan. Staff pajak kerjanya adalah membayarkan pajak menggunakan dana perusahaan tanpa harus mempertimbangkan kebutuhan lainnya yang disesuaikan kapasitas produksi.

Sekutu lama adalah julukan bagi pemilik usaha yang telah bergabung dan merasakan laba rugi bisnis. Sekutu lama terdiri dari sekutu aktif dan sekutu pasif. Semakin aktif sekutu dalam berorganisasi maka dapat meningkatkan kebutuhan bisnis untuk mencegah terjadinya manipulasi data laporan keuangan yang terstruktur.

Baca Juga: Perbedaan Akuntansi Pengantar dan Akuntansi Keuangan Menengah

Contoh Soal Pembentukan Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan

Contoh soal pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan menjadikan pertanggungjawaban pemakaian dana sekutu. Karakteristik firma tentu harus dimengerti agar tidak saling menyalahkan saat perusahaan mengalami kerugian. Kerugian harus ditanggung oleh sekutu yang memiliki prosentase paling besar.

Pendirian firma dapat terjadi setelah berkembangnya perusahaan perseorangan. Tentu wajib pajak menginginkan agar dapat mengembangkan produk disertai dengan penambahan modal secara gratis. Modal gratis didapatkan dari karyawan yang tidak ingin digaji oleh perusahaan tetapi dengan memberikan loyalitasnya.

Contoh soal akuntansi pendirian firma terjadi ketika PT Rafinternet telah membelikan motor senilai Rp 23.500.000 dan transfer dana senilai Rp 44.500.000 untuk membentuk usaha baru. Teman kerja telah melakukan publikasi data laporan keuangan sebelum terjadinya pembentukan persekutuan sebagai berikut

Laporan Posisi Keuangan
Persekutuan Teman Kerja
31/12/2023
AktivaPassiva
- Kas Rp 23.062.500 - Hutang Bank Rp 28.472.222
- Piutang Dagang Rp 20.500.000 - Hutang lain-lain Rp 51.250.000
- Kendaraan Rp 23.062.500
- Tanah Rp 12.812.500 - Modal Teman Kerja Rp 22.777.778
- Bangunan Rp 23.062.500
Jumlah Rp 102.500.000 Rp 102.500.000

Keputusan para sekutu saat pembentukan firma akan melanjutkan buku dari rekan kerja. Sebelum kegiatan usaha bersama dimulai, maka terjadi penyesuaian terhadap aset yang dimiliki. Adapun penyesuaian nilai wajar atas transaksi yang dimiliki perusahaan adalah

  1. Piutang dinilai sebesar 86%
  2. Kendaraan mengalami penurunan harga menjadi Rp 19.000.000
  3. Bangunan mengalami kerusakan dan keusangan sehinggan nilai berkurang 11%

Jurnal Mencatat Setoran Sekutu Baru

Jurnal mencatat setoran sekutu baru disesuaikan dengan kepasitas dari staff pajak dan staff accounting yang dimiliki. Bukti transaksi adalah informasi yang didapatkan dari berbagai macam departemen untuk menyelenggarakan kegiatan pencatatan atas segala arus kas operasional yang keluar masuk sesuai periodenya.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
03/09/2023 Kas Rp 44.500.000
Kendaraan Rp 23.500.000
Modal PT Rafinternet Rp 68.000.000

Jurnal Mencatat Penyesuaian Setoran Sekutu Lama

Jurnal mencatat penyesuaian setoran sekutu lama harus diselenggarakan sebelum transaksi dilanjutnya. Penghindaran kewajiban pembayaran tagihan berganda akan mengkontribusi kebutuhan berbisnis. Sekutu lama hanya melakukan penyesuaian atas nilai wajar yang telah disepakati saat akta pendirian baru dibuat.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
03/09/2023 Modal Rekan Kerja Rp9.469.375
Piutang Dagang Rp 2.870.000
Bangunan Rp 2.536.875
Kendaraan Rp 4.062.500

Baca Juga: Cara Beli Accurate Online Murah

Demikian contoh soal pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan sesuai dengan pedoman persamaan dasar akuntansi. Dasar-dasar akuntansi harus diperlihatkan untuk mempermudah proses pengerjaan informasi yang disesuaikan dengan kondisi keuangan taktis berdasarkan periode pelaporannya.

0 Response to "Contoh Soal Pembentukan Persekutuan Akuntansi Keuangan Lanjutan"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel