Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas dan Perhitungannya

Konten [Tampil]

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan perhitungannya merupakan dasar bagi entitas dalam rangka menerapkan kebijakan akuntansi. Setiap perusahaan memiliki prosedur penjualan, pembelian, pembiayaan pesanan, pembayaran tagihan, penerimaan piutang dan perhitungan nilai buku aktiva tetap.

Contoh soal hubungan induk perusahaan dengan anak perusahaan harus dikaitkan dengan perkembangan sistem informasi akuntansi. Akrual basis dan kas basis mempertimbangkan pentingnya pencatatan bisnis agar dapat dibandingkan setiap kali aktivitas penjualan dan pembelian diselenggarakan oleh perusahaannya.

Mengapa metode ekuitas lebih dominan digunakan dalam penyusunan laporan konsolidasi sebab adanya perhitungan hak kontrol yang didapatkannya. Metode ekuitas telah diatur dalam PSAK sehingga setiap perusahaan harus mematuhi standar akuntansi keuangan yang berlaku sesuai tingkat perkembangan bisnisnya.

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas dan Perhitungannya

Kapan Perusahaan Menggunakan Metode Ekuitas dan Metode Biaya

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan perhitungannya dipertimbangkan agar karakteristik perseroan terbatas tetap dipatuhi. Perbedaan persekutuan dan perseroan terbatas harus dilihat agar pertanggungjawaban terhadap hutang piutang dapat diselesaikan berdasarkan tingkatan bisnis yang dikerjakannya.

Kapan perusahaan menggunakan metode ekuitas yaitu saat entitas telah memahami sistem pengendalian internal perusahaan. Auditor internal bertugas memeriksa sebagian besar kekayaan perusahaan agar terjadi efektifitas dalam pemakaian bahan baku. Produktivitas karyawan perlu ditingkatkan dengan kenaikan gaji setiap bulannya.

Kapan perusahaan menggunakan metode biaya yaitu saat entitas tidak memiliki kontrol terhadap perusahaan lain. Investasi saham hanya akan berpengaruh tinggi apabila badan usaha atau orang pribadi memiliki sejumlah dana yang cukup besar bergantung pada kapasitas produksi yang diselenggarakannya.

Baca Juga: Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Firma dan Jawabannya

Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas dan Jawabannya

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan jawabannya harus didasarkan pada prosedur pembelian saham anak perusahaan oleh induk perusahaan. Pendirian persekutuan, perubahan keanggotaan firma dan dibubarkannya persekutuan berakibat pada aspek legalitas yang dimiliki perusahaan.

Contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode biaya dan metode ekuitas wajib memahami siklus akuntansi. Siklus akuntansi adalah dasar bagi entitas untuk mencatat transaksi agar sesuai kebijakan yang diterapkan. Staff accounting dan staff finance diharapkan mampu mengaplikasikan setiap pertumbuhannya.

Apa saja yang perlu disesuaikan jika terjadi perubahan dari metode biaya ke metode ekuitas adalah hak kontrol. Metode biaya beranggapan perusahaan hanya melaksanakan investasi saham dan menunggu dividen yang akan dibagikan berdasarkan jumlah laba ditahannya. Laba ditahan adalah keuntungan yang didapatkan perusahaan dari aktivitas operasional tetapi belum dibagikan.

Baca Juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Gabungan Kantor Pusat dan Cabang

Cara Menyusun Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas

Cara menyusun laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan perhitungannya beranggapan perusahaan dapat mengendalian entitas lain karena memiliki sebagian besar saham yang beredar. Jika Bank Mandiri mau menginvestasi kas dalam bentuk saham ke PT Rafinternet, maka pt rafinternet akan memberikan laporan keuangannya sebagai berikut

PT Rafinternet
Aktiva
Kas Rp 24.230.769
Piutang Rp 27.692.308
Persediaan Rp 24.230.769
Aktiva Tetap Rp 10.384.615
Aktiva Lain Rp3.461.538
Jumlah Rp 90.000.000
Hutang
Hutang Bank Rp 21.000.000
Hutang dagang Rp 27.000.000
Ekuitas
Modal Saham Rp 24.000.000
Agio Saham Rp3.000.000
Laba Ditahan Rp 15.000.000
Jumlah Rp 90.000.000

Bank mandiri mau membeli 90 lembar saham yang beredar dengan nilai wajar Rp 275.000 dan nilai nominal Rp 250.000. Bagaimana jurnal investasi saham anak perusahaan yang harus dibuat adalah

Tanggal Keterangan Debit Kredit
12/02/2023Investasi Saham pada PT Rafinternet Rp 24.750.000
Kas Rp24.750.000

Akuntansi keuangan lanjutan 2 hubungan induk perusahaan dan anak perusahaan ditetapkan berdasarkan hak kontrol yang dimilikinya. Bagaimana cara mengitung hak kontrol dihitung berdasarkan jumlah saham dimiliki dengan jumlah saham yang beredar di pasar modal.

Rumus hak kontrol
Jumlah Saham yang Dibeli90 lembar
Jumlah Saham yang beredar96 lembar
Persentase pemilikan saham94%

Setelah penggabungan usaha dan pembuatan laporan keuangan konsolidasi. PT Rafinternet mampu menciptakan laba sebesar Rp 37.000.00 selama satu tahun. Bagaimana cara menghitung laba yang boleh diakui induk perusahaan terhadap kekayaan anak perusahaan?

Tanggal Keterangan Debit Kredit
Investasi Saham pada PT Rafinternet Rp 77.080.000
Laba Bank Mandiri Rp77.080.000

Baca Juga: Karakteristik Persekutuan dan Perseroan Terbatas

Demikian contoh soal laporan keuangan konsolidasi metode ekuitas dan perhitungannya dalam sistem informasi akuntansi dan pajak. Proses pembukuan atas bukti transaksi dapat dilakukan menggunakan program akuntansi seperti accurate, zahir, myob dan sap bergantung pada kebutuhan bisnis di entitas tersebut

0 Response to "Contoh Soal Laporan Keuangan Konsolidasi Metode Ekuitas dan Perhitungannya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel