Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Firma bagi Sekutu yang Belum Memiliki Usaha

Konten [Tampil]

Contoh soal akuntansi pembentukan firma bagi sekutu yang belum memiliki usaha merupakan aktivitas para pemegang saham untuk mendirikan persekutuan. Tujuan pendirian firma adalah meningkatkan kualitas pembayaran tagihan dengan tambahan modal dan perluasan pangsa pasar yang dimiliki perusahaan.

Contoh soal pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan bertujuan agar perusahaan perseorangan dapat menghasilkan produk baru. Isi perjanjian firma harus disetujui oleh para sekutu sebelum transaksi dilakukan. Umur firma terbatas dan berakhir ketika terjadi perubahan pemilikan persekutuan.

Pembentukan firma atau partnership perlu mempertimbangkan akta pendirian perusahaan. Sekutu aktif dan sekutu pasif akan memperoleh pembagian laba rugi berbeda setiap periodenya. Persekutuan akan melibatkan harta pribadi sekutu ketika terjadi proses pembubaran persekutuan saat mengalami kerugian.

Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Firma bagi Sekutu yang Belum Memiliki Usaha

Apa yang Dimaksud dengan Persekutuan dalam Akuntansi

Pengertian persekutuan adalah kegiatan usaha bersama yang dilakukan masing-masing sekutu dengan melibatkan setoran modal awal dan perkiraan laba yang didapatkan. Firma dibentuk oleh dua orang atau lebih baik sudah pernah mendirikan perusahaan perseorangan atau belum berpengalaman dalam berbisnis.

Apa yang dimaksud dengan persekutuan dalam akuntansi adalah aktivitas bisnis yang dilakukan oleh dua orang wajib pajak untuk menciptakan omzet penjualan dengan mempergunakan modal bersama. Karakteristik utama firma adalah memiliki usia terbatas dan laba dibagikan berdasarkan tingkat partisipasinya.

Pengertian partnership menurut para ahli adalah penggabungan modal kas dan aktiva non kas para sekutu untuk menjalin kerjasama bisnis yang menguntungkan. Prinsip dasar akuntansi yang diterapkan untuk akuntansi pendirian persekutuan adalah pemisahan harta pribadi pemilik dengan kegiatan usaha bersamanya.

Baca Juga: Contoh Soal Metode Goodwill dan Metode Bonus Persekutuan

Tujuan Pembentukan Persekutuan atau Firma

Tujuan pembentukan persekutuan atau firma adalah menciptakan kegiatan usaha bersama antar sekutu yang terlibat untuk mencapai perluasan pangsa pasar dan mendatangkan keuntungan lebih bagi perusahaan. Sekutu firma yang terlibat dalam transaksi minimal lebih dari 1 orang baik bersaudara ataupun tidak.

Hal apa saja yang menyebabkan perubahan kepemilikan persekutuan tentu adanya permindahan modal antara sekutu. Perubahan pemilikan persekutuan artinya firma secara hukum dibubarkan dan harus membuat akta pendirian yang baru. Limited life artinya karakteristik firma yang mempunyai usia terbatas.

Contoh soal akuntansi pembentukan firma bagi sekutu yang belum memiliki usaha harus diselenggarakan secara wajar sesuai prinsip akuntansi. Hal yang harus terdapat pada perjanjian pendirian persekutuan diantaranya

  1. Informasi usaha yang diselenggarakan.
  2. Informasi para sekutu yang terlibat
  3. Bagaimana mekanisme perubahan persekutuan
  4. Metode pembagian laba rugi firma yang diterapkan
  5. Perlakuan nilai lebih para sekutu sebagai goodwill ataupun bonus

Baca Juga: Karakteristik Persekutuan

Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Firma bagi Sekutu yang Belum Memiliki Usaha

Contoh soal akuntansi pendirian firma bagi sekutu yang belum memiliki usaha dapat membentuk buku baru. Masing-masing anggota sekutu akan menyetorkan harta pribadinya seperti kas, kendaraan, gedung, tanah dan bangunan agar dapat menjalankan aktivitas bisnis pertama untuk menciptakan penjualan barang dagang.

Pembentukan persekutuan akuntansi keuangan lanjutan perlu mempertimbangkan aliran bisnis perusahaan. Perjanjian kerjasama bisnis harus disetujui sebelum menjalankan usahanya. Persentase setoran modal awal akan menentukan pembagian laba rugi persekutuan dimasa mendatang.

Contoh soal akuntansi pembentukan firma bagi sekutu yang belum memiliki usaha terjadi saat tuan raffi, dinda dan saidah sepakat menyetorkan kas senilai Rp 24.000, Rp 9.000, Rp 15.000. Dinda menyerahkan kendaraan senilai Rp 10.000. Buatlah jurnal pencatatan akuntansi pendirian persekutuan tersebut?

Jurnal Setoran Modal Awal Sekutu dalam Pendirian Persekutuan

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31/05/2022Kas Rp 48.000
Kendaraan Rp 10.000
Modal Raffi Rp 24.000
Modal Dinda Rp 19.000
Modal Saidah Rp 15.000

Baca Juga: Contoh Kasus Koreksi Kesalahan Pencatatan Masa Lalu

Demikian contoh soal akuntansi pembentukan firma bagi sekutu yang belum memiliki usaha dengan membuat buku baru. Manajemen laba adalah proses dimana perusahaan meningkatkan laba yang didapatkan secara tidak sah. Manajemen laba berdampak pada kepercayaan pengguna laporan keuangan internal.

0 Response to "Contoh Soal Akuntansi Pembentukan Firma bagi Sekutu yang Belum Memiliki Usaha"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel