Contoh Soal Kegagalan Pembayaran Hutang Pelanggan Penjualan Angsuran

Konten [Tampil]

Contoh soal kegagalan pembayaran hutang pelanggan penjualan angsuran merupakan tindakan perusahaan dalam rangka menjalankan kewajiban perpajakan yang terjadi saat retur penjualan. Pembatalan penjualan angsuran berakibat pada penurunan jumlah kas yang diterima beserta perpindahan hak milik barang ke perusahaan kembali.

Contoh kasus pembatalan penjualan angsuran barang bergerak dan barang tidak bergerak mengakibatkan entitas mengalami kondisi kesulitan keuangan. Ketidakmampuan pelanggan melunasi tagihan berakibat pada peningkatan pemakaian akun cadangan kerugian piutang atas laba kotor belum direalisasi periode tersebut.

Contoh soal dan jawaban penjualan angsuran berakibat pada penurunan performa perusahaan dalam mencari kas dan setara kas. Apa yang dimaksud dengan masalah non akuntansi yang timbul pada penjualan angsuran adalah menjalankan efektivitas bisnis untuk melancarkan aliran kas masuk dan kas keluar.

Contoh Soal Kegagalan Pembayaran Hutang Pelanggan Penjualan Angsuran

Apa itu Penjualan Angsuran Barang Bergerak dan Tidak Bergerak

Contoh soal kegagalan pembayaran hutang pelanggan penjualan angsuran barang bergerak dan tidak bergerak mengakibatkan entitas mengalami ketidakmampuan menjaga manajemen kredit. Credit score adalah penilaian yang dibuat lembaga keuangan dan perbankan atas pemakaian produknya untuk membiayai kegiatan pribadi nasabah.

Apa itu penjualan angsuran barang bergerak? pengertian penjualan angsuran barang bergerak adalah jual beli barang berupa aktiva tetap seperti kendaraan, mesin dan peralatan kantor secara cicilan dimana barang akan diserahkan terlebih dahulu. Faktor apa yang harus diperhatikan oleh penjual untuk mengurangi kemungkinan kerugian yang terjadi adalah melakukan inventarisasi penjualan kena pajak.

Apa itu penjualan angsuran barang tidak bergerak? Pengertian penjualan angsuran barang tidak bergerak adalah transaksi jual beli barang jadi yang diperkenankan perusahaan dalam rangka menjalankan kegiatan operasionalnya. Ketidakmampuan pembayaran nasabah berakibat pada kenaikan nilai cadangan kerugian piutang tak tertagih.

Baca Juga: Apa itu Just in Time?

Penyebab Kegagalan Pembayaran Hutang Penjualan Angsuran

Penyebab kegagalan pembayaran hutang penjualan angsuran adalah pelanggan tidak mampu memberikan kepastian kas dan setara kas sebagai akibat penurunan performa perusahaan. Apa saja metode yang digunakan dalam pencatatan penjualan angsuran adalah metode proporsional dan metode diakui dimuka.

Contoh soal kegagalan pembayaran hutang pelanggan dalam penjualan angsuran berakibat pada dikembalikannya barang hasil transaksi. Perpindahan hak milik dan hak manfaat barang ke entitas harus dinilai berdasarkan harga wajar pada saat transaksi atau menggunakan jasa appraisal untuk menilai aktiva tersebut.

Penyebab ketidakmampuan pembayaran hutang pelanggan adalah pelanggan tidak memiliki dana yang cukup untuk menjalankan transaksi bisnis. Penjualan yang dilakukan dengan perjanjian dimana pembayarannya dilakukan secara bertahap adalah penjualan kredit atau dikenal dengan istilah penjualan cicilan.

Baca Juga: Contoh Tes Masuk Kerja Staff Accounting

Contoh Soal Pembatalan Penjualan Angsuran oleh Nasabah

Contoh soal pembatalan penjualan angsuran oleh nasabah artinya perusahaan diwajibkan membayarkan tagihan jatuh tempo. Piutang tak tertagih adalah hasil penjualan barang secara kredit yang tidak mampu dibayarkan pelanggan setelah terjadi penurunan kemampuan pembayaran secara tunai atau cash.

Bentuk penjualan angsuran dimana barang telah diserahkan tetapi hak atas barang masih berada ditangan penjual sampai dengan seluruh pembayaran lunas menjadi pilihan agar mendatangkan omzet penjualan. Apa yang terjadi jika jangka waktu angsuran terlalu panjang adalah meningkatnya kemungkinan tidak terbayarnya tagihan.

Contoh soal kegagalan pembayaran hutang pelanggan saat penjualan angsuran terjadi ketika Rafinternet melakukan pembelian mesin dengan harga Rp 80.000.000. Ketidakmampuan pembayaran tagihan nampak saat selesai angsuran Rp 65.000.000. Barang ditarik kembali oleh leasing dengan nilai wajar Rp 20.000.000 dan telah diperhitungkan laba sebesar 30% dari penjualan angsuran. Buatlah jurnal penarikan kembali barang tersebut

Jurnal Penarikan Kembali Barang Dagangan

Tanggal Keterangan Debit Kredit
07/08/2022Persediaan Barang Dagang Rp 20.000.000
Laba kotor belum direalisasi Rp 4.500.000
Piutang penjualan angsuran Rp 15.000.000
Laba pemilikan kembali Rp 9.500.000

Baca Juga: Cara Menghitung Laba Kotor Belum Direalisasi

Demikian contoh soal kegagalan pembayaran hutang pelanggan penjualan angsuran barang tidak bergerak. Bagaimana prosedur yang dapat digunakan untuk menghitung besarnya angsuran adalah metode anuitas. Perhitungan bunga dan nilai kas sekarang berperan untuk menetapkan jangka waktu pembayaran.

0 Response to "Contoh Soal Kegagalan Pembayaran Hutang Pelanggan Penjualan Angsuran"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel