Contoh Soal Selisih Kas Kecil Menurut Pembukuan dan Perhitungan Fisik

Konten [Tampil]

Contoh soal selisih kas kecil menurut pembukuan dan perhitungan fisik merupakan langkah awal bagi perusahaan dalam rangka menetapkan standar akuntansi keuangan. Selisih kas merupakan kondisi dimana pencatatan perusahaan tidak sesuai keadaan perusahaan yang sebenarnya terjadi dalam satu periode.

Mengapa perusahaan membentuk dana kas kecil? Apa tujuan dana kas kecil dibuat? Pengertian kas kecil menurut para ahli adalah uang tunai yang dipersiapkan untuk mengalokasikan pembayaran secara tunai atas beberapa bukti transaksi yang didapatkan selama menjalankan kegiatan operasionalnya.

Jurnal pembentukan kas kecil dan jurnal pengisian kembali dana kas kecil diciptakan oleh perusahaan dalam rangka membutuhkan informasi perpajakannya. Kas menjadi bagian dari akun aktiva dan dilaporan pada neraca saldo pada periode yang sama dan dilanjutkan ke tahun berikutnya.

Contoh Soal Selisih Kas Kecil Menurut Pembukuan dan Perhitungan Fisik

Contoh Soal Pilihan Ganda dan Essay Dana Kas Kecil dan Perhitungannya

Contoh soal pilihan ganda dan essay dana kas kecil dan perhitungannya merupakan cara yang diterapkan perusahaan dalam rangka menjalin kerjasama bisnis. Dana kas kecil merupakan bagian dari proses pembayaran tagihan untuk menyesuaikan kebijakan bisnis agar dapat berjalan sesuai kegiatan yang sebenarnya.

Contoh soal selisih kas kecil menurut pembukuan dan perhitugnan fisik layak dipertimbangkan sebagai informasi kekayaan perusahaan. Tujuan pembentukan dana kas kecil adalah meyakinkan para pelanggan atas ketersediaan uang tunai untuk membayarkan tagihan secara cepat agar barang dapat segera digunakan.

Contoh soal pilihan ganda dan essay kas kecil terjadi ketika PT Rafinternet telah mengeluarkan kas kecil untuk pembayaran parkir Rp 80.000, pembelian peralatan kantor Rp 950.000 dan pembelian materai Rp 700.000. Apabila dana kas kecil yang dibentuk adalah Rp 43.000.000. Bagaimana jurnal kas kecil yang harus dibuat oleh perusahaan?

Baca Juga: Contoh Soal Akad Salam Paralel dan Jawabannya

Jurnal Penyesuaian Kas Kecil Metode Imprest

Contoh soal selisih kas kecil menurut pembukuan dan perhitungan fisik mengakibatkan entitas menambah harga pokok produksi dan penghasilannya. Metode imprest adalah metode dimana kas kecil yang ditetapkan akan ditambah sejumlah apa yang telah dikeluarkannya untuk pembiayaan operasional tertentu.

Contoh Jurnal Pembentukan Dana Kas Kecil

Contoh jurnal pembentukan dana kas kecil dapat digunakan perusahaan untuk meyakinkan para pemegang saham tentang ketersediaan dananya. Kas kecil harus dipertimbangkan pemakaiannya untuk mengantisipasi terjadinya kesenjangan sosial antara para pemegang saham yang ada di perusahaan tersebut

TanggalKeterangan Debit Kredit
01/12/2022Patty Cash Rp 43.000.000
Mandiri Bank Rp 43.000.000

Contoh Jurnal Pengisian Kembali Dana Kas Kecil

Contoh jurnal pengisian kembali dana kas kecil metode imprest akan mengisi kembali kas senilai total bukti transaksi yang dikeluarkan perusahaan. Kegunaaan akun kas kecil adalah untuk mengganti pengeluaran yang dilakukan perusahaan dengan kas pribadi karyawan seperti biaya reimbursement.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Park Expance Rp 80.000
Buy Equipment Rp 950.000
Stamp Expance Rp 700.000
Mandiri Bank Rp 1.730.000

Contoh Jurnal Penyesuaian Selisih Kas Kecil Menurut Pembukuan dan Perhitungan Fisik

Contoh jurnal penyesuaian selisih kas kecil menurut pembukuan dan perhitungan fisik harus diselenggarakan secara wajar untuk setiap kali aktivitas perusahaan terjadi. Bagaimana jurnal penyesuaian ketika saldo kas kecil diakhir periode hanya tersisa Rp 43.100.000 dalam brankas?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/12/2022Patty Cash Rp 100.000
Other revenue Rp 100.000

Baca Juga: Cara Menghitung Nisbah Bagi Hasil Akad Musyarakah

Pertanyaan Diskusi Tentang Kas Kecil

Pertanyaan diskusi tentang kas kecil dipertimbangkan setiap kali aktivitas bisnis diselenggarakannya. Kas kecil berfungsi agar seluruh pencapaian perusahaan dapat dioptimalkan untuk mencapai kemampuan bisnis dalam menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai prinsip keterjadian dalam satu periode.

Contoh soal selisih kas kecil menurut pembukuan dan perhitungan fisik harus menerapkan sistem pengendalian internal yang baik. Internal control kas akan membantu mengurangi risiko pemakaian dana perusahaan yang tidak sesuai peruntukkannya agar dapat membantu kegiatan operasional tahun berjalan.

Pertanyaan diskusi tentang kas kecil wajib diselenggarakan secara mendasar untuk mengurangi ketidakmampuan karyawan menyelenggarakan pembukuan. Menurut anda apakah penting bagi perusahaan menyiapkan dana kas kecil tentu bergantung banyak tidaknya pembayaran tunai yang memerlukan uang kas.

Baca Juga: Contoh Soal Piutang Tak Tertagih dan Perhitungannya

Demikian contoh soal selisih kas menurut pembukuan dan perhitungan fisik dalam sistem pengendalian informasi keuangan. Setiap perusahaan dapat menyelenggarakan kegiatan pencatatan sesuai informasi keuangan yang ditetapkan oleh manajer keuangan dan direktur perpajakan di perusahaan jasa.

0 Response to "Contoh Soal Selisih Kas Kecil Menurut Pembukuan dan Perhitungan Fisik"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel