Contoh Soal dan Jawaban Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban rekonsiliasi kantor pusat dan cabang akan memperlihatkan penggunaan sistem sentralisasi dan desentralisasi yang digunakan oleh perusahaan. Pemenuhan pesanan, penerimaan piutang dan pembuatan hutang perusahaan harus dalam kendali kantor pusat untuk meminimalisir kecurangan.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang tentu harus melakukan rekonsiliasi akun terutama penggunaan sistem desentralisasi. Kantor cabang akan diberikan persediaan barang dagang dan dana kas untuk melaksanakan kegiatan dalam rangka memperoleh pendapatan dan laba ditahun berjalan.

Pencatatan sistem akuntansi yang digunakan dalam hubungan kantor pusat dan cabang menggunakan alokasi biaya dan pendapatan yang didasarkan proses desentralisasi dan sentralisasi. Pertanyaan tentang akuntansi kantor cabang dan kantor pusat menjadi pembasahan akuntansi keuangan lanjutan.

Contoh Soal dan Jawaban Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang


Hubungan Antara Kantor Pusat dan Kantor Cabang Prosedur Umum

Hubungan antara kantor pusat dan kantor cabang prosedur umum akan menggunakan sistem pengendalian internal persediaan, penjualan dan pembelian. Kantor cabang berhak untuk menciptakan laba tahun berjalannya sendiri dengan menggunakan modal kerja dan pembelian barang dagang pihak ketiga.

Pencatatan sistem akuntansi hubungan kantor cabang dan kantor pusat selalu didasarkan pada transaksi kedua pihak. Kantor cabang diberikan kewajiban melaporkan pajak penghasilan masa dan tahunan terpisah dari kantor pusat seperti pembuatan tagihan dan faktur pajak atas barang yang telah dikirimkan.

Sistem sentralisasi dalam akuntansi kantor pusat dan cabang melibatkan pencatatan transaksi penggunaan rekening reciprocal account. Kantor agen dan cabang didirikan dengan tujuan memperluas daerah pemasaran dan menjangkau konsumen yang tidak dapat dijangkau oleh kantor pusat.

Baca Juga: Contoh Pemeriksaan Piutang Usaha dan Piutang Lainnya

Soal Pilihan Ganda dan Pertanyaan Tentang Akuntansi Kantor Pusat dan Cabang

Soal pilihan ganda dan pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang melibatkan ppt dan makalah akuntansi keuangan lanjutan. Bagi kantor pusat, penggunaan rekening timbal balik akan mempermudah menghitung tingkat modal kerja dan persediaan yang diserahkan ke kantor cabang.

Pertanyaan tentang akuntansi kantor pusat dan cabang perlu dilakukan agar proses pencatatan transaksi persediaan, penjualan dan pembelian dapat menerapkan sistem pengendalian internal. Sistem sentralisasi dalam akuntansi adalah proses pencatatan yang hanya dilakukan oleh kantor pusat.

Soal pilihan ganda dan pertanyaan diskusi tentang akuntansi kantor pusat dan cabang tentu memiliki perbedaan dengan kantor agen. Kantor agen didirikan sebagai tempat penjualan produk milik kantor pusat. Seluruh pencatatatan akan diorganisir oleh kantor pusat. Sementara agen bertugas menciptakan penjualan.

Baca Juga: Perbedaan Kantor Pusat, Agen dan Cabang

Contoh Jurnal Eliminasi Kantor Pusat dan Cabang

Contoh jurnal eliminasi kantor pusat dan cabang akan mempertimbangkan penerapan standar akuntansi keuangan terutama pembagian laba rugi dan posisi keuangan. Perlakuan akuntansi kantor cabang dan pusat dapat diterapkan sesuai seperti rekonsiliasi bank antara catatan kas perusahaan dan kas di bank.

Contoh soal akuntansi kantor pusat dan cabang terjadi pada CV Rafinternet yang memberikan modal kerja dan persediaan barang sebesar Rp 42.000.000 dan Rp 74.000.000. Kas dan barang dagang diterima ditahun berikutnya karena dikirimkan pada akhir tahun. Bagaimana jurnal rekonsiliasi yang dibuat?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21Pengiriman barang dari Pusat dalam Perjalanan Rp 42.000.000
Kas dalam Perjalanan Rp 74.000.000
R/K Kantor Pusat Rp 116.000.000

Soal dan jawaban akuntansi untuk operasi kantor cabang terjadi ketika pelanggan membayarkan tagihan sebesar Rp 90.000.000 ke rekening kantor pusat. Bagaimana jurnal rekonsiliasi kantor pusat dan cabang yang harus dilakukan elimasi tersebut?

TanggalKeterangan Debit Kredit
31/2/21R/K Kantor Pusat Rp 90.000.000
Piutang Dagang Rp 90.000.000

Baca Juga: Contoh Laporan Penjualan Kantor Cabang

Demikian contoh soal dan jawaban rekonsiliasi kantor pusat dan cabang semoga dapat membantu membuat makalah akuntansi kantor pusat dan cabang. Akuntansi keuangan lanjutan berisikan materi tentang penjualan konsinyasi, penjualan angsuran dan penjualan antara cabang yang memiliki berbagai kasus masalah.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Rekonsiliasi Kantor Pusat dan Cabang"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel