Contoh Soal dan Jawaban Intercompany Inventory Transaction

Konten [Tampil]

Contoh soal intercompany inventory transaction dan jawaban akan memberikan pemahaman tentang penjualan barang dagang antar anak perusahaan yang dilakukan entitas induk dan entitas anak. Transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap dan persediaan harus dilakukan ketika perusahaan memiliki saham di perusahaan lain.

Contoh soal dan jawaban laba atas transaksi antar perusahaan persediaan dan aset tetap dapat dilakukan. Intercompany profit adalah laba yang didapatkan oleh anak perusahaan yang akan dilaporkan kepada induk perusahaan. Transaksi hulu dan hilir disebut dengan upstream dan downstream.

Materi intercompany profit transaction dapat dilakukan ketika induk perusahaan memiliki lebih dari satu anak perusahaan. Transaksi persediaan antar perusahaan bertujuan untuk mendapatkan laba yang lebih banyak.

Contoh Soal dan Jawaban Intercompany Inventory Transaction


Apa Yang Dimaksud Dengan Intercompany Transaction

Apa yang dimaksud dengan intercompany transaction adalah transaksi antara entitas induk dan entitas anak berkaitan dengan persediaan barang dagang dan aset tetap. Materi intercompany profit transaction adalah penjualan barang dagang antar perusahaan.

Pengertian intercompany transaction atas aktiva tetap downstream dan upstream adalah tindakan anak perusahaan melakukan transaksi antara pihak-pihak berkepentingan. Intercompany transaction adalah transaksi antar perusahaan yang menghasilkan laba dimana harus dibuatkan jurnal penyesuaian.

Jelaskan pengertian intercompany transaction atas aktiva tetap downstream dan upstream adalah transaksi antara anak perusahaan kepada induk perusahaan. Contoh transaksi hulu dan hilir sering terjadi sebab adanya pemilikan lebih dari satu anak perusahaan.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Kertas Kerja Konsolidasi

Contoh Soal Penjualan Barang Dagang Antar Anak Perusahaan

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan dapat terjadi karena induk perusahaan memiliki lebih dari satu anak perusahaan. Transaksi entitas induk dan entitas anak aset tetap dan persediaan sering terjadi yang dapat menghasilkan laba antar perusahaan.

Contoh soal dan jawaban penjualan barang dagang antar anak perusahaan sering disebut dengan intercompany inventory transaction. Soal dan jawaban transaksi antar perusahaan aktiva tetap dapat terjadi karena adanya keinginan memperluas pasar.

Contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan terjadi pada PT Rafinternet yang mempunyai saham di PT Masraffi sebesar 80% dan PT Mbahraffi sebesar 85%. Laporan keuangan konsolidasi menunjukan persediaan barang dagang sebesar Rp 64.000.000.

Transaksi entitas induk dan entitas anak terjadi ketika persediaan tersebut sebesar Rp 34.000.000 berasal dari pembelian PT Masraffi dari PT Mbahraffi. PT Mbahraffi mengakui ada laba antar perusahaan sebesar 35%.

Baca juga: Contoh Soal Tukar Tambah Penjualan Angsuran

Contoh Soal dan Jawaban Laba Atas Transaksi Antar Perusahaan Persediaan

Contoh soal dan jawaban laba atas transaksi antar perusahaan persediaan dapat dilakukan dengan memperhitungkan laba antar perusahaan. Cara menghitung laba antar perusahaan dilakukan dengan langkah.

Harga Jual Kepada PT RafinternetRp34.000.000
Laba yang telah diakuiRp11.900.000
Harga Pokok Barang Yang DijualRp22.100.000

Contoh soal laba antar perusahaan akan menyebabkan anak perusahaan mengakui adanya laba yang lebih besar. Induk perusahaan harus membuat jurnal penyesuaian karena laba yang dimiliki anak perusahaan terlalu besar untuk diakui pada periode tersebut

Jurnal penyesuaian transaksi persediaan antar anak perusahaan dapat dibuat pada akhir laporan keuangan konsolidasi. Contoh soal dan jawaban laba atas transaksi antar perusahaan persediaan dapat dibuat jurnal penyesuaian sebagai berikut.

TanggalKeteranganDebitKredit
06 Oktober 2021Laba Ditahan PT MasraffiRp2.975.000
Laba Ditahan PT MbahraffiRp9.520.000
Persediaan barang Dagang PT RafinternetRp12.495.000

Baca Juga: Contoh Soal PPn masukan dan PPn Keluaran dan Jurnalnya

Demikian contoh soal dan jawaban intercompany inventory transaction semoga dapat memahami laba antar perusahaan berdasarkan contoh soal penjualan barang dagang antar anak perusahaan.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Intercompany Inventory Transaction"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel