Contoh Soal dan Jawaban Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud

Konten [Tampil]

Contoh soal dan jawaban amortisasi aktiva tidak berwujud menjadi salah satu langkah penyusutan aset tak berwujud. Penurunan nilai aset tak berwujud akan menghasilkan goodwill atau kerugian penurunan nilai sehingga harus diantisipasi perusahaan. Jurnal aset tidak berwujud harus dibuat berdasarkan transaksi.

Kumpulan pertanyaan tentang aset tak berwujud layaknya pengertian, macam-macam aset tidak berwujud, karakteristik bahkan contoh soal penurunan nilai amortisasi aktiva tak berwujud. Soal pilihan ganda aktiva tetap tak berwujud harus mengalami deplesi dan amortisasi.

Contoh soal aktiva tak berwujud beserta jawabannya akan memberikan alur bagaimana pengakuan aset tak berwujud, pertukaran aset tetap, bahkan penurunan aktiva tetap. Karakteristik aset tetap tak berwujud seharusnya menjadi pilihan ganda dan soal essay untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester.

Contoh Soal dan Jawaban Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud


Pengertian dan Karakteristik Aset Tetap Tak Berwujud

Pengertian aset tetap tak berwujud merupakan aset non moneter yang memiliki karakteristik tidak mempunyai wujud secara fisik. Contoh aktiva tetap tak berwujud seperti hak paten, hak fraichase, hak lisensi yang diperoleh dari hibah atau pendaftaran merek perusahaan.

Karakteristik aktiva tetap tidak berwujud seperti perusahaan memiliki kemampuan mendapatkan manfaat ekonomis dari penggunaan aset serta mampu membatasi penggunaannya terhadap entitas lain. Contoh perusahaan tidak memperoleh kendali atas aset tak berwujud adalah para pegawai yang bekerja.

Pengertian aset tidak berwujud dan karakteristik aktiva tak berwujud tentunya berkaitan dengan wujud fisik. Masa manfaat aset tetap harus lebih dari setahun dan perusahaan harus memiliki akses untuk membatasi penggunaannya terhadap orang lain.

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Rekonsiliasi Bank

Contoh Soal Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud

Contoh soal amortisasi aktiva tak berwujud beserta jawabannya menjadi pilihan ganda dan soal essay yang digunakan. Pengakuan aset tetap tak berwujud harus diakui sebesar biaya perolehan. Terdapat cara memperoleh aset tak berwujud diantaranya.

  • Perolehan secara terpisah.
  • Perolehan dari pemerintah
  • Pertukaran aset tetap
  • Menghasilkan aktiva tidak berwujud dari pihak internal perusahaan.

Contoh soal dan jawaban amortisasi aset tak berwujud berupa goowill dan hak paten menjadi harta yang tidak kasat mata yang dihasilkan sendiri oleh perusahaan melalui research and develompment. Pertanyaan tentang goodwill dan aset tetap harus diketahui agar proses pengakuan dan penurunan nilai dapat dipahami.

PT Wedari memiliki aktiva tak berwujud berupa hak cipta yang diperoleh dari PT Masraffi. Pihak masraffi memberikan harga sebesar Rp 12.000.000 untuk 10 tahun. PT Wedari melakukan pembayaran secara tunai dan akan diamortisasi selama 6 tahun. Buatlah tabel amortisasi aktiva tak berwujud tersebut?

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Kas Kecil

Jurnal Mencatat Pembelian Aset Tak Berwujud

Jurnal mencatat pembelian aset tak berwujud harus menyesuaikan dengan pembayaran yang dilakukan secara tunai atau kredit. Soal pilihan ganda aktiva tak berwujud beserta jawabannya akuntansi keuangan menengah menjadi materi yang harus dipelajari.

Jurnal mencata pembelian aktiva tidak berwujud yang harus dibuat sebagai berikut.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
01 Januari 2018 Hak Cipta Rp 12.000.000
Kas Rp 12.000.000

Tabel Amortisasi Aktiva Tak Berwujud

Tabel amortisasi aktiva tak berwujud dapat digunakan untuk menentukan jumlah yang menjadi tanggungan akhir periode. Aktiva tak berwujud adalah harta yang dimiliki perusahaan yang tidak memiliki wujud secara fisik.

Cara membuat tabel amortisasi aktiva tak berwujud harus menentukan berapakah jumlah penyusutan per periode. Perbedaan umur ekonomis dan umur manfaat adalah acuan dalam menentukan penggunaan sebuah aset di perusahaan.

Cara buat tabel amortisasi diawali dengan melakukan perhitungan penyusutan aset tetap per periode sebagai berikut.

Amortisasi= HPP
Masa Manfaat
= Rp 12.000.000
6 Tahun
Rp 2.000.000

Tabel amortisasi aset tak berwujud akan menyesuaikan dengan jumlah periode penyusutan atas aktiva tetap tersebut. Kumpulan pertanyaan tentang aset tak berwujud biasanya berkaitan dengan jurnal yang harus dibuat. Tabel amortisasi aset tak berwujud yang dapat dibuat yakni.

TahunAmortisasiSaldo Akhir
2018 Rp 12.000.000
2019 Rp 2.000.000 Rp 10.000.000
2020 Rp 2.000.000 Rp 8.000.000
2021 Rp 2.000.000 Rp 6.000.000
2022 Rp 2.000.000 Rp 4.000.000
2023 Rp 2.000.000 Rp 2.000.000
2024 Rp 2.000.000 Rp -

Jurnal Mencatat Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud

Jurnal mencatat amortisasi aktiva tidak berwujud berasal dari jumlah amortisasi per periode. Perusahaan yang memiliki aset tersebut harus mampu mendapatkan manfaat ekonomis walaupun tidak memiliki wujud secara fisik.

Jurnal mencatat deplesi aset tak berwujud dapat dilakukan dengan membuat rekening amortisasi pada akumulasi amortisasi. Setelah jurnal umum dibuat maka harus dimasukkan kedalam buku besar dan buku pembantu.

Jurnal mencatat amortisasi aktiva tidak berwujud sebagai berikut ini.

TanggalKeterangan Debit Kredit
31 Desember 2018Beban Amortisasi Aset Tak Berwujud Rp 2.000.000
   Amortisasi Aset Tak Berwujud Rp 2.000.000

Baca Juga: Contoh Soal dan Jawaban Penurunan Nilai Aset Tetap

Demikianlah contoh soal dan jawaban amortisasi aktiva tidak berwujud semoga anda paham tentang karakteristik, apa yang dimaksud aset tak berwujud dan tabel amortisasi.

0 Response to "Contoh Soal dan Jawaban Amortisasi Aktiva Tidak Berwujud"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel