Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Bunga Pinjaman Beserta Contoh Jurnalnya

Konten [Tampil]

Contoh soal pph pasal 23 atas bunga pinjaman menjadi salah satu penghasilan yang harus dikenakan pajak. Cara mengisi bukti potong pph pasal 23 atas bunga pinjaman perlu dilakukan dalam melaporkan spt tahunan badan. Bunga pinjaman pada pajak penghasilan berarti bunga pinjaman dari badan untuk badan dan dari badan ke orang pribadi.

Contoh soal pph pasal 23 dan jurnal penyelesaiannya perlu diberikan perhitungan atas bunga pinjaman tersebut. Cara membuat bukti potong pajak penghasilan pasal 23 atas bunga pinjaman harus dilaporkan setiap masa sesuai transaksi pemberian penghasilan.

Cara mengisi bukti potong pph pasal 23 atas bunga pinjaman beserta jurnal penyelesaianya dapat dilakukan sesuai dengan uu kup. Tarif pajak penghasilan bunga pinjaman adalah 15% dan bersifat tidak final. Contoh soal pilihan ganda pph pasal 23 dan jawabannya dilakukan terhadap manakan jenis bunga yang tidak termasuk dalam kategori bunga pinjaman pph 23.

Contoh Soal PPh Pasal 23 atas Bunga Pinjaman

Contoh soal pph pasal 23 atas bunga pinjaman haruslah dicantumkan dalam surat pemberitahuan pajak tahunan badan. Makalah pph pasal 23 harus berisikan tentang tarif pajak, subyek pajak bahkan objek pajak. Pertanyaan tentang pajak pph pasal 23 yakni berkaitan dengan cara pemotongan dan jurrnal akuntansi pajak yang harus dibuat.

Contoh soal pph pasal 23 atas bunga pinjaman terjadi pada PT Masraffi yang memberikan pinjaman kepada PT Rafinternet sebesar Rp 45.000.000 dengan bunga 10% setahun. Apabila PT Masraffi tidak memotong pajak penghasilan pasal 23 atas bunga pinjaman dimana transaksi telah berlalu selama 5 bulan. Berapakah denda yang harus dibayarkan?

Contoh Soal PPh Pasal 23 dan Jurnal Akuntansi Pajak

Contoh soal pph pasal 23 dan jurnal akuntansi pajak haruslah disesuaikan dengan tarif pph 23 yang berlaku. Jurnal pph pasal 23 atas bunga pinjaman harus dibuat dan dibayarkan pada saat transaksi dilakukan. Apabila perusahaan tidak memotong pph pasal 23 atas bunga pinjaman maka akan dikenakan denda sebesar 2% perbulan.

Contoh perhitungan pph pasal 23 atas bunga pinjaman sebagai berikut ini.

Dasar Pengenaan Pajak  Rp  45.000.000
Tarif Pph Pasal 23 Bunga Pinjaman 15%
PPh Terutang  Rp    6.750.000

Cara menghitung sanksi pph pasal 23 yang harus dibayarkan oleh perusahaan sebagai berikut

Dasar Pengenaan Pajak  Rp  45.000.000
Tarif Pph Pasal 23 Bunga Pinjaman 15%
PPh Terutang  Rp    6.750.000
Bulan 5
Sanksi 2%
PPH yang harus dibayarkan  Rp    7.425.000

Jurnal Akuntansi PPh Pasal 23 Bunga Pinjaman

Jurnal untuk mencatat transaksi bunga pinjaman yang dikenakan pajak penghasilan pasal 23 harus dibuat ketika perusahaan memberikan penghasilan dan penyerahan bukti potong. Spt pph badan harus dilaporkan bersamaan dengan adanya transaksi bunga pinjaman.

Jurnal mencatat transaksi pph pasal 23 atas bunga pinjaman yang diberikan oleh perusahaan sebagai berikut ini.

Tanggal Keterangan Debit Kredit
31-Des-20 Kas  Rp  38.250.000
PPh Pasal 23 Dibayar Dimuka  Rp    6.750.000
   Pendapatan Bunga Bank  Rp  45.000.000

Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 Atas Bunga Pinjaman

Cara mengisi bukti potong pph pasal 23 atas bunga pinjaman harus dilakukan setiap kali ada transaksi pemotongan bunga pinjaman dari badan ke badan atau badan ke orang pribadi. Perlu diketahui bahwa bunga yang dibayarkan oleh bank dan koperasi harus dipotong pph pasal 4 ayat 2.

Cara membuat spt pph pasal 23 terdapat kolom yang berisikan informasi tentang pajak penghasilan pasal 23. Pembayaran bunga yang tidak termasuk dalam pph pasal 23 antara lain

  1. Bunga yang diterima bank.
  2. Bunga yang berkaitan dengan sewa guna usaha.
  3. Bunga yang dibayarkan kepada jasa keuangan.

Cara mengisi surat pemberitahuan pajak pph pasal 23 atas bunga pinjaman badan harus dilakukan setiap kali adanya transaksi tersebut dengan langkah:

Pertama, buka aplikasi e-spt pph pasal 23 dan pilih menu bukti potong pph pasal 23.

bukti potong pph pasal 23 bunga pinjaman
Isilah informasi tentang wajib pajak dipotong dan jenis penghasilan yang dipotong pajak penghasilan.
bukti potong pph pasal 23 bunga pinjaman
Maka bukti pemotongan pph pasal 23 akan muncul yang harus dibayarkan kepada negara dan akan menerima NTPN sebagai tanda sudah membayar pajak
bukti potong pph pasal 23 bunga pinjaman
Baca Juga: Cara Install E-spt PPh Pasal 4 Ayat 2 Versi 2

Demikianlah cara mengisi bukti potong pph pasal 23 atas bunga pinjaman beserta contoh jurnal penyelesaiannya semoga anda dapat memahami contoh soal pph 23 bunga pinjaman ya.

0 Response to "Cara Mengisi Bukti Potong PPh Pasal 23 atas Bunga Pinjaman Beserta Contoh Jurnalnya"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel