Cara Menggunakan Data Table di Excel

Konten [Tampil]
Cara menggunakan data table dalam exel menjadi acuan untuk membuat kesimpulan berdasarkan input alternatif. Data table adalah fitur what-if analysis yang berguna untuk mendapatkan hasil tertentu dengan berbagai macam inputan. 

Data table bermanfaat untuk melakukan perhitungan dari sejumlah bilangan operasi untuk mendapatkan hasil dengan membandingkan antara satu hasil input dengan hasil input yang lain. Data table berfungsi untuk mengetahui besarnya angsuran bulanan dan berbagai macam variasi hasil penjualan.

Apa itu Data Table, Data Table Adalah

Data Table adalah bagian dari serangkaian perintah yang dikenal sebagai What-if analysis. Data table dapat digunakan untuk mencari nilai hasil dari beberapa nilai input secara cepat. Data table menunjukkan semua hasil dalam satu tabel disatu worksheet sehingga memudahkan pengguna untuk memeriksa berbagai kemungkinan yang terjadi dengan sekilas. 

Namun penggunaan data table terbatas pada satu atau dua variabel. Karena berfokus hanya pada satu atau dua variabel, hasil dari data table sangat mudah dibaca dan dibagikan dalam bentuk tabel.

Contoh Soal Data Table di Excel

Contoh Soal data table di excel dilakukan oleh Regina merupakan pengusaha springbed yang terkemuka di jawa tengah. Regina mendapatkan tawaran untuk mengirimkan springbed ke Hotel Amaris yang ada dijawa barat.  Regina mendapatkan tawaran untuk mengirimkan 300unit dengan harga per unit adalah Rp 7.000.000 (Belum termasuk PPN). Beberapa biaya variabel dan biaya tetap yang dibebankan oleh regina sebagai berikut ini.

Keterangan

Total Biaya

Keterangan

Total Biaya

Biaya Transportasi

Rp 2.000.000

Sewa Bangunan

Rp 10.000.000

Biaya Pemasangan

Rp 1.400.000

Biaya Administrasi

Rp 7.000.000

Biaya Material

Rp 1.000.000

 

 

Total Biaya Variabel

Rp 4.400.000

Total Biaya Tetap

Rp 17.000.000


Berapakah keuntungan yang akan didapatkan oleh Regina apabila bergantung kepada harga yang ditawarkan kepada konsumen.  Bagaimana kemungkinan laba dan rugi yang diperoleh regina apabila ia menjual springbed mulai harga Rp 5.000.000 sampai Rp 10.000.000. Nah apabila Hotel Amaris melakukan perubahan permintaan terhadap springbed mulai 200 sampai 500, bagaimana kemungkinan laba dan rugi yang didapati.

Cara Menggunakan Data Table di Microsoft Excel

Cara menggunakan data table di excel pertama kali harus melakukan perhitungan atas permintaan, harga perunit, biaya variabel dan biaya tetap yang akan ditanggung oleh Regina sebagai berikut ini.

Setelah selesai, data table excel dapat diakses melalui menu Data > Data Table
Silahkan anda masukan referensi dari nilai yang ingin dicari, row input cell dipergunakan untuk memasukan baris sedangkan column input cell dipergunakan untuk memasukan kolom.
Maka anda akan mendapatkan hasil sebagai berikut ini.
Perlu diketahui bahwa, anda tidak dapat menghapus hasil data table atau mengubah hasil perhitungan data table. Oleh karena itu, alangkah lebih baik menyimpan hasil perhitungan data table terlebih dahulu.

0 Response to "Cara Menggunakan Data Table di Excel"

Post a Comment

Berkomentarlah sesuai kualitas anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel