Contoh soal teori akuntansi dan jawabannya essay yang paling tergreget

Konten [Tampil]
Teori akuntansi merupakan pondasi dalam akuntansi dimana dalam mengakui semua elemen akuntansi yang terlibat. Teori akuntansi mendefinisikan semua item yang berhak diakui dan tidak diakui dan sejarah mengenai metode pencatatan dua sisi antara debit dan kredit serta lembaga yang berwenang dalam mengeluarkan kebijakan akuntansi.

Akuntansi sendiri berasal dari amerika, pencatatan metode berganda atau double entry system dikemukakan oleh luca pacioli pada abad ke 18 M. Sistem pencatatan berganda adalah suatu sistem dimana kita mengakui disatu transaksi kita harus mengakuinya pada sisi yang lainnya sehingga antara sisi debit dan kredit dapat ditandingkan. Teori akuntansi mendefinisikan, mengakui, dan mencatat transaksi yang boleh dicatat sesuai dengan kriteriaya.

Tetapi sebelumnya saya akan memberikan beberapa contoh soal teori akuntansi yang memudahkan anda untuk memahami secara dasar apa yang dinamakan teori akuntansi ya.

Contoh soal teori akuntansi beserta jawabannya essay

1. Jelaskan konsep hutang dari segi keberadaan dari hasil transaksi masa lalu, barang/jasa yang diperoleh oleh suatu unit usaha?
Jawab
Hutang adalah transaksi masa lalu yang harus merupakan suatu transaksi atas pembelian barang/jasa yang benar-benar telah terjadi. Hal ini dapat digunakan untuk mendukung asersi keberadaan, yang memiliki fungsi bahwa untuk memastikan hanya kewajiban yang benar-benar terjadilah yang dapat dimasukan ke dalam laporan keuangan dan diakui sebagai hutang. Contoh, Suatu perusahaan melakukan pemesanan pembelian barang secara kredit dengan supplier tertentu. Aturan yang ada menjelaskan bahwa pada saat pemesanan tersebut dilakukan, belum terjadi adanya kewajiban yang harus diakui sampai barang yang dibeli benar-benar telah diterima oleh perusahaan atau telah terjadi perpindaan hak milik atas barang tersebut. Sehingga dalam hal ini yang dikatakan sebagai hasil peristiwa masa lalu adalah saat penerimaan barang, bukan pada saat barang baru dipesan.

2. Jelaskan mengapa konsep kapitalisasi memiliki keunggulan dalam pengukuran laba?
Jawab
- Memberikan informasi mengenai masa depan dan masa kini.
Informasi ini dapat dihasilkan dengan menggunakan konsep nilai waktu dan uang sehingga dapat diperoleh informasi secara teoritis nilai perusahaan dimana yang akan datang contoh penerimaan wesel
- Menggunakan konsep nilai waktu dan uang.
Konsep nilai waktu dan uang dapat digunakan untuk menjelaskan apa yang akan terjadi dimasa mendatang yang diungkapkan pada masa sekarang.
- Menggunakan dasar pengukuran nilai pasar.
Dengan menggunakan dasar ini maka perusahaan dapat mengakui adanya keuntungan atau kerugian di masa mendatang
- Memiliki sudut pandang pemegang saham.
Kapitalisasi merupakan nilai sekarang dari distribusi kas oleh perusahaann yang diharapkan akan diterima oleh pemegang saham selama sisa umur perusahaan, sehingga lebih menitikberatkan pada pemegang saham.

3. Jelaskan apa yang dimaksud income smoothing dan apa yang mendasarinya dilakukannya income smooting serta teori apa saja yang merujuk pada klasifikasi income smoothing.
Jawab
Income smooting adalah normalisasi laba yang dilakukan secara sengaja untuk mencapat trend atau level laba tertentu, dalam hal ini perataan laba menunjukkan suatu usaha manajemen perusahaan untuk mengurangi variasi abnormal laba dalam batas-batas yang diizinkan dalam praktik akuntansi dan prinsip manajemen yang wajar.
Alasan yang mendasari income smooting adalah
- Pola laba periodik yang stabil dapat mendukung tingkat dividen yang lebih tinggi dibandingkan pada pola laba periodik yang berfluktuatif. Dengan anggapan ini perataan laba diharapkan memberikan pengaruh yang menguntungkan bagi nilai saham perusahaan karena risiko perusahaan dapat dikurangi.
- Untuk mengantisipasi pola fluktuatif laba periodik dan kemungkinan mengurangi korelasi kembalian yang diharapkan dari perusahaan dengan kembalian portofolio pasar.
Teori income smooting adalah
- Teori Dascher dan malcolm
a. Real smoothing, adalah berkaitan dengan transaksi aktual yang dilakukan atau tidak dilakukan berdasarkan pada pengaruh perataan terhadap laba.
b. Artifical smooting adalah berkaitang dengan prosedur akuntansi yang ditetapkan untuk mengubah cost atau pendapatan dari satu periode ke periode 
- Teori Barnes et, al
a. Perataan melalui terjadinya peristiwa dan atau pengakuan peristiwa.
b. Perataan melalui alokasi sepanjang periode.
c. Perataan melalui klasifikasi.

4. Apabila suatu transaksi tertentu tidak dapat dimasukan sebagai bagian dari laporan keuangan utama, maka transaksi tersebut dapat diungkapkan melalui cara lain yaitu CALK (catatan atas laporan keuangan). Sebutkan dan jelaskan informasi yang perlu diungkapkan dalam laporan keuangan pada CALK?
Jawab
  • Dasar penilaian dan pengungkapan kebijakan akuntansi
Semakin luasnya prosedur akuntansi yang digunakan oleh perusahaan baik yang sama atau bahkan perusahaan yang berbeda-beda membuat perbandingan langsung dari laporan keuangan menjadi sulit untuk dilakukan. Salah satu pemecahan yang disarankan adalah dengan mengurangi alternatif-alternatif yang mungkin dapat dilakukan agar timbul keseragaman yang memungkunkan dilakukan perbandingan.
Salah satu alternatif lainnya adalah dengan mengungkapkan metode spesifik yang digunakan dengan anggapan pihak pemakai laporan keuangan dapat menyusun kembali laporan tersebut, agar dapat dilakukan perbandingan. Hal ini sesuai dengan APB Opinion no 22 yang menyimpulkan bahwa informasi mengenai kebijakan akutansi yang dipergunakan merupakan hal penting agar laporan keuangan dapat disajikan secara wajar Contohnya adalah penilaian persediaan.
  • Perubahan kebijakan akutansi
Yaitu pengungkapan terhadap perubahan atas kebijakan yang digunakan perusahaan contoh perubahan penilaian persediaan dari FIFO ke Average.
  • Ketidakpastian
Yaitu peristiwa yang kemungkinan akan terjadi dimasa yang akan datang dan mempengaruhi secara material terhadap keadaan keuangan perusahaan.
  • Keterkaitan dengan suatu perjanjian kontrak
Yaitu pengungkapan mengenai adanya pembatasan atau keterkaitan dari satu atau lebih aktiva terhadap hutang
  • Peristiwa kemudian setelah tanggal neraca.
Penjelasan mengenai peristiwa yang terjadi setelah tanggal neraca tetapi sebelum laporan keuangan dipublikasikan

5. Secara konseptual, biaya lebih bersifat penurunan aktiva daripada kenaikan hutang. Jelaskan mengapa terjadi?
Jawab.
Biaya akan terjadi bila produk tertentu diserahkan untuk menciptakan pendapatan. Penggunaan aktiva dapat dikatakan sebagai biaya apabila penggunaan tersebut berkaitan langsugn dengan penyerahan produk (menghasilkan pendapatan) dan bukan pengubahan aktiva menjadi potensi jasa (aktiva) lainnya.
Biaya sebagai penurunan nilai aktiva /  kenaikan hutang sebagai akibat pemakaian barang atau jasa oleh suatu unit usaha untuk menghasilkan pendapatan pada periode berjalan. Contoh Perusahaan menggunakan tenaga kerja sehingga mereka akan digaji dengan kas atau aktiva lainnya. Pemakaian kas tersebut menunjukan adanya penurunan aktiva tetapi apabila gaji dibayar pada masa yang akan datang maka penggunaan tenaga tersebut adalah kenaikan hutang.

6. Jelaskan konsep pendapatan yang berhubungan dengan kegiatan utama perusahaan?
Jawab
Kegiatan utama perusahaan yang membentuk pendapatan terdiri dari dua macam yaitu aliran fisik dan aliran moneter. Aliran fisik akan melibatkan beberapa hal sebagai berikut
- Kegiatan menghasilkan dan menjual output.
- Obyek kegiatan yang berupa produk itu sendiri.
Aliran moneter melibatkan beberapa hal yaitu
- Peristiwa naiknya nilai perusahaan karena kegiatan produksi atau penjualan output.
- Obyek peristiwa yang berupa jumlah rupiah aktiva yang dihasikan atau dijual.

Jadi yang dimaksud pendapatan lebih berhubungan dengan peristiwa moneter yaitu peristiwa naiknya nilai dalam perusahaan akibat kegiatan produksi dan penjualan output.

Ketika perusahaan selesai memproduksi suatu barang, maka nilai barang tersebut akan naik contohnya bahan bakunya adalah kain makan ketika selesai produksi kain tersebut akan naik menjadi baju yang menjadikan naiknya nilai moneter

7. Jelaskan persamaan akuntansi yang didasarkan pada konsep ekuitas merupakan satu kesatuan yang terpisah dari pemilik?
Jawab
Konsep entitas didasarkan atas persamaan akuntansi yaitu

AKTIVA = HUTANG + MODAL

elemen yang ada pada sisi kanan persamaan sering disebut dengan hutang, akan tetapi pada dasarnya merupakan suatu ekuitas tetapi memiliki hak yang berbeda pada perusahaan. Perbedaan utama antara hutang dan ekuitas pemilik adalah hak kreditur dapat dinilai secara independen dari penilaian yang lain jika perusahaan dalam keadaan solvent. Sedangkan hak pemegang saham atau pemilik diukur dari penilaian aktiva yang diinvestasikan ditambah laba yang diinvestasikan kembali. Namun demikian, hak pemegang saham untuk menerima dividen dan bagian aktiva jika dilikuidasi adalah hak sebagai pemegang saham bukan hak sebagai pemilik aktiva khusus.

Jadi, hutang adalah suatu kewajiban khusus perusahaan dan aktiva menunjutkan hak perusahaan menerima barang dan jasa khusus atau manfaat lainnya. Penilaian aktiva harus mencerminkan pengukuran manfaat yang diterima oleh perusahaan. Laba bersih suatu perusahaan umumnya diekspresikan dalam bentuk perubahan yang berasal dari deklarasi dividen dan transaksi modal.

8. Jelaskan apa yang dimaksud laporan nilai tambah sebagai pelengkap laporan keuangan.
Jawab
dalam konsep enterprise telah dijelaskan bahwa tujuan perusahaan adalah memberikan kesejahteraan kepada beberapa kelompok orang yang berkepentingan terhadap perusahaan tersebut. Jadi tidak hanya kepada para pemegang saham saja, tetapi juga kepada para pegawai perusahaan pemerintah bahkan pada lingkungan sosialnya. Laporan laba rugi hanya memberikan lapora tentang kesejahteraan perusahaan kepada para pemegang saham saja tetapi tidak bagi kelompo yang lainnya. Anggapan ini seperti seorang dokter yang memberikan suatu resep kepada pasien tentang penyakit orang lain. Sehingga untuk dapat memberikan laporan kesejahteraan perusahaan kepada beberapa kelompok yang berkepentingan terhadap perusahhaan dapat dilakukan dengan menyusun laporan tambahan selain laporan keuangan yang bisa yaitu laporan nilai tambah.

Laporan nilai tambah menunjukan pendapatan suatu perusahaan sebagai kesatuan usaha dan bagaimana nilai tambah ini didistribusikan kepada kelompok-kelompok yang menyumbangkan terciptanya nilai tambah tersebut. Hal ini tentunya berbeda dengan laporan laba rugi yang hanya memberikan informasi kepada pemegang saham saja ya.

Demikianlah bahasan mengenai contoh soal teori akuntansi beserta jawaban essay paling greget, semoga bisa menjadikan reverensi buat anda ya

0 Response to "Contoh soal teori akuntansi dan jawabannya essay yang paling tergreget "

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijaksana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel